Maret 29, 2012

Character Thursday 5

Eh, sudah akan 5 tokoh yang kita bicarakan sejak kamis bulan lalu ya? Emm, sejauh ini, entah kenapa saya lebih suka 'menonjolkan' para tokoh yang sebenarnya bukan tokoh utama cerita. Kali ini, saya juga memilih berbincang-bincang tentang seorang tokoh 'pendukung' dalam sebuah  novel berjudul 'Galaksi Kinanthi', karya Tasaro GK.

Sebelumnya, seperti biasa, saya mau cuap-cuap dulu tentang blog hop Character Thursday ini. :D

Character Thursday
Adalah book blog hop di mana setiap blog memposting tokoh pilihan dalam buku yang sedang atau telah dibaca selama seminggu terakhir (judul atau genre buku bebas).
- Kalian bisa menjelaskan mengapa kalian suka/benci tokoh itu, sekilas kepribadian si tokoh, atau peranannya dalam keseluruhan kisah.
- Jangan lupa mencantumkan juga cover buku yang tokohnya kalian ambil.
- Kalau buku itu sudah difilmkan, kalian juga bisa mencantumkan foto si tokoh dalam film, atau foto aktor/aktris yang kalian anggap cocok dengan kepribadian si tokoh.

Syarat Mengikuti :

1. Follow blog Fanda Classiclit sebagai host, bisa lewat Google Friend Connect (GFC) atau sign up via e-mail (ada di sidebar paling kanan). Dengan follow blog ini, kalian akan selalu tahu setiap kali blog ini mengadakan Character Thursday Blog Hop.
2. Letakkan button Character Thursday Blog Hop di posting kalian atau di sidebar blog, supaya follower kalian juga bisa menemukan blog hop ini. Kodenya bisa diambil di box di bawah button (cukup copas saja kode itu di posting atau di sidebar kalian).
3. Buat posting dengan menyertakan copy-paste “Character Thursday” dan “Syarat Mengikuti” ke dalam postingmu.
4. Isikan link (URL) posting kalian ke Linky di bawah ini. Cantumkan nama dengan format: "Nama blogger @ nama blog", misalnya: Fanda @ Fanda Classiclit.
5. Jangan lupa kunjungi blog-blog peserta lain, dan temukan tokoh-tokoh pilihan mereka. Dengan begini, wawasan kita akan bertambah juga dengan buku-buku baru yang menarik…



Jadi, tokoh kita ini bernama Kinanthi. Karena Kinanthi di buku ini diceritakan dalam dua versi, anak-anak dan dewasa, saya mau bercerita tentang Kinanthi di masa kecilnya.

Kinanthi kecil tinggal di sebuah dusun di Gunung Kidul, sebuah wilayah di sebelah Selatan Yogyakarta. Waktu itu Gunung kidul terkenal gersang dan belum terjamah modernisasi, jadi Kinanthi kecil hidup dalam kesederhanaan hidupnya. Ia tumbuh di keluarga yang besar, tetapi kecil, maksud saya besar karena kakak-kakaknya banyak tetapi mereka semua sudah pergi dari kampung halaman. Merambahi ibukota dan tak jelas nasibnya.

Sedikit gambar gunung kidul
Kinanthi adalah sosok yang lugu, meski banyak warga yang membenci dan tak suka dengan keluarganya, Ia tetap menjadi 'anak kecil' apa adanya. Kepolosan itu hadir di karakter Kinanthi yang ditonjolkan oleh Tasaro, sang penulis, sehingga membaca kisah Kinanthi seakan benar-benar merasakan kepasrahan anak itu akan keadaan keluarganya.

Persahabatannya dengan Ajuj membuat Kinanthi lebih percaya diri, ia dimanusiakan oleh Ajuj. Persahabatan itu murni persahabatan dua anak kecil yang mana si Lelaki selalu berusaha melindungi Kinanthi, gadis desa yang memang seringkali dikucilkan orang-orang.

Yang kurang saya sukai dari karakter Kinanthi ini adalah ketergantungannya yang seakan cukup besar terhadap Ajuj, sampai suatu ketika mereka harus berpisah, Kinanthi setengah kelimpungan namun harus pasrah dan menapaki kehidupannya sendiri. Tanpa keluarga, tanpa Ajuj, sahabatnya.

Alasan saya memilih sosok Kinanthi di Blog Hop kali ini adalah, saya ingin menunjukkan pada siapapun yang membaca postingan saya kali ini, bahwa sosok Kinanthi kecil ini ada banyak di negara kita. Hidup di daerah yang kekurangan, dengan kondisi orangtua yang terkucilkan, padahal anak kecil itu sebenarnya memiliki hak yang sama untuk menikmati kemerdekaan hidupnya. Dari diskriminasi, dari kemiskinan, ketidak adilan, perdagangan anak terselubung, sampai kekerasan rumah tangga. Kinanthi kelak dijual sebagai TKI ke luar negeri, di mana penulis sepertinya sengaja menyorotkan permasalahan khas negeri ini tepat sebagai jalan hidup Kinanthi.

Kinanthi hanya satu cerita anak Indonesia yang tidak terselamatkan di negerinya sendiri.
2 komentar on "Character Thursday 5"
  1. Aku suka banget buku ini. Buku dari penulis lokal terbaik bagiku.
    Kinanti, karena sifatnya yang tak sama dengan anak perempuan lain, juga karena dikucilkan, tak heran kalau ia kesepian dan menemukan penghiburan pada Ajuj.

    BalasHapus
  2. wahh belum bacaaaa jadi penasaran sama Kinanthi. buku lokal sekarang bagus2 yak

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,