Maret 26, 2012

Charlie and the Great Glass Elevator


Judul Buku : Charlie and the Great Glass Elevator
Penulis : Roald Dahl
Alih Bahasa : Ade Dina Sigarlaki
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan kedua : Januari 2010
ISBN : 078-979-22-0364-6





Setelah mendapat kejutan-kejutan di pabrik Cokelat milik Mr. Wonka, kali ini Charlie dan keluarganya mendapat perjalanan ruaarr biasa bersama Mr. Wonka. Ke mana? Yak, ke luar angkasa. Tapi bukan Dahl kalau imajinasinya tidak luar biasa, kali ini ia menghadirkan perjalanan Mr. Wonka, Charlie dan keluarganya dalam sebuah elevator kaca tembus pandang alih-alih menggunakan roket di luar angkasa.

Pada awalnya Mr. Wonka hanya ingin mengajak mereka ke langit sampai ketinggian yang dirasa cukup untuk kemudian menjatuhkan elevator tersebut ke dalam pabrik cokelat. Tetapi kecelakaan terjadi, bukannya berhenti pada ketinggian tersebut lalu jatuh ke bumi, elevator tersebut malah bablas ke luar angkasa. Padahal yang ada di dalam elevator tersebut tidak hanya Charlie, Mr. Wonka dan Kakeknya Charlie. Tapi juga ada orang tua Charlie, Grandma Josephine, Grandma Georgina dan Grandpa George, mereka juga kakek nenek Charlie.

Di angkasa mereka melihat sebuah hotel yang akhir-akhir ini menjadi booming di media massa seluruh dunia. Hotel yang berhasil diterbangkan ke luar angkasa itu hampir pada saat yang bersamaan dengan kedatangan elevator Mr. Wonka, juga akan segera ditempati oleh banyak awak yang kelak bertugas sebagai karyawan hotel ruang angkasa tersebut. Mr. Wonka begitu bersemangat untuk mendaratkan elevatornya agar berhasil menjadi orang yang pertama masuk ke hotel tersebut. Setelah berhasil masuk, Mr. Wonka dan teman-teman kita melihat betapa hotel itu begitu mewah disertai makanan –makanan lezat. Mereka akan berpesta!!

Pada saat berbahagia itulah, suara dari ruang control hotel yang berada di bumi memberikan peringatan kepada Mr. Wonka dan kawan-kawan, mereka harus segera meninggalkan hotel tersebut karena mereka dikira para penjahat yang akan menghancurkan hotel luar angkasa tersebut! Bagaimana lanjutan kisah Mr. Wonka, Charlie serta keluarganya?

Ini adalah salah satu ciri khas buku Roald Dahl yang memiliki imajinasi seperti anak-anak, alias tak terbatas! Membaca buku ini seperti menemukan sumur buat dahaga saya akan fiksi fantasi anak-anak yang benar-benar berfantasi. Sayangnya, agak susah mencari buku-buku Dahl sekarang ini, soalnya lebih sering muncul di acara obral yang biasanya siapa cepat dia dapat. Dan saya tipe orang yang suka telat kalau datang ke acara obral buku.

Karakter yang menonjol di buku ini menurut saya adalah Mr. Wonka, bukannya Charlie. Meski Charlie terlibat dalam setiap adegan-adegan 'besar', tapi rasanya greget karakter Charlie tidak muncul sekuat kisahnya waktu di buku 'Charlie dan Pabrik Cokelat'. Mungkin memang ada pergeseran dominasi karakter, karena ini sifatnya lebih 'imajinatif', maka penulis menggunakan tokoh Mr. Wonka yang lebih punya kekuasaan dan keajaiban-keajaiban yang bisa lebih 'logis' untuk dimunculkan tiba-tiba. Eh tapi itu hanya pendapat saya semata loh.


 Imajinasi Dahl di buku ini, yang aslinya ditulis pada tahun 1973 sudah mengemukakan ide tentang hotel luar angkasa, keren ya? Bukan berarti itu adalah hal yang mustahil, sebab bagi orang yang cerdas, imajinasi itu sangat dibutuhkan untuk menemukan ide-ide baru yang brilian, meski mungkin susah diterima nalar secara langsung. Kalimat-kalimat yang digunakan Dahl dalam cerita juga sederhana dan tidak membosankan untuk dinikmati. Ditambah ilustrasi-ilustrasi menarik di dalam buku ini akan membuat Anda benar-benar merasa ikut dalam petualngan Charlie bersama Mr. Wonka. 

Jadi bila Anda ingin membaca buku fiksi yang sangat imajinatif, saya akan menyarankan Anda membaca buku-buku karya Roald Dahl!! :D


3 komentar on "Charlie and the Great Glass Elevator"
  1. yeay, aku juga review dahl hari ini =) beneeeer keren banget si dahl. aku belum baca nih yg ini, mau ahhh masuk antrian pastinya.

    BalasHapus
  2. Dahl memang kayaknya merajai banget dunia fantasinya anak-anak :D

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,