Januari 02, 2012

Ondel-Ondel Nekat Keliling Dunia


Judul Buku : Ondel-Ondel Nekat Keliling Dunia

Penulis : Luigi Pralangga

Penerbit : Qanita

Cetakan Pertama : November 2011

Tebal :332 halaman

ISBN : 978-602-9225-13-6


Mungkin banyak diantara kita yang sering mendengar istilah “peacekeeper” apalagi kalau sudah mberhubungan dengan UN (PBB). Tapi pernahkah terlintas di pikiran Anda bagaimana sejatinya kehidupan mereka yang berjuang menciptakan perdamaian dunia yang merupakan hak segala Bangsa tersebut?


Di buku ini, penulis yang menyebut dirinya sebagai Ondel-Ondel berbagi kisahnya sebagai seorang “peacekeeper”. Kehidupannya yang sudah mapan di Jakarta ditinggalkan karena ingin mewujudkan mimpi masa kecilnya. Maka bertualanglah ia di New York, di salah satu kantor perutusan tetap tanah air untuk PBB. Berbekal keuletan, kesabaran, tekad dan semangat yang besar, Luigi, Sang Penulis buku ini akhirnya lulus ujian saringan masuk di markas besar UN di New York pada Mei 2000.


Pada tahun 2003, ia mengikuti misi pertamanya ke Irak, dalam misi inspeksi senjata Pemusnah Masal (serem ya namanya..). Tapi misi ini tak berlangsung lama, karena kemudian semua staf kembali ke headquarters masing-masing. Sejak inilah Luigi memutuskan bergabung dengan UNMIL (United Nations Mission in Liberia) untuk misi perdamaian dan kemanusiaan di sana. (Hal.49)


Kisah Luigi lebih banyak diceritakan di Liberia, dengan sisi seorang manusia, ia menceritakan kehidupan dan kesulitan yang ia alami di sana sebagai seorang “pendatang” yang kadang tidak disukai oleh penduduk setempat. Menceritakan bagaimana pengalamannya ikut penyuluhan HIV/AIDS, pelatihan penyanderaan, Ramadhan di negeri orang.


Kelemahan buku ini menurut saya ada di alur ceritanya, terlalu singkat dan cepat. Juga adanya kesulitan saya menafsirkan beberapa percakapan mana yang fiksi (banyolan biasa) dan mana yang nyata terjadi. Juga kata-kata yang semaunya seperti menggunakan kata kampret, mengandaikan nasib dengan (*****) yang kurang pas menurut saya.


Tapi toh saya tetap menikmati buku ini, selain hurufnya yang memanjakan mata (gede-gede!!), spasi yang lebar, banyak foto dan huruf yang dicetak warna biru membuat saya betah membaca buku ini. Banyak juga motivasi yang secara tidak langsung disisipkan penulis di ceritanya. Buku ini membawa saya sebagai pembaca untuk menelisik lagi kehidupan para penjaga perdamaian yang membawa serta nama Negara Indonesia di kancah dunia.

Seperti yang termaktub di Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Alinea ke-4 :

“dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial”

3 bintang untuk Ondel-Ondel :)


Jika kalian tertarik untuk lebih banyak mengetahui aktivitas temen-temen yang menjadi peacekeeper, bisa berkunjung ke Blognya www.pralangga.org . Selamat berkunjung!! :D

10 komentar on "Ondel-Ondel Nekat Keliling Dunia"
  1. jarang nih cerita dari penjaga perdamaian

    BalasHapus
  2. iya,Lis.. aku juga baru baca.. tadinya aku pikir dia bawa ondel-ondel keliling dunia. ternyata bukan -_-"

    BalasHapus
  3. eh aku pikir tadinya ini buku konyol2 gitu

    BalasHapus
  4. ya kirain buku lucu2 soalnya ada ondel2 :)
    kl peace keeper pastinya seru2 ceritanya ya

    BalasHapus
  5. @Esi : Tadinya juga gitu.. eh ternyata bukan.. kekonyolannya nggak banyak porsinya

    @nannia : heheh, ada lucunya juga sih, tapi sebagian besar kayak menceritakan pengalamannya dia sbg peacekeeper.. :D

    BalasHapus
  6. A, aku baru tahu ada profesi seperti ini *dumbfounded*

    BalasHapus
  7. lhah? hohohh.. bolehlah dibaca ky, biar tau lebih banyak :D

    BalasHapus
  8. Terima kasih banyak atas resensi positifnya, semoga buku itu banyak bisa menginspirasi rekans lainnya agar bisa berkiprah pada PBB.. ada banyak sekali pengalaman seru, baik itu suka dan duka.. satu hal yang pasti: membanggakan.. karena berkesempatan untuk duduk sama sejajar dan dihormati bangsa lain dengan catatan kita mampu menjawab tuntutan tugas dan tantangan yang menghadang..

    Selamat datang pada Perserikatan Bangsa-bangsa, ini adalah duniamu juga...

    Salam hangat dari Iraq.. ya, kini saya bertugas disana.. beberapa cerita sontoloyo tentunya tetap tersedia disini --> http://pralangga.blogspot.com dan silahkan bergabung pada komunitas kita menjabat erat rekan peacekeepers lainnya: https://www.facebook.com/groups/5057875788/

    Garuda!

    BalasHapus
  9. Salam, Mas Luigi. Saya pasti berkunjung ke blogspotnya, tentu untuk menyimak si Ondel-Ondel berulah apa lagi di Irak. :D

    BalasHapus
  10. Terima kasih buat dukungannya, simak sore ini pada jam 17:)) obrolan seru bareng peacekeepers di ProResensi RI programa 2 di 105.00 Mhz menghadirkan sosok peacekeepers Indonesia yang bertugas di Darfur dari studio dan saya akan bergabung via teleconference langsung dari Kuwait...

    Simak juga sajian berita dari medan penugasan PBB di http://pralangga.org/articles..

    Selamat datang pada Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB): inilah duniamu (juga)...

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,