Januari 07, 2014

Gelombang 5 (The 5th Wave)



Judul Buku : Gelombang 5 (The 5th Wave)
Penulis : Rick Yancey
Alih Bahasa : Angelic Zaizai
Editor : Barokah Ruziati
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan Pertama : Desember 2013
Tebal : 576 halaman, paperback
ISBN : 978-979-22-9115-5



Kedatangan : Pesawat induk seukuran Manhattan berada pada jarak kurang lebih 400 km di atas bumi

Gelombang 1 : EMP - Denyut Elektromagnetik masif menembus atmosfer tepat setelah 10 hari kedatangan. Setengah juta manusia tewas.

Gelombang 2 : Tsunami - Tiga miliar manusia tewas

Gelombang 3 : Wabah Darah. Wabah Sampar. 97% dari empat miliar (jumlah penduduk bumi) tewas

Gelombang 4 : Peredam

 
Cassie Sullivan hampir mati dalam perjalanannya menemui adiknya, Sam, di Kamp Haven. Gadis itu terluka, terpuruk dalam sebuah mobil yang tak lagi berfungsi, dengan suhu amat dingin di luar, salju yang menumpuk. Bahkan mungkin dia berharap untuk mati, agar ia punya alasan untuk tidak menepati janjinya kepada Sam. Setidaknya alasan itu bisa diceritakannya nanti di akhirat, bersamaan dengan berkumpulnya kembali keluarga kecil mereka. Mom yang mati karena wabah, Dad yang dibunuh 'mereka' , para alien yang benar-benar ingin menguasai bumi dan melenyapkan manusianya, serta Sam, bocah lima tahun yang dibawa sekelompok prajurit ke Kamp Haven, yang katanya tempat paling aman di seluruh muka bumi, saat itu.

Tapi Cassie diselamatkan oleh Evan Walker, seorang remaja lelaki misterius yang juga kehilangan adiknya. Meninggal, wabah Sampar. Setelah diselamatkan, Cassie mulai ragu. Ada aturan yang ia ingat kuat-kuat setelah Gelombang 4 datang.


Aturan pertama : Jangan percaya siapa pun
Aturan kedua : Satu-satunya cara bertahan adalah dengan tetap sendirian.

Evan mengacaukan segalanya, dan Cassie tahu itu. Tapi kondisi Cassie amat lemah setelah ia ditembak oleh Peredam dan meringkuk hampir kehilangan nyawa, kedinginan bersembunyi di jok mobil. Sekarang jika ia meninggalkan Evan, berarti Cassie akan kehilangan kehangatan rumah sesaatnya. Ya, Evan membawa gadis itu tinggal di rumahnya, diobati bahkan diajari menggunakan senapan dengan jitu.

Jika saja Cassie hilang ingatan, pasti ia akan memilih tinggal nyaman di tempat barunya. Tapi ia masih memegang janji kepada Sam, ia harus pergi menemui dan menjemput Sam dengan resiko yang selama ini membayanginya. Hidup atau mati. Cassie yang mulai membaik perlahan mencium kejanggalan pada diri Evan, sesuatu yang membuat insting bertahan hidupnya kembali. Siapa Evan sebenarnya? Mengapa ia menyembuhkan dan melindungi Cassie ? Atau jangan-jangan Evan adalah salah satu dari Peredam? Tapi jika itu benar, lalu mengapa ia masih belum membunuh Cassie?

Apa kau tahu cara memastikan siapa musuhmu, Cassie? - Hal. 122

Jika saja para makhluk lain itu tidak datang ke bumi, tidak tergoda dengan keindahan bumi atau memusnahkan umat manusia. Jika dan jika saja....

Sementara Cassie  memikirkan rencananya menyelamatkan Sam, kondisi di Kamp Haven tidak jauh lebih baik. Banyak anak-anak di sana yang terselamatkan dilatih, ditempa menjadi prajurit-prajurit tangguh. Merekalah yang akan menjadi garda terdepan penyelamatan umat manusia. Mereka, anak-anak dengan usia tak lebih dari 14 tahun, bahkan ada yang berumur 5 tahun. Tapi mengapa anak-anak yang mereka pilih untuk dilatih?


Mendebarkan. itu kesan akhir saya setelah membaca buku ini. Bahkan rasa penasaran muncul, bagaimana kisah Cassie selanjutnya?

Sewaktu membaca sinopsis buku ini, saya sudah kepincut, ditambah covernya yang misterius. sejujurnya saya sempat putus asa membaca novel ini di awalnya. Alurnya lambat, efek perangnya kurang terasa, malah lebih ke drama. Tapi lewat separuh buku, mulai banyak konflik yang muncul, tokoh misterius dan strategi bertahan yang luar biasa. 

Cassie adalah sosok gadis yang biasa-biasa saja, tetapi dalam buku ini melalui kilas balik, diceritakan perkembangan pribadinya menjadi gadis tangguh dan bertahan. Ibu yang meninggal, disusul kematian Sang Ayah serta Adik yang dibawa oleh orang asing mungkin secara langsung mengubah psikologis Cassie menjadi sosok yang keras. Ia tidak mudah percaya kepada orang lain, meski dorongan emosi khas anak belasan tahun kadang masih sering meluapinya tapi dia selalu meredamnya. Ia juga seorang yang amat menyayangi keluarganya, ini terlihat dari berulang kali ia menjaga boneka beruang Sammy dan membawanya ke manapun ia pergi. Ia juga sering membicarakan tentang kematian Ibunya atau sikap Ayahnya dulu sebelum kedatangan. Seakan dengan demikian ia bisa mengenang kebahagiaan hidupnya yang dulu.

Gambaran di buku ini mengingatkan saya akan film seri Revolution yang dulu pernah saya tonton di Fox, EMP, kata kuncinya, membuat saya bisa membayangkan seperti apa suasana dalam latar cerita Gelombang 5. Buku ini juga memiliki latar cerita seperti TheRoad milik Cormac McCarthy, dengan dunia pasca musibah dan seorang Ayah yang melindungi anaknya untuk dapat berkumpul dengan manusia yang tersisa lainnya di dunia. Yang membedakan jelas tentang alien, unsur unik pertama yang ada di dalam Gelombang 5. Sejauh ini baru buku inilah yang memaksa saya menelan pil pahit tentang alien (yang ternyata memiliki kecerdasan luar biasa dan ambisi maksimal untuk melenyapkan manusia) apalagi menjadikan alien sebagai penyebab 'musibah' untuk kemudian menjadikan dunia setelah itu sebagai latar cerita.

Pesan saya saat membaca buku ini sih, sabar saja, pada saatnya nanti, kalian juga akan menemukan letak keseruannya. Dan mungkin kalian bernasib tak lebih baik dari saya, berharap-harap cemas menunggu buku keduanya. :p

p.s. Terima kasih untuk Mba Dini atas kiriman bukunya. Sukaaaa








8 komentar on "Gelombang 5 (The 5th Wave)"
  1. Ini buku pertama apa sebelumnya ada prekuel nya ya? :D makasih

    BalasHapus
  2. iyaa ini buku pertama, setahuk sih. :) tapi berseriii, masih ada lanjutannya x_x

    BalasHapus
  3. Ada yang tau gak yang serie 2 keluarnya kapa??
    penasaran sama lanjutannya, sama evan nya juga...

    BalasHapus
  4. penasaran sama si ringer dan si zombie..hehehe.....

    BalasHapus
  5. Seri keduanya the infinite sea kalo gak salab

    BalasHapus
  6. iyaa seri keduanya sudah diterbitkan gramedia, judulnya infinite sea :D

    BalasHapus
  7. asli filmnya bukan main serunya>

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,