Maret 05, 2012

The Girl With The Dragon Tattoo

Mikael Blomkvist, salah satu pemilik Majalah Millenium, harus menerima dengan pahit vonis penjara dan denda yang ditimpakan kepadanya atas tuduhan pencemaran nama baik terhadap seorang pengusaha bernama Hans-Erik Wennerström. Di tengah-tengah kekacauan hidupnya, ia ditawari pekerjaan oleh seorang miliuner bernama Henrik Vanger untuk melakukan pekerjaan yang sama sekali bukan keahliannya, yaitu menemukan cerita sebenarnya dari peristiwa menghilangnya sang keponakan, Harriet Vanger. 


Harriet Vanger menghilang sejak 40 tahun yang lalu, semenjak itu tak ada pendekatan sama sekali dari penyelidikan yang dilakukan polisi maupun oleh Henrik Vanger sendiri yang mampu mengungkap misteri bagaimana peristiwa hilangnya Harriet. Semenjak itu pula seluruh keluarga menjatuhkan pilihan terburuk bagi gadis malang itu, ia pasti telah mati sebab pencarian akan dirinya tidak pernah membuahkan hasil.

Tugas Mikael adalah menemukan apa-apa yang sekiranya terlewatkan dari penyelidikan yang telah dilakukan puluhan tahun tersebut. Dalam jangka kontrak satu tahun, ia akan berurusan dengan segala hal mengenai Dinasti Vanger yang ternyata tidak sebaik yang dilihat orang dari luar. Berbagai fakta-fakta mengejutkan membuat Mikael harus memperkerjakan seorang asisten untuk menggali lebih dalam apa-apa yang tersembunyi di keluarga Vanger. Inilah yang mengantarkan Mikael bertemu dengan Lisbeth Salander.

Salander adalah seorang gadis punk asosial yang sering disepelekan orang karena tampilan fisiknya. Kurus, kecil, terlalu banyak tato dan tindikan di wajahnya membuat gadis ini sering diabaikan dunia luar, padahal ia adalah seorang gadis yang jenius. Dengan kepiawaiannya, ia membantu Mikael mengungkap apa yang perlu diungkap dan mereka ulang sejarah hilangnya Harriet. Diwarnai konflik yang luar biasa dan beberapa adegan yang mengejutkan, membuat saya paham mengapa banyak orang yang begitu terpesona akan novel yang satu ini.

Pada awalnya saya cukup dibuat bosan dengan dijejali banyak fakta kapitalis liberalis yang disampaikan di awal cerita. Sempat juga ragu bagaimana bisa rating novel ini tinggi di Goodreads kalau yang ditampilkan hanya fakta-fakta keuangan dan politik main uang yang diceritakan? Jadi pasti ada sesuatu yang membuat mereka mau memberikan nilai tinggi untuk buku ini. Kesabaran saya itu terbayar begitu masuk ke konflik yang mulai bergemuruh di pertengahan cerita. Kesabaran saya melahap informasi-informasi yang tadinya hampir saya abaikan itu ternyata berujung pada sebuah kasus yang sebenarnya jauh digali lebih dalam oleh Sang Penulis. Alur yang mulai cepat dan adegan-adegan yang sebelumnya tidak terbayangkan hadir di buku ini mulai muncul sehingga membuat saya semakin penasaran bagaimana cerita ini berakhir.

Novel ini (dalam bahasa aslinya) telah mendapatkan penghargaan best crime novel of the year dari Sweden’s Glass Key Awards tahun 2006, Boeke Prize pada tahun 2008, dan Galaxy British Book Awards untuk Books Direct Crime Thriller of the Year pada tahun 2009. Novel dengan judul Asli “Man Who hate Women” ini pada 3 Juni 2011, telah terjual sebanyak lebih dari 15 juta copies di Amerika Serikat. Novel ini juga telah diadaptasi ke Film baik dalam versi Swedia maupun versi Hollywood. Anda bisa berkunjung ke webnya di http://www.dragontattoo.com/ . Meski Sang Penulis novel ini telah meninggal, tapi ia telah menyumbangkan karya yang fenomenal di sejarah crime novel dunia.


Jangan khawatir dengan tebalnya buku, sebab jika Anda sudah sampai di lembar terakhir, bukan tidak mungkin Anda malah akan menyesal mengapa buku ini kurang tebal. Selamat membaca!

Judul Buku : The Girl With The Dragon Tattoo
Penulis : Stieg Larsson
Penerjemah : Nurul Agustina
Penerbit : Qanita
Cetakan I (Edisi Baru) : Desember 2011
ISBN : 978-602-9225-34-1



// Lomba Estafet Review Buku //
Buku ini dapat kamu peroleh di Toko Buku Online Bookoopedia.com | FB bookoopedia | Twitter @bookoopedia
http://www.bookoopedia.com/id/book/id-57018/the-girl-with-the-dragon-tattoo.html

So, selanjutnya aku menyerahkan tongkat estafet ini kepada temanku, di blognya:
Ayo tulis review di blogmu, siapa tau ntar kamu yang menang lho! http://www.bookoopedia.com/id/berita/id-88/lomba-estafet-review-buku.html
1 komentar on "The Girl With The Dragon Tattoo"

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,