Februari 13, 2012

Fantasy Fiesta 2011


Judul Buku : Fantasy Fiesta 2011. Antologi Cerita Fantasi Terbaik 2011

Penulis : R.D. Villam, Klaudiani, Bonmedo T dan 17 Pemenang Kontes Fantasy Fiesta 2011

Penerbit : Adhika Pustaka

Cetakan Pertama : Desember 2011

ISBN : 978-979-19991-5-1



Lomba Fantasy Fiesta 2011 diselenggarakan di Bulan April dan pengumuman pemenangnya diumumkan di Bulan Oktober 2011 kemarin. Buku ini adalah kumpulan cerpen terbaik yang terpilih dari keseluruhan cerpen dalam Lomba tersebut. Ketertarikan saya pada buku ini sebenarnya karena begitu penasarannya saya akan sejauh dan sedahsyat apa para penulis Indonesia bercerita tentang Fantasi. Bersiap-siaplah, karena saya akan membiarkan Anda menyicipi keseruan cerita-cerita di dalamnya!


  1. Bentala-Imaji (Fredrik Nael)

Berawal dari keikutsetaan seorang Pria bernama Tala dalam sebuah seminar, kita diajak menyelami imajinasinya yang sempat hilang dan terlupakan. Cerita yang singkat tetapi mempertanyakan keeksistensian diri kita atas upaya perwujudan mimpi-mimpi kita sendiri. Seperti kalimat pembukanya yang manis: Apalah gunanya impian bila tidak diwujudkan?

  1. Bhupendra Gagan (Salvirius Sandy)

Bhupendra Gagan adalah seorang Maharaja dengan sifat kepemimpinan diktator. Suatu hari ia melarang penggunaan kata “aku” di dalam negerinya. Siapapun yang mengatakan kata tersebut, akan langsung dibunuh. Akibatnya banyak kematian di mana-mana. Tapi untungnya Bhupendra mengganti penggunaan kata “aku” dengan kata “Brahman”, yang kemudian mengakibatkan kedamaian di negeri tersebut.

Ide ceritanya menarik, meski awalnya tampak “sadis”. Tapi ada sedikit penasaran yang timbul ketika membaca bagian akhir cerita, mengapa ketika Si Tokoh Utama mengatakan “aku” (hal.31 baris 17), ia tidak ikut dibunuh?

  1. Dongeng Kanvas (Luz Balthasaar)

Bagaimana cara seorang gadis buta melukis peri? Una, gadis itu, pintar melukis, ia dapat melukis sesuatu dengan memanfaatkan indera lainnya selain penglihatan. Namun bagaimana cara dia memenuhi keinginan Ratu untuk menghasilkan lukisan Peri? Sedang Una sendiri tidak percaya bahwa peri itu ada.

  1. E (Epsilon) (Klaudiani)

Zeta, tokoh wanita dalam cerita ini memiliki partner bernama Sigma, seorang pria yang mempunyai kemampuan mengontrol pikiran. Mereka adalah partner dalam Proyek Epsilon, seorang bocah yang mampu menyemburkan api (pyrokinesis). Anak itu yang kemudian dipanggil Epsilon, dipercaya merupakan keturunan Verbti (dewa badai dan api dalam mitologi Albania).

  1. Enam Belas Menit (Shao An)

Ini adalah cerita yang paling nyesek waktu saya baca. Bagaimana jadinya jika kamu diberi kesempatan untuk terus mengulang 16 menit kehidupan terakhir dari orang yang paling kamu sayangi? Akankah kamu mencoba menolongnya atau menghabiskan setiap detiknya dengan mengatakan “aku sayang kamu” ? Dapatkah kita mengacaukan takdir dan mengubah cara kematian sesorang?

  1. Hari Terakhir Ishan (Cloverwitch)

Kamu jatuh cinta terhadap seseorang tanpa tahu siapa dia sebenarnya. Dan ketika kamu sadar siapa dia, takdir memisahkan kalian berdua. Tragis? Itulah kisah yang diceritakan dalam cerita fantasi ini.

  1. Hikayat Pungguk Merindukan Bulan (F.A. Purawan)

Dahulu kala, ada seorang anak-angkasa yang bernama Pungguk. Lelaki ini bertemu dengan wanita orang-bintang dan keduanya saling mencintai. Ulayn, nama gadis itu mengajak Pungguk berkunjung ke Bulan. Sayangnya, kisah cinta mereka berakhir tragis akibat keserakahan orang-bintang akan batu tambang yang dimiliki orang-rimba.

Yang mengganjal dari cerita ini buat saya ada pada cerita Si Pungguk. Dia ini sebenarnya anak-angkasa (hal.105 baris 23) atau orang-rimba (hal. 112)? Atau keduanya sama saja? Dan ada typo di halaman 111 baris ke 19, pada kalimat “Ientu saja, … ”.

  1. Kembali ke Morova (R.D. Villam)

Bagaimana ketika setelah lama berselang, lalu kamu pulang ke kampung halaman setelah ikut berperang? Kenyataannya, Morova, tempat kembalinya Niko “pulang” sudah berubah menjadi kota hantu. Tidak ada siapapun di sana sampai ia bertemu dengan wanita pujaannya yang menyimpan misteri tentang kembalinya ia ke Morova.

  1. Kisah Sang Kerudung Merah (Serpentwitch)

Kerudung Merah adalah cerita anak-anak yang melegenda. Di kisah ini diceritakan versi lainnya. Lebih kelam dan lebih “serigala”. Anne terpaksa masuk ke hutan terlarang demi menolong neneknya yang sakit keras ternyata malah menemukan kisah kelam dalam keluarganya. Diperkaya dengan istilah “klan Red Hood” dan manusia serigala.

  1. Leyl-Hasrat Bebas (ElBintang)

Leyl, gadis pencipta ilusi yang akan merayakan Pesta Pembebasan-nya. Jika dalam pesta tersebut ia gagal memanggil binatangnya yang berdiam jauh dalam dirinya, maka ia akan mati tanpa sisa diburu para orang hunian.

Sedikit typo di halaman 158 baris 16, “iamencari”.

  1. Menuju Akhir Masa (Shienny M.S.)

Seorang calon dokter mati karena kecelakaan, lalu arwahnya tersesat di antah berantah dan bertemu dengan Iblis yang mengajaknya mengadakan perjanjian. Si calon dokter tersebut dapat hidup dan mencegah kematiannya asalkan mau memutuskan tali yang mengikat malaikat Azrael. Sialnya, perjanjian tersebut ternyata memakan lebih banyak pengorbanan yang tidak disadari oleh calon dokter tersebut.

  1. Misteri Pulau Goudian (Rickman Roedavan)

Pulau Goudian adalah pulau misterius yang membuat Kapten Adrian gila. Ekspedisi yang berakhir dengan kematian seluruh awak kapal kecuali Kapten Adrian sendiri kemudian menjadi misteri. Apa yang sebenarnya terjadi? Kali ini, seorang Kapten lain, Dmitri, ditugaskan menemukan pulau tersebut. Ternyata penemuan Dmitri jauh diluar perkiraannya. Dan ia sebagai Kapten, bertanggungjawab atas anak buah kapalnya.

Typo ada di halaman 188 baris keempat, “ … merupakan salah kapal terbesar… “

  1. Neil//Lien (Magdalena M. Amanda)

Namanya Neil Argentum, ia sering disebut tidak waras karena sering berbicara dengan Lien, anak perempuan yang tidak nyata yang hanya ada di dalam kepalanya. Sebuah peristiwa membuat Neil sadar, bahwa ia tidak bisa terlepas dari anak perempuan tersebut, ia tidak mampu dan tidak mau meskipun sebelumnya ia begitu ingin menjadi normal kembali dan berharap Lien hilang dari hidupnya.

  1. Noel (Feby Anggra)

Noel adalah seorang wanita yang sedang mencari kekasihnya, Darius di tengah kemunculan makhluk mirrlith. Ketika akhirnya Noel bertemu dengan kekasihnya tersebut, ia menemukan fakta yang mengejutkan bahwa Noel yang sebenarnya sudah mati. Lalu siapakah dia sebenarnya?

  1. Oris (I.B.G. Wiraga)

Seorang anak yang kedua orangtuanya meninggal diasuh oleh Paman dan Bibinya yang haus harta warisan. Tapi seekor kucing yang kemudian dinamai Oris mengubah nasib anak tersebut. Penuh dengan imajinasi dan syukurnya ending yang tidak mengecewakan.

  1. Petra (Bonmedo Tambunan)

Pemimpin Kuil Xar meninggal, sesuai tradisi Kuil akan menunjuk penggantinya. Untuk itu diadakan pertempuran antara pimpinan utama Ka-Xar, Panglima Corbus, dan pimpinan Es-Xar, Mirell kar Illaisa.

Cerita yang seru meski disayangkan akhir ceritanya agak “menggantung” dan terkesan berakhir dengan ringkas. Typo di halaman 258 baris pertama, “ekspressi”.

  1. Selamanya Bersamamu (Fachrul R.U.N)

Hati-hati kalau menolak cinta seseorang, bisa jadi dia malah terobsesi memilikimu sampai-sampai ia kabur dari neraka hanya untuk menguasaimu. Itu yang terjadi di cerita ini. Margarita Paulson begitu mencintai Richter yang sayangnya tidak membalas cinta itu. Maggie yang kabur dari akhirat kemudian menyandera Richter dan menjadikan lelaki itu miliknya seorang.

Typo halaman 277 baris 14, “… menyediankanku… ”

  1. Selamat Datang di Wonderland (Kristy S. Tjong)

Wonderland yang ini sama sekali bukan dunia yang penuh fantasi dan kebahagiaan, apalagi tawa ceria manusia. Wonderland di cerita ini adalah “neraka” di mana penghuninya dipaksa mengumpulkan poin dalam permainan-permainannya untuk membebaskan diri mereka sendiri dari Wonderland.

  1. Tukang Sapu (Erwin Adriansyah)

Bagaimana jika tukang sapu yang biasa kamu lihat itu ternyata bukan manusia biasa? Kehadiran dan percakapan tukang sapu tersebut dengan seorang mahasiswa mengungkap apa dan untuk apa dia sebenarnya diciptakan.

  1. Wanita Pembisik (Xeno)

Seorang wanita yang memiliki kekuatan untuk memerintah para Iblis berencana menghancurkan Kota Azaiga. Hal ini dikarenakan dendam atas pembunuhan Ibu kandungnya oleh para penghuni Kota. Namun ternyata ambisinya salah sasaran dan ketika ia menyadarinya.. semua telah terlambat.


Beberapa cerita dapat dinikmati, tapi sebagian besar agak berat untuk dibayangkan. Mungkin karena keterbatasan jumlah kata yang digunakan dalam lomba ini menjadikan fantasi yang baru saja dimulai seakan putus begitu saja di tengah jalan. Adanya typo yang bertebaran juga cukup mengganggu jalannya cerita.


Cerita Fantasi adalah cerita yang “berat” menurut saya, baik berat dari segi kepenulisannya maupun pembaca sebagai penikmatnya. Penulis harus pintar mengolah kata agar ide ceritanya tersampaikan dan Pembaca harus punya ruang imajinasi yang luas agar dapat masuk ke dalam fantasi yang disiapkan penulis. Mungkin ini yang menyebabkan penilaian cerita fantasi berbeda oleh tiap orang. Semakin nyaman pembaca masuk ke fantasi yang ditulis penulis, maka dia akan semakin menikmati jalannya cerita.


Tapi biar bagaimanapun, salut untuk para penulis fantasi yang karyanya dituliskan di buku ini. Cerita-cerita pendek ini menurut saya berpotensi untuk dikembangkan lebih luas dan jelas, mungkin dalam bentuk novel.


3/5 bintang untuk Fantasy Fiesta 2011.


Bagi yang ingin mengunjungi dan belum puas dengan cerita fantasi lainnya, bisa berkunjung ke kastilfantasi.com :)

2 komentar on "Fantasy Fiesta 2011"
  1. terima kasih mbak, Ory.
    Penukilan typonya juga makasih banyak. *peluk-peluk *eh?
    he.he

    BalasHapus
  2. heheheh.. semoga kalo cetak ulang, typonya bisa terbang hilang yah. :D

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,