Slide Show

Mei 12, 2011

Area X


Judul : Area X
Pengarang : Eliza V. Handayani
Tebal : 368 halaman + xxiv
Harga : Rp 35.000
Cetakan : I, Juli 2003

Pertama baca buku ini waktu SMP kalo ngga salah, ato SMA ya, *lupa*
Ceritanya tentang Indonesia di masa depan, di tahun 2015. Kecanggihan ilmu teknologi di Indonesia telah berkembang sangat pesat saat itu. Pemerintah juga membangun area penelitian yang disebut Area X (kesepuluh dalam romawi), tetapi karena unit dan gedung penelitian itu begitu rahasia bagi masyarakat awam, makanya mereka lebih suka menyebutnya Area X.

Beberapa orang yang penasaran, mencoba menyelidiki misteri area ini. Tetapi ternyata yang mereka temukan adalah suatu rahasia dunia yang besar yang tersembunyi.Apakah benar bahwa ada makhluk lain di luar bumi kita di sutu tempat di jalam semesta?

Sedikit disusupi konspirasi konspirasi kaya di film X-File sebenarnya kalo menurut saya. Tapi, untuk seorang penulis Indonesia, buku fiksi ini termasuk buku science fiksi pertama yang saya suka..

Percy Jackson And The Olympians : The Battle of The Labyrinth, Pertempuran Labirin


Penulis : Rick Riordan
Penerbit : Mizan Fantasi
Tahun : 2009
Tebal Buku : 445halaman
Ukuran : 13 X 20 cm

Percy pindah sekolah ( lagi ). Tapi kali ini lebih parah, orientasi murid baru, Percy sudah bikin kekacauan. Belum - belum Percy sudah berhadapan dengan monster yang menyamar jadi cheerleader. Dan Percy pun sebenarnya sudah kehabisan waktu, perang antara para dewa dan Titan semakin dekat.

Kronos dan pasukan pengikutnya sedang mencari jalan untuk menembus sihir perkemahan dan meluluhlantakkan Perkemahan Bukit Blasteran. Misi baru harus segera dituntaskan. Annabeth kali ini yang memimpin. Bersama Tyson dan Grover mereka harus masuk ke bawa tanah, menjelajahi Labiririn buatan Daedalus, yang luas dan rumitnya luar biasa, dengan bahaya mengintai di setiap persimpangan.

Dalam misi yang dahsyat ini monster - monster kuno mengintai mereka, Labirin menyesatkan mereka, dan kenyataan tentang keberadaan dewa Pan yang dicari Grover akhirnya terkuak. Berhasikah Percy menyelamatkan Bukit Blasteran?

Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken


Judul buku : Perpusatakaan Ajaib Bibbi Bokken

Penulis : Jostien Gaarder dan Klaus Hagerup

Penerbit : Mizan

Cetakan : III, Maret 2007

Tebal : 294 halaman

Perpustakaan ajaib Bibbi Bokken dimulai dengan yang berisi kisah dua orang sepupu yaitu Berit Boyum dan Nils Boyum Torgersen yang saling berkorespondensi. Uniknya, mereka berkorespondensi lewat sebuah buku, yang dikirim secara bergantian. Alhasil seluruh catatan tetap tersimpan rapi dan runtut. Suatu hari Berit memungut sepucuk surat yang terjatuh dari tas wanita misterius yang terakhir diketahui bernama Bibbi Bokken. Semakin lama berkirim buku surat, keduanya semakin menemukan banyak fakta menarik dari Bibbi Bokken ini dia dan komplotannya sepertinya menginginkan buku korespondensi yang ditulis Berit dan Nils. Mereka pun mencoba menyelidiki misteri ini yang berujung pada sebuah perpustakaan ajaib Bibbi Bokken. Seorang yang mengumpulkan semua buku ada di seluruh dunia. Berit dan Nils mencoba menemukan lokasi perpustakaan itu, dan dalam petualangannya kita bisa mendapatkan banyak sekali wawasan tentang perburuan yang sebelumnya mungkin belum kita ketahui. Dapatkah mereka menemukan perpustakaan ajaib itu? Dan sebenarnya mengapa perpustakaan itu disebut perpustakaan ajaib?


Buku ini juga mengandung banyak bumbu, mulai dari penyelidikan ala detektif, kisah cinta, sastra, sejarah, film, pengetahuan perpustakaan, kutipan kutipan filosofis dan teori konspirasi. Semuanya teramu dengan baik di buku ini. Ukuran bukunya yang tidak terlalu tebal juga membuat kita ingin segera menyelesaikan ceritanya sampai akhir. Sebuah buku yang sayang untuk dilewatkan, jika anda penyuka fiksi fantasi dan pencinta buku!!

Mei 11, 2011

Percy Jackson And The Olympians : The Titan's Curse, Kutukan Bangsa Titan


Penulis : Rick Riordan
Penerbit : Mizan Fantasi
Tahun : 2009
Tebal Buku : 412 halaman
Ukuran : 13 X 20 cm

Percy, Annabeth dan Thalia mengunjungi sebuah asrama tempat Grover menemukan dua orang anak setengah dewa. Mereka harus memperebutkan kedua anak itu dengan monster yang memburunya. Pada saat pertarungan, sang Monster membawa kabur Annabeth, sementara Percy dan kawan-kawan lainnya diselamatkan Artemis, Dewi Perburuan. Artemis memutuskan memburu sendiri monster berbahaya yang bangkit kembali.

Saat Zoe Nightshade mengantarkan para blasteran ke perkemahan, di sana Sang Oeracle membacakan ramalannya.

Lima akan pergi ke barat menuju dewi terantai, Seorang akan menghilang di dataran tanpa hujan, Amukkan Olympus menunjukkan jejaknya, Pekemah dan Pemburu bersatu akan bertahan, Kutukan Bangsa Titan harus seorang hadapi, Dan seorang akan binasa di tangan salah satu orang tuanya.

Percy dan teman-temannya bersama pemburu Artemis hanya memiliki waktu satu minggu untuk mencari Artemis dan memecahkan misteri monster yang tengah diburu, Juga untuk menemukan Annabeth yang diculik. Sayangnya, perburuan kali ini sudah diawali dengan teki-teki yang besar tentang ramalan Oracle. Siapa yang akan hilang dan siapa yang akan binasa di tangan salah satu orang tuanya?

Percy Jackson And The Olympians : The Sea of Monster , Lautan Monster


Penulis : Rick Riordan
Penerbit : Mizan Fantasi
Tahun : 2009
Tebal Buku : 380 halaman
Ukuran : 13 X 20 cm

Serial Percy Jackson kali ini berawal dengan mimpi buruk Percy. Ia merasa Sahabatnya Grover sedang menghadapi masalah. Terlebih ketika ibunya berkata tidak aman bagi Percy untuk berlibur ke perkemahan blasteran.Percy juga kewalahan menghadapi teman barunya, Tyson, remaja tunawisma berbadan besar dengan tingkah seperti anak kecil yang selalu mengekor Percy kemanapun dia pergi.

Lalu tiba-tiba Annabeth datang membawa kabar buruk. Perkemahan Blasteran terancam dikuasai oleh para monster. Untuk menyelamatkan Perkemahan Blasteran dan sahabatnya, Grover, Percy harus mengarungi Lautan Monster, tempat mengerikan yang dihindari oleh pelaut waras manapun. Meski lautan adalah wilayah kekuasaan Poseidon, ayah Percy, sanggupkah Percy, Annabeth dan Tyson menyelamatkan Grover dan perkemahan Blasteran?

Sama seperti cerita Percy di buku sebelumnya, selalu bisa membuat penasaran sampai ke akhir buku. Bahkan sampai berlanjut ke buku seterusnya. :D

Percy Jackson And The Olympians : The Lightning Thief, Pencuri Petir


Percy Jackson And The Olympians : The Lightning Thief, Pencuri Petir
Penulis : Rick Riordan
Penerbit : Mizan Fantasi
Tahun : 2008
Tebal Buku : 468 halaman
Ukuran : 13 X 20 cm

Seri pertama dari kisahnya Percy Jackson berawal dari sini. Dia adalah seorang anak laki-laki yang mengalami disleksia dan GPPH. Karena seringnya ia pindah sekolah, akhirnya ia diterima di Sekolah untuk anak-anak yang bermasalah.

Suatu hari ketika sekolahnya mengadakan acara berkunjung ke museum, saat itulah Percy melihat guru Matematikanya berubah menjadi monster dan monster itu dapat dimusnahkan dengan sebuah pulpen pemberian guru sejarahnya yang bisa berubah menjadi pedang. Keanehan belum berhenti di sini. suatu ketika pada saat sedang liburan, ibunya dihilangkan oleh seekor minotaur dan Percy terpaksa harus berada di sebuah perkemahan musim panas di perkemahan blasteran, tempat anak-anak keturunan dewa.

Di perkemahan itu dikumpulkan seluruh anak Dewa - Manusia yang dikelompokkan ke kabin-kabin mereka berdasarkan persamaan Dewa yang menjadi ayah atau ibu mereka. Di sana juga terdapat makhluk-makhluk yang tidak pernah dibayangkan Percy untuk bisa dilihat di dunia sekarang ini, seperti Satir, centaurus, dan pemimpin perkemahan itu sendiri adalah seorang Dewa. Rupanya, Percy adalah anak dari Poseidon, sang penguasa lautan.

Tetapi Percy difitnah telah mengambil petir asali milik Zeus, yang membuat Zeus mengungkapkan lagi dendamnya kepada Poseidon. Persy bersama dua orang temannya hanya punya waktu 10 hari untuk menemukan dan mengembalikan Petir asai tersebut atau jika tidak, dunia terancam perang dari para Dewa yang berseteru.

Buku ini serial fiksi yang unik, karena menggabungkan dunia modern kita sekarang dengan kehidupan Dewa Dewi dan mitologi kuno Yunani. Bukunya juga tidak terlalu tebal, pembawaan alurnya jelas dan aksinya juga membuat penasaran untuk terus membaca lanjutan kisahnya.

Brisingr


Oleh : Christopher Paolini
Tebal : 846 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Brisingr adalah buku ketiga dari Seri Inheritance. Ceritanya berawal dengan pencarian Eragon, Saphira dan Roran untuk menemukan Katrina, tunangan Roran yang ditawan oleh Ra'zac. Setelah berhasil membebaskan Katrina, mereka kembali ke Varden. Roran dan Katrina pun akhirnya menikah. Eragon juga berusaha menghapus kutukan yang telah tidak sengaja ia timpakan ke seorang gadis kecil bernama Elva, yang menjadi pelindung dari kesengsaraan orang lain. Meski tidak berhasil menghapus kutukan itu, Elva mengatakan dia tidak akan menjadi teman atau musuh Eragon, tetapi Elva tetap menjaga kesetiaannya kepada Saphira.

Roran ditugaskan menjadi salah satu prajurit penting Kaum Varden, ia dan pasukannya ditugaskan melumpuhkan kota-kota milik Kerajaan Galbatorix. Sementara Eragon ditugaskan oleh Nasuada untuk mengawasi pemilihan raja kurcaci yang baru setelah Horthgar meninggal. Syangnya, ia harus berpisah dengan Saphira beberapa lama. Setelah memenangkan kepercayaan para Dwarf, Orik, pemimpin klan Durgrimst Ingeitum ditunjuk menjadi raja baru Kaum Kurcaci. Saat penobatannya, Saphira dan Eragon memperbaiki Ishdar Mitrim di Farthen dur yang dulu hancur ketika pertarungan Eragon dengan Durza.

Perjalanan Eragon dan Saphira berlanjut ke Ellesmera untuk meneruskan latihan ke Oromis dan Glaedr. Di sana Eragon diberitahu bahwa Ayah kandung Eragon yang sebenarnya adalah Brom. Karena pedang Eragon diambil Murtagh, ia meminta bantuan Rhunon-elda untuk membantunya membuat pedang penunggang baru dan diberi nama BRISINGR. Kemudian mereka kembali ke Kaum Varden untuk menyiapkan peperangan melawan pasukan Galbatorix

Saat Oromis dan Glaedr ikut melawan Thorn dan Murtagh di Gil'ead, tiba-tiba Golbatorix menampakan diri melalui Murtagh dan membunuh Oromis. Eragon yang saat itu bertarung bersama arya melawan Shade melihat pembunuhan itu dalam benaknya dan ini berarti Eragon dan Saphira adalah penunggang terakhir dan sendirian yang harus melawan Galbatorix.

Buku ketiga ini lebih seru dari seri sebelumnya, meski tebalnya jauh lebih daripada buku sebelumnya, tapi Paolini mampu membuat kita penasaran akan kelanjutan ceritanya. Termasuk lanjutan buku keempatnya, Inheritance.. :D

Erec Rex - The Dragon's Eye



Pengarang : Kaza Kingsley
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2009
Genre : Novel Fantasi
Tebal : 416 Halaman

Erec Rex adalah seorang anak laki-laki berumur dua belas tahun. Ia tinggal bersama keluarganya di sebuah apartemen yang sempit. Suatu hari, Ibunya hilang dan Erec bertekad untuk mencari dan menemukannya. Dalam perjalanan, ia bertemu Bethany yang juga kehilangan orang tuanya secara misterius. Mereka menemukan dunia sihir, Alypium.

Selagi berusaha membebaskan ibunya, Erec dan Bethany ikut pertandingan untuk menentukan 3 penguasa Alypium berikutnya, dan mereka berhasil bertahan smapai final. Tetapi final pertandingan itu jauh lebih sulit dari yang mereka kira, mereka harus mengambil mata Naga. Sanggupkah Erec dan Bethany memenangkan perlombaan itu? Bagi yang menyukai cerita fiksi fantasi terutama yang berkaitan dengan sihir, novel ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan Anda. Selamat membaca!
Mei 10, 2011

ELDEST


Oleh : Christopher Paolini
Tebal : 740 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Eldest adalah serial lanjutan dari Eragon. Walaupun berhasil mengalahkan pasukan Galbatorix dan membunuh Durza, Kaum Verden kehilangan pemimpinnya, Ajihad. Sepeninggal Ajihad, Kaum Varden mengangkat Nasuada, putri tunggal Ajihad, sebagai pemimpin mereka yang baru dan Eragon, sesudah mengucap sumpah setia pada Nasuada berencana meneruskan perjalanan mereka ke Ellesmera untuk dilatih sebagai penunggang Naga oleh para Elf. Sebelum berangkat, Eragon diadopsi oleh Raja kaum Kurcaci untuk menjadi anggota klan kurcacinya, Dugrimst Ingeitum. Eragon pergi ke Ellesmera dengan ditemani Arya dan Orik, anak angkat Hrotghgar, raja kaum kurcaci.Sesampainya di Ellesmera, ternyata masih ada penunggang dan naganya yang tersisa, Oromis dan Glaedr. Dari merekalah, Eragon dan Saphira belajar baik bersama-sama maupun terpisah.

Selang beberapa lama, tersiar kabar Verden akan berperang melawan Kerajaan Galbatorix, sehingga membuat Eragon dan Saphira menunda latihannya lebih lanjut. Sementara itu, Roran dan penduduk Carvahall meninggalkan desa mereka dan mengungsi ke markas Kaum Varden. Pertarungan antara Varden dan pasukan Galbatorix berlangsung cukup sengit, karena ternyata Galbatorix telah menetaskan satu telur naganya yang dikendarai Murtagh, seorang teman Eragon yang dikira mati saat pertempuran Kaum Varden di buku 1 dulu, yang ternyata adalah saudara kandung Eragon sendiri. Meski peperangan bisa dimenangkan, tetapi petualangan belum berhenti, karena Eragon masih harus mengungkapkan identitasnya dan bertempur melawan Galbatorix. Sedangkan Roran juga masih harus membebaskan Katrina, kekasihnya yang ditawan oleh para Ra'zac.

Novel Eldest ini lebih menceritakan sisi fantasinya saat berada di kediaman para Elf. Penggambaran yang apik dan alur yang ringan juga menjadi kekuatan dalam membuat pembacanya penasaran bagaimana kisah Eragon berlanjut.

Eragon


Judul Buku : Eragon
Pengarang : Christopher Paolini
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 568 halaman

Seorang anak laki-laki yang bernama Eragon menemukan batu berwarna biru di dalam hutan. Ia mencoba menjualnya tetapi ternyata batu itu adalah telur yang menetaskan seekor anak naga. Ia tetap memelihara naga itu secara diam-dam karena jika Pamannya tahu, beliau akan marah besar. Berdasarkan cerita Brom, seorang pendongeng tua, Eragon mempelajari naga dan sejarah mereka. Suatu hari, ketika Eragon terbang bersama naganya yang bernama Saphira, pamannya dibunuh oleh Ra'zac, makhluk jahat utusan Galbatorix, Seorang penunggang yang menjadi raja Alagaesia dan memimpin dengan kejam.

Bersama Brom, Eragon dan Saphira menuju selatan untuk bergabung dengan kaum Varden, kaum yang akan melawan Galbatorix. Selama perjalanan, Eragon belajar bertarung dan menggunakan sihir dari Brom, serta mendapatkan pedang penunggang Naga yang dinamakan Zar’roc. Pertarungan antara pasukan Galbatorix yang dipimpin Durza tak terelakkan terjadi di kediaman kaum Varden. Perttarungan dimenangi kaum Varden, meski jalan ceritanya masih berlanjut ke buku selanjutnya.

Cra penyampaian novel ini ringan dan disisipi bahasa sihir yang mengingatkan kita akan serial Harry Potter, tetapi juga ada ciri khas petarungan tradisionalnya. Sebuah novel sihir- petualangan yang amat direkomendasikan untuk dibaca!!

The Historian


Judul : The Historian; Sang Sejarawan
Pengarang : Elizabeth Kostova
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2007
Genre : Novel Sejarah
Tebal : 768 Halaman

The Historian bermula dengan cerita seorang anak perempuan yang menemukan buku kuno di perpustakaan Ayahnya. Bermula dari buku itu, Sang Ayah yang bernama Paul menceritakan sedikit demi sedikit apa sebenarnya buku itu dan kaitannya dengan Dracula. Tokoh legenda yang terkenal suka menghisap darah korbannya.

Dulu, segera setelah Paul menunjukkan buku kuno tersebut yang ia temukan kepada Dosen Pembimbing Disertasinya, Bartolomeus Rossi, Paul diberi beberapa surat-surat dan catatan perjalanan penting yang pernah dilakukan Rossi ketika memburu sejarah Drakula itu. Akan tetapi, pada malamnya, Rossi hilang dari ruang kerjanya dan dari rumahnya. Tak ada seorang pun yang tau ke mana Profesor itu pergi. Dari sini awal perjalanan itu ddimulai lagi, Paul mengikuti jejak Dosennya yang pernah memburu Dracula, karena ia yakin ada hubungannya dengan hilangnya Rossi. Perjalanan Paul tak sendirian, ia ditemani Helen yang merupakan anak kandung Rossi. Perburuan ini disertai bumbu-bumbu sejarah yang sangat kental, terutama di abad 15 di berbagai tempat seperti Istanbul, Rumania, dan Bulgaria.

Sementara itu, Pada saat sekarang, di mana anak perempuan itu juga turut memburu sejarah Dracula,ayahnya, Paul, menghilang. Sang anak perempuan ini kemudian berpetualang bersama seorang teman lelakinya untuk mencari kebenaran dari kisah Drakula ini, yang kebanyakan disampaikan dalam bentuk surat-surat dan dokumen-dokumen hasil pencarian baik Rossi maupun oleh Paul, Ayahnya sendiri. Ternyata Dracula adalah seorang pencinta sastra, ia mengoleksi banyak buku, kotak, naskah, manuskrip, bertumpuk-tumpuk dan berderet-deret. Dracula menginginkan seorang sejarawan dan ahli pustaka yang akan mengkatalogkan koleksi-koleksinya itu.

Di akhir cerita, mereka bertemu dengan Dracula dan berhasil membunuhnya, meski pada epilog diceritakan anak perempuan itu menemukan buku kuno yang sama dengan yang ditemukannya dulu di perpustakaan Ayahnya, hanya saja kali ini buku tersebut ditujukan padanya. Entah dari siapa.

Alur kisah ini dilihat dari beberapa sudut pandang yang berbeda, maju mundur dan benar-benar sarat dengan sejarah. Berbagai fakta di masa lalu maupun novel Bram Stoker pun juga disisipkan di cerita ini yang membuat penasaran pembacanya.

Sebuah novel sejarah yang bagus, meski akhir ceritanya bisa ditebak, tetapi mampu membuat pembaca penasaran tentang kebenaran akan adanya Drakula, serta sejarah kelamnya.
Mei 09, 2011

Ptolemy's Gate


From: The Bartimaeus Trilogy
By: Jonathan Stroud
Genre: Novel Fiksi Fantasi
Page: 576 Halaman
Penerbit: GPU
Penerjemah:Poppy Damayanti Chusfani
Editor: Dini Pandia
Cetak I : September 2007

Ini novel ketiga dari Kisah Bartimaeus dengan Nathaniel. Nathaniel menjabat sebagai Menteri Penerangan, jabatan bergengsi di kementrian Inggris.

Nathaniel telah mendapatkan semua keinginannya pada masa kecil dulu, ia memiliki jabatan, kehormatan dan kemahsyuran. Tetapi saat itu Inggris sedang mengalami kesulitan, Kalah perang, mogok masal, Inggris berubah menjadi negeri yang sangat kacau.

Kekacauan ini turut mengancam nyawa Nathaniel, seperti percobaan pembunuhan dan menjadi kambing hitam dari masalah yang terjadi. Semua ini memaksa Nathaniel mempekerjakan banyak jin dari berbagai level untuk melayaninya. Termasuk Jin tokoh kesayangan Kita, Bartimaeus.Sayangnya, semenjak Bartimaeus terperangkap di bumi untuk melayani Nathaniel, kekuatan sihirnya melemah. Padahal dulu Bartimaeus adalah jin yang disegani karena kemampuan dan kekuatannya, ia adalah jin yang pernah berteman dengan master sihir Ptolemy, dari Alexandria yang melakukan perjalanan ke "the Other Place" dan diburu oleh sepupunya karena ia adalah seorang master sihir.

Sementara itu, Kitty Jones diam-diam melakukan riset tentang dunia sihir dari seorang cendekiawan tua, Harold Button. Tanpa sengaja Kitty menemukan teori yang menurutnya dapat menyelamatkan Kerajaan Inggris dari kehancuran. Kemudian, Bart, Kitty dan Nat membongkar konspirasi yang melibatkan para penyihir dan jin berkekuatan besar dalam upaya menghancurkan Kerajaan Inggris. Mereka juga mengalami pertempuran hebat karena menghadapi lawan-lawan yang kuat.

Buku ini diakhiri dengan pembebasan Bartimaeus oleh Nathaniel, pelepasan kekuatan dari Tongkat Gladstone. Sayangnya Nasib Nathaniel masih tidak pasti, pasca ledakan hebat dan mematikan yang terjadi tubuh Nathaniel tidak ditemukan, ataupun kematiannya tidak disebutkan secara langsung dalam buku ini.

Penasaran? Kita tunggu seri lanjutnya, *semoga segera aditerjemahkan ke bahasa Indonesia* :D

The Golem's Eye


From: The Bartimaeus Trilogy
By: Jonathan Stroud
Genre: Novel Fiksi Fantasi
Page: 624 Halaman
Penerbit: GPU
Penerjemah:Poppy Damayanti Chusfani
Cetak I : July 2007

Seri kedua dari Bartimaeus ini sama kerennya sama buku pertama. Cerita ini setelah Nathaniel bekerja di kementrian sihir dan menjabat asisten menteri urusan dalam negeri. Ia bertugas mengurus sindikat non penyihir yang sering melakukan pemberontakan, mereka menamakan diri sebagai Resistance. Nathaniel masih dendam terhadap anggota Resistance yang bernama Kitty, Fred, and Stanley. Mereka pernah menganiayanya 2 tahun silam. Tetapi, jejak resistance sangat sulit dilacak, membuat Nathaniel kesal. Belum lagi tekanan dari atasannya yang menuntutnya untuk segera membereskan kasus ini.

Kekacauan ini bertambah lagi dnegan kehadiran Golem (boneka besar dari tanah liat)yang membuat kekacauan di kota London. Nathaniel memutuskan memanggil Bartimaeus untuk menolongnya.Tanpa disangka dalam penyelidikannya akan Golem dan pemberontakan Resistance, nyawa Nathaniel terselamatkan oleh orang yang dikejar-kejarnya sendiri.

Meski banyak catatan kaki di tiap babnya, saya rasa masih bisa ditolerir, apalagi bagi yang menyukai sejarah.Kisahnya juga membuat penasaran akan lanjutan ceritanya.. Karena kisah si Jin sarkastis, egois dan konyol ini masih berlanjut di buku selanjutnya. :D

The Amulet of Samarkand


From: The Bartimaeus Trilogy
By: Jonathan Stroud
Genre: Novel Fantasi
Page: 512 Halaman
Penerbit: GPU
Penerjemah:Poppy Damayanti Chusfani
Cetak I : Mei 2007

"setelah sekian lama selese mbacanya, baru bisa nulis reviewnya sekarang. *ketauan malesnya*

The amulet of Samarkand ini menceritakan tentang Nathaniel dan Jin bernama Bartimaeus, yang bisa berubah bentuk dengan mudahnya.

Bartimaeus diperintahkan oleh tuannya, yang masih kecil itu untuk mencuri Amulet Samarkand, sebuah kalung yang mempunyai kekuatan istimewa. Sialnya, pencurian amulet ini berubah menjadi petualangan menegangkan karena Nathaniel dan Bartimaeus berhadapan dengan intrik-intrik politik dan sihir tingkat tinggi.

Kisah Bartimaeus ini menarik, Bartimaeus yang sarkatis bertemu dengan tuannya yang masih kecil. Sehingga membaca cerita ini terkadang bisa tersenyum sendiri, meski bukan jenis buku humor. Ceritanya benar-benar membuat penasaran, sehingga membuat kita terus ingin mengetahui lanjutannya.

Buku yang wajib dibaca untuk mereka yang menyukai cerita petualangan dan sihir !

The Magician



Penulis : Michael Scott
Penerbit : Matahati
Terbit : Maret 2009
Halaman : 580/Book Paper

Buku lanjutan dari the Alchemyst ini juga tidak kalah seru.

Nicholas Flamel, sang Alchemyst, kembali ke kota masa lalunya: Paris. Bersama Scathach dan si kembar Newman, kedatangan mereka disambut oleh Niccolò Machiavelli. Konon, ia jauh lebih berbahaya dari Dee. Di Paris, Flamel dibantu Saint Germain (penguasa api) dan Joan of Arc yang memiliki aura sama dengan Sophie Newman, aura perak murni. Dari sinilah Sophie berlatih mengendalikan kemampuannya yang telah dibangkitkan. Meski menimbulkan konflik dan iri dari saudara kembarnya, Josh yang belum dibangkitkan.

Sementara itu Perenelle Flamel berjuang melarikan diri dari Alcatraz, yang berada dalam penjagaan ketat sphinx, ribuan laba-laba dan monster-monster di penjara itu.Di dua tempat terpisah, Paris dan Alcatraz, mereka harus berjuang mempertahankan dunia dari cengkeraman para Tetua Gelap. Dan Nicholas Flamel semakin menua setiap harinya

Buku seri kedua yang wajib dibca, penuh dengan legenda dan konflik.

The Alchemyst


Penulis : Michael Scott

Penerbit : Matahati

Terbit : I/Juni 2008

Tebal : 504 halaman



Novel ini mengisahkan Josh Newman dan Sophie Newman, mereka kembar dan mereka dipercaya merupakan tokoh yang telah diramalkan di dalam buku Codex, buku Abraham Sang Magus.“…Dan dia yang kekal harus melatih manusia.Dua yang menjadi satu dan satu yang mencakup semuanya.” Mereka terpaksa terjebak di antara pertempuran dua manusia abadi-Nicholas Flamel dan Dr. John Dee-dalam memperebutkan buku itu.

Si kembar yang hidup di masa modern dipaksa untuk sepenuhnya mempercayai sihir dimana nyawa mereka menjadi taruhannya.

Penulisnya juga pintar mencampuradukkan mitos dewa-dewi, seperti Hekate putri Titan dari mitologi Yunani; Bastet dari mitologi Mesir; pohon Yggdrasil dari cerita Skandinavia; Morrigan, yang dipuja pada 3000 sebelum masehi. The Witch of Endor, terdapat dalam kitab suci Hebrew.

Alurnya juga mengalir jelas, dan salah satu keistimewaan dari buku ini adalah karakter dalam buku ini sebagian besar didasarkan pada tokoh-tokoh sejarah yang nyata dan makhluk-makhluk dalam mitologi, bahkan buku Abraham sang Magus itu sendiri juga nyata.

Buku yang tidak boleh dilewatkan oleh pencinta fiksi fantasi yang beraroma magic. :D

Salam,

Salam,