Februari 24, 2012

Manusia-manusia paling Misterius di Indonesia

Kali ini penerbit bukukatta hadir lagi dengan buku ‘misterius’ lainnya. Berisi sepuluh tokoh Indonesia yang jejak kehidupannya begitu misterius, kita diajak kembali menyusuri sejarah negara kita. Diawali dengan kisah Gajah Mada, kita dikembalikan ke abad ke-14 saat-saat keemasan Kerajaan Majapahit.

Gajah Mada, yang terkenal akan Sumpah Palapa, memiliki asal-usul yang tidak diketahui kebenarannya. Demikian juga tentang akhir hayatnya, ada yang berpendapat Gajah Mada moksa (menghilang secara gaib) dan ada pula yang berpendapat ia meninggal karena sakit. Di buku ini diceritakan riwayat Gajah Mada berdasarkan berbagai literatur seperti kitab Nagarakretagama , Kidung Sunda, Pararaton, juga dari Buku Muhammad Yamin yang berjudul Gajah Mada : Pahlawan Persatuan Nusantara.

Cerita berikutnya adalah kisah Syekh Siti Jenar yang kisahnya sangat kontroversial karena ia dikenal merupakan wali sesat yang dihukum mati oleh Wali Songo. Tapi benarkah demikian? Di sinilah diceritakan kehidupan Siti Jenar sampai misteri tentang apa yang diajarkannya tentang makna ketauhidan. Mengapa ia disebut wali yang sesat? Jangan-jangan perseteruan Siti Jenar dengan Wali Songo hanyalah Mitos belaka? Inilah yang dikupas oleh penulis dari berbagai sumber literatur sehingga menghasilkan ringkasan kisah yang padat tapi tetap misterius.


Siapa tokoh misterius selanjutnya? Mari kita bahas sedikit tentang Supriyadi, seorang tokoh Sejarah Indonesia yang terkenal terutama saat pemberontakan Pembela Tanah Air (PETA) terjadi di tahun 1945. Ia pernah dipilih menjadi Menteri Keamanan Rakyat tetapi tidak pernah hadir untuk menerima amanah tersebut. Ia hilang, keberadaannya seketika lenyap setelah peristiwa pemberontakan PETA berlangsung. Mengapa orang ini sedemikian misteriusnya? Apa yang ia sembunyikan, atau dari apa sebenarnya ia bersembunyi? Di tahun 2008 pernah ada seorang laki-laki yang mengaku bahwa ia adalah Supriyadi, namun benarkah lelaki itu orang misterius yang dulu pernah hilang itu? Bagi saya, kisah Supriyadi ini benar-benar menyimpan misteri...



Tak hanya sejarah yang menjadikan orang-orang di buku ini misterius, Sudjana Kerton adalah satu-satunya tokoh dalam buku ini yang menjadi misteri karena pengalamannya dengan Benda Terbang Aneh (BETA). Seorang pelukis terkenal yang karyanya pernah dipilih UNICEF untuk dicetak pada kartu natal ini menceritakan pengalaman ‘unik’nya ketika terjadi pertama kali saat ia tinggal di Amerika dan terulang kembali ketika ia tinggal di rumahnya di Dago Pakar, Bandung. Anda sering mendengar pengalaman dengan alien dari cerita-cerita orang luar negeri kan? Nah, di buku ini Anda diajak mendengarkan cerita orang negeri sendiri yang menurutnya pernah ‘berinteraksi’ dengan makhluk luar angkasa tersebut.

Belum puas dengan kisah empat orang di atas? Tenang, Anda akan dapat lagi! Ada Hang Tuah, Ronggowarsito, Si Pitung, Tan Malaka, Kahar Muzakkar, dan Syam Kamaruzaman yang siap membuka ke’misterius’annya dengan Anda.

Penulis dengan runut mampu membeberkan sebuah peristiwa lengkap dengan sumber literatur yang ia gunakan. Meski ada beberapa cerita sejarah yang tidak terlalu saya ingat (ketahuan deh kalo nilai sejarah saya dulu di sekolah jelek XD) tapi tidak mengurangi ketertarikan saya dengan orang-orang yang diceritakan di dalam buku ini. Huruf yang cukup memanjakan mata pembaca serta ukuran buku yang tipis juga membuat saya betah membacanya karena inginnya segera mengetahui apa saja kemisteriusan manusia-manusia dari Indonesia ini.

Seperti kalimat Charles Dickens yang terselip di kata pengantar

“Suatu kenyataan menakjubkan untuk direnungkan, bahwa setiap manusia merupakan rahasia besar dan misteri bagi yang lainnya.”


Judul Buku  : Manusia-manusia paling Misterius di Indonesia
Penulis : Anton W.P
Desain sampul dan Layout : Yudhi Herwibowo
Penerbit : bukukatta
Cetakan pertama  : 2012
ISBN : 978-979-1032-71-1
Tebal : 126 halaman, paperback
4 komentar on "Manusia-manusia paling Misterius di Indonesia"
  1. huaaaa... aku suka buku berbau sejarah,jadi pengen banget buku ini

    BalasHapus
  2. heheh.. ayo dibaca, Sint.. pasti bakalan suka.. :)

    BalasHapus
  3. Aku belum sempat baca buku ini. Sumpah jadi makin penasaran!!

    BalasHapus
  4. Penasaran sama yang mana, ky? sama kisah Alien? Gajah Mada? Atau tokoh sejarah Indonesia ? :D

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,