Mei 31, 2013

Fiksi Lotus (Kumpulan Cerita Pendek Klasik Dunia) Vol.1


Judul Buku :  Fiksi Lotus (Kumpulan Cerita Pendek Klasik Dunia) Vol.1
Penerjemah : Maggie Tiojakin
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan Pertama : April 2012
Tebal : 184 halaman, paperback
ISBN : 978-979-22-8353-2




Cerita klasik adalah cerita yang tidak kenal batasan waktu (Maggie Tiojakin, Fiksi Lotus Hal viii). Tetapi karya klasik terkadang menjadi momok bacaan yang cukup menakutkan bagi sebagian besar orang. Bukan karena isi ceritanya, tetapi lebih sering karena bahasa yang dipakai untuk menuturkan-lah yang cukup njelimet sampai kadang membuat pembaca lelah.

Mungkin itu yang mendasari Maggi Tiojakin begitu ingin mengenalkan karya klasik yang sederhana bagi para pembaca. Tentu selain alasan bahwa masih ada banyak karya klasik yang berupa cerpen yang belum diterjemahkan ke Bahasa Indonesia sehingga cukup sedikit yang mengetahui siapa saja Tokoh-Tokoh sastra klasik Dunia.

Melalui Fiksi Lotus Volume pertama, kita akan diajak mengapung, melayang hingga tenggelam dalam keunikan karya klasik. Ada 14 cerita pendek dalam buku ini yang masing-masing ditulis oleh seorang sastrawan klasik dunia yang bukan tidak mungkin namanya baru Anda kenal beberapa di buku ini.

Teka-teki adalah cerita pembuka pertama buku ini. Ditulis oleh Walter De La Mare, bercerita tentang kisah para cucu yang tinggal di rumah Neneknya. Rumah tua itu memiliki satu ruangan yang terlarang untuk dimasuki. Pesan moral cerita ini buat saya, bahwa terkadang menaati pesan orang yang lebih tua bisa menyelamatkanmu dari bahaya.

Cerita kedua adalah Ramuan Cinta yang ditulis oleh John Collier, sastrawan asal Inggris. Bercerita tentang seorang lelaki yang berniat membeli ramuan cinta untuk kekasih idamannya. Ada banyak jalan pintas menuju keberhasilan, tetapi tentu saja harga yang harus dibayar tanpa kita sadari sebenarnya sangat mahal.
 
Bjornstjerne Bjornson

Sang Ayah adalah cerita ketiga yaitu dari Bjornstjerne Bjornson, sastrawan yang pernah memenangkan Nobel Sastra tahun 1903. Tentang seorang Ayah yang seringkali menjadi perwakilan kisah dari apa yang dilakukan orang tua untuk anak-anaknya. Hingga akhirnya Sang Anak memberikan pelajaran berharga untuk orang tuanya, meski itu yang terakhir kalinya.




Pemberian Sang Magi dari O. Henry adalah cerita keempat di buku ini. Seperti cirri khas kisah-kisahnya, kali ini ia menceritakan sepasang suami isteri, kado natal dan harta berharga dalam twist ending yang menghanyutkan.

Menembus Batas karya Saki adalah cerita yang saya suka di buku ini. Bagaimana kisah dua orang yang berseteru dari lahir sampai dewasa, sampai turun – temurun ke anak-anaknya. Meski endingnya sempat membahagiakan, tak urung saya tersenyum kecut membaca paragraf penutup kisahnya.

Meski sejauh ini ada cerita-cerita yang gampang dinikmati, tetapi Sang Komandan milik Stephen Crane masih sulit saya ambil inti dan maksud moral ceritanya.

Ernest Hemingway

Siapa yang tak tahu Ernest Hemingway? Kali ini dia hadir dalam kisah para pelayan café dalam kisah Persinggahan Malam. Di cerita ini ia menggambarkan bagaimana pandangan dua orang yang memiliki usia dan pengalaman beda juga memandang cara hidup di dunia ini dengan berbeda pula.




Gegap Gempita milik Anton Chekov menjadi kisah selanjutnya di buku ini. Cerita klasik tak perlu selalu serius, sebab kali ini kita akan dihibur oleh Mitya Kuldarov dengan kelucuannya dalam membaca sebuah berita di Koran dari sudut pandang yang lain.

Charles milik Shirley Jackson adalah kisah yang unik menurut saya, meskipun sebenarnya sudah bisa ditebak endingnya. Tentang seorang bocah lelaki yang baru masuk sekolah TK dan memiliki teman yang super nakal bernama Charles.

Dering Telepon dari Dorothy Parker membuat saya tersenyum-senyum saat membaca. Bukan, bukan karena cerita komedi, tapi kisah ini benar-benar pernah saya rasakan saat masih berpacaran dulu. Tentang seorang gadis yang menunggu telepon dari cowok pujannya. Ya, jatuh cinta memang membuat yang dulu begitu menawan malah sekarang menjadi agak konyol jika dipikir-pikir lagi.

Berikutnya masih ada Pesan Sang Kaisar (Franz Kafka), Republick (Naguib Mahfouz) dan Menjelang Fajar (Jean-Paul Sartre) yang bisa Anda nikmati di buku ini.

W. Somerset Maugham
Sebagai kisah penutup adalah kisah lainnya yang saya suka dengan judul Kalung Mutiara karya W. Somerset Maugham. Penulis asal Inggris ini bercerita tentang kalung mutiara yang dikenakan seorang pelayan wanita saat diundang makan malam di rumah majikannya. Cerita yang berpotensi menjadi cerita detektif ini memiliki keunikan karena ia cerita di dalam rangkaian cerita yang dikisahkan seseorang.



Buat saya, cerpen adalah cara yang mudah menikmati sebuah bacaan. Meski terkadang ada juga cerpen yang membuat saya pusing memikirkan apa inti ceritanya seperti dalam kasus buku ini adalah pada kisah Sang Komandan dan Menjelang Fajar. Cerita kedua ini malah menghabiskan cukup banyak halaman sehingga membuat saya agak capek juga menikmatinya.

Menulis cerpen jauh lebih susah dari yang dulu pernah saya bayangkan. Penulisnya harus mahir memilih-memadatkan-mengakhiri sebuah kisah dengan kesan dan cirri khasnya yang unik. Demikian pula yang ada di buku ini, semua penulisnya seakan memiliki sidik cerita yang membedakan gaya kisahnya antara satu dengan yang lain.

Untuk Volume satu ini, saya rasa 4 bintang layak disematkan karena membuat saya jauh lebih mudah menikmati sebuah karya sastra klasik :)


Posting ini dalam rangka Baca Bareng BBI dengan tema Kumcer :)

7 komentar on "Fiksi Lotus (Kumpulan Cerita Pendek Klasik Dunia) Vol.1"
  1. dulu ak pernah baca kumcer terbitan serambi yg pinjem kamu itu g selesai, haha. mungkin ak cocok dg klasik kalau ceritanya dark atau romance :)

    BalasHapus
  2. wah pingin baca deeh kalo 4 bintang

    BalasHapus
  3. ya di cerpen si penulis mmg harus pintar2 ngembangin karakter dan cerita dalam ruang yg sempit ya, gak seleluasa di novel. kadang aku takjub juga nemu cerita pendek yg membekas.

    blm baca buku ini sih, kadang2 aja baca cerpen2 terjemahan maggie di site fiksi lotus.

    BalasHapus
  4. Thx sdh ikutan giveaway challenge di blogku mbak Vina, reviewnya singkat-padat-dan menarik. Smg bisa menang ya :D and keep on writing & reading.

    BalasHapus
  5. @ peri hutan : haiah XD

    @ Mas Tezar : ayo baca Mas. harganya jg ga terlalu mahal kok.
    @ Mei ; wah aku malah baru dua kali berkunjung ke situs fiksi lotus. heheh

    @ Hobby buku ; yeaa.. terima kasih Mbak. :) *semoga menang

    BalasHapus
  6. pingin baca deh...sering baca reviewnya tapi belum baca bukunya...terjemahannya keren ya kayaknya.

    BalasHapus
  7. wah 4 bintang, sepertinya layak dibaca nih

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,