Slide Show

Juli 25, 2014

Wonder





Judul Buku : Wonder
Penulis : RJ. Palacio
Penerjemah : Harisa Permatasari
Penyunting : Ida Wajdi
Penerbit : Atria
Tebal : 430 halaman, paperback
Cetakan pertama : September 2012
ISBN : 978-979-024-508-2

Lucu juga kalau mengingat kadang kadang kau sangat mengkhawatirkan sesuatu dan ternyata tak ada yang perlu kaukhawatirkan -292

Sebelum seorang bayi lahir ke dunia, menurutmu, apakah mereka mengambil lotere? Sebuah undian yang  menentukan seperti apa fisik mereka kelak di dunia.

August Pullman lahir dengan fisik yang tidak sempurna, bahkan jauh dari sempurna. Ia menderita kelainan Mandibulofacial Dysostosis, sebuah kondisi rumit yang membuat wajahnya tampak tidak biasa. Selama ini ia sekolah di rumah, dibimbing oleh ibunya. Tetapi begitu usianya telah cukup untuk masuk ke kelas lima, orang tuanya mendaftarkan Auggie untuk masuk ke sekolah umum Beecher Prep. Awalnya Auggie menolak, ia akan sangat ketakutan berada di lingkungan asing, apalagi dengan kondisi fisiknya yang 'berbeda'. Tapi kemudian Auggie mengiyakan untuk memulai sekolahnya.
Juli 24, 2014

An Abundance of Katherines (Tentang Katherine)







Judul Buku : An Abundance of Katherines (Tentang Katherine)
Penulis : John Green
Alih Bahasa : Poppy D. Chusfani
Editor : Barokah Ruziati
Penerbit : Gramedia Pusataka Utama
Cetakan Pertama : Juni 2014
Tebal : 320 halaman, paperback
ISBN : 978-602-03-0527-1

Kau bisa sangat mencintai seseorang, pikirnya. Tapi kau tidak bisa mencintai sebesar kau merindukan mereka. -152

Pernah nggak sih kalian diputusin pacar? Atau malah kalian yang mutusin hubungan? Nah, Colin Singleton adalah anak laki-laki yang sudah 19 kali dicampakkan oleh perempuan. Istimewanya, semua mantannya itu bernama Katherine, yah ada Katherine I sampai dengan IX.

Suatu ketika, setelah diputuskan oleh Katherine IX, Colin benar benar sakit hati. Istilah gaulnya, nggak bisa move on. Maka Hassan, satu satunya teman sekaligus sahabat Colin, mengajak anak itu untuk berpetualang. Pergi dari rumah tanpa tujuan, ke manapun asalkan Colin melupakan kesedihan karena Katherine.

Di tengah perjalanan, mereka menemukan sebuah tanda bahwa ada makam Archduke Ferdinand di suatu kota bernama Gutshot. Inget sejarah? Ferdinand ini yang menyebabkan meletusnya perang dunia I. Karena Colin penasaran, dan daripada mereka berkelana tanpa tujuan, maka mereka berdua memutuskan pergi ke kota itu.

Di Gutshot, setelah mendapatkan tur dari seorang anak perempuan bernama Lindsey, mereka bertemu dengan Hollis yang adalah Ibunya Lindsey. Hollis ternyata mengenal Colin dan menawarkan pekerjaan bertarif tinggi untuk mereka. Tujuannya untuk menuliskan sejarah dari kota Gutshot melalui cerita para penduduknya. Yah daripada berkelana tanpa tujuan, maka mereka berdua menyetujui tugas tersebut.

Sementara mereka berkerja, Colin, yang seorang jenius mencoba membuat persamaan matematika yang bisa meramalkan masa depan sebuah percintaan. Tujuannya agar mengurangi jumlah 'para tercampak' dan mungkin memberi mereka waktu untuk sadar berapa hari yang mereka lalui dalam kebahagiaan sebelum mereka dicampakkan.

Juli 22, 2014

Syren




Judul Buku : Syren
Penulis : Angie Sage
Penerjemah : Febry E.S
Penerbit : Matahati
Cetakan Pertama : Desember 2011
Tebal : 624 halaman, paperback

Septimus pergi menjemput Jenna, Nicko, Beetle dan Snori di pelabuhan nomor tiga. Perjalanan ke sana ditempuhnya dengan menunggangi Spit Fyre dengan perasaan gembira karena akan berkumpul lagi. Sayangnya, sesampai di pelabuhan dua belas (iya, Jen membuat Septimus harus menyusuri pelabuhan dari nomor tiga sampai dua belas), anak anak itu tidak mau pulang naik Spit Fyre. Mereka lebih suka naik perahu milik Milo, ayah Jenna. Yah pada akhirnya hanya Jenna dan Beetle yang berhasil diajak Septimus menunggangi Spit Fyre. Di tengah perjalanan, mereka terkena badai besar yang menghempaskan mereka ke sebuah pulau misterius. Selama di pulau itu Spit Fyre terbaring lemah karena ekornya tersambar petir saat badai, sedangkan Septimus bertemu dengan Syrah,murid Penyihir Luar Biasa dari 500 tahun lalu. Apakah Syrah hantu?

Sementara itu, Lucy dan Bocah Serigala terjebak dalam kapal bersama Kapten Fry yang kejam. Kapten itu memiliki rencana jahat yang diam diam mengancam keselamatan Istana dan berhubungan dengan Kuasa Jahat.

Bagaimana Septimus keluar dari Pulau misterius tersebut? Dan apa yang sebenarnya direncanakan Kapten Fry?
Juli 21, 2014

KATARSIS






Judul : KATARSIS
Penulis : Anastasia Aemilia
Editor : Hetih Rusli
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan I : April 2013
Tebal : 264 hlm, ebook (getscoop.com)

Tara Johandi adalah salah satu korban yang selamat dari pembantaian di rumah keluarga Johandi. Ayah dan Bibinya meninggal dengan mengenaskan, sedangkan pamannya sekarat di bangsal rumah sakit, sementara sepupunya hilang sejak berhari hari yang lalu. Tara ditemukan polisi sedang terkurung di dalam kotak perkakas dengan kondisi luka luka. Yang lebih parah adalah psikologisnya yang terlihat sangat tertekan. Karena itu dia kemudian dirawat di rumah sakit jiwa didampingi Dr. Alfons, psikiater yang ternyata sudah mengurus Tara sejak sebelum tragedi itu terjadi. Tara memiliki gangguan psikologis yang mulai mengganggu keluarga besarnya.

Saat kondisi Tara semakin membaik, pembunuhan pembunuhan misterius makin merajalela di Bandung, kota tempat tinggalnya. Semua mayat dimasukkan ke dalam kotak perkakas yang berbentuk sama dengan kotak tempat Tara disekap. Ada apa sebenarnya hubungan kotak-kotak itu dengan Tara? Siapa dalang pembunuhan keluarga Johandi sebenarnya?

Wah, ternyata benar kata teman-teman, ini novel psikothriller yang keren. Karakter Tara dibangun dengan apik, termasuk gejala psikologisnya yang agak menakutkan itu. Selain diceritakan dengan dua sudut pandang berbeda, juga dengan alur bolak balik yang pas. Kita dibuat penasaran secara bersamaan, tentang tragedi yang dialami Tara juga tentang kasus kotak perkakas yang muncul setelah Tara sembuh.

Sayangnya karakter dari dua pencerita ini kurang bisa terbedakan dalam cara penceritaannya. Seakan akan hanya diceritakan oleh satu orang saja. Pembedanya hanya kita ketahui lewat orang orang yang berdialog dengannya. (Bingung nyeritain tanpa spoiler)

HAHAHHAHA

Alurnya yang cepat serta konflik mengejutkan yang kadang datang tanpa diduga, membuat saya merekomendasikan buku ini bagi para pencinta thriller. Lima bintang untuk katarsis.

"Apa aku jahat? Mungkin. Apa aku tidak punya sisi baik? Kau yang memutuskan." -80
Juli 17, 2014

Sabtu Bersama Bapak






Satya, Cakra dan Bu Itje mungkin salah satu keluarga yang bahagia meski telah ditinggal pergi Pak Gunawan, ayah terbaik dan suami tersayang. Setelah meninggal karena kanker, Pak Gunawan meninggalkan ratusan video untuk diputar kelak bagi Satya dan Cakra, agar mereka tetap tumbuh diiringi petuah petuah Sang ayah. 

Setelah bertahun tahun kemudian, Satya telah membina keluarga dan tinggal di Denmark bersama Rissa, istrinya, dan tiga anak lelakinya.  Sayangnya, Satya bukan tipe bapak yang ramah. Berkerja di industri 
minyak membuatnya harus berada jauh di tengah laut lepas , dan setiap kali ia menelepon ke rumah, ia selalu merasa ada yang tak beres dengan keluarganya. Demikian pula saat ia pulang ke rumah. Ruang tamu yang berantakan, masakan istri yang nggak enak, anak anak yang selalu dirasa tidak pintar.
Juli 11, 2014

Pengumuman Pemenang [Blog Tour] Girls In The Dark Giveaway


Halooo,
tak terasa udah seminggu sejak posting pertama saya tentang Girls in The Dark. Dan nggak nyangka banyak banget yang ikutan Giveaway ini. sampai 86 orang!!

Rasanya sedih karena cuma bisa milih dua. T_T

Tapi jangan khawatir, Blog Tour masih berjalan dan masih ada blog lain yang menyelenggarakan Giveaway. Semoga kalian ada yang 'kecantol' jadi pemenang di Blog tersebut ya..

Terima kasih kepada Penerbit Haru yang telah memberi kesempatan dan kepercayaan buat saya menjadi salah satu host di Blog Tour ini.

Juli 06, 2014

Ngobrol-ngobrol tentang Copyrights Girls in the Dark




Hai-hai, kali ini saya mau sedikit berbagi hasil obrolan saya dengan pihak Penerbit Haru yang khusus mengurus copyright untuk novel Girls in the Dark yang sedang dikupas habis di  #BlogTour
Simak yuk, wawancara kami :D

Juli 03, 2014

[Blog Tour] Girls in the Dark





Kalau kemarin-kemarin kalian sudah mendapati blurb dan Imaginary Cast dari Girls in The Dark, maka kali ini saya akan menceritakan sedikit tentang buku ini


Kematian Itsumi, Sang ketua Klub Sastra, membuat gempar SMA Putri Santa Maria.

Bayangkan saja, seorang gadis terkenal dan menjadi kebanggaan Yayasan, putri seorang konglomerat, meninggal di usia muda. Tragis bukan? Yang lebih misterius lagi, ia bunuh diri jatuh dari balkon bangunan Klub Sastra. Tunggu, benarkah dia bunuh diri? Sebab simpang siur terdengar bahwa Itsumi dibunuh oleh sahabatnya, seseorang dari Klub Sastranya sendiri. 

Maka untuk memperingati Kehidupan dan kematian gadis itu, sebuah acara Yami-Nabe yang memang rutin digelar, kali ini difokuskan untuk membahas tentang tragedi meninggalnya Itsumi.

Yami-Nabe adalah sebuah acara di mana dalam ruangan yang temaram, masing masing anggota Klub Sastra akan membacakan naskah tulisannya sendiri sementara anggota yang lain mendengarkan sambil menyantap bahan makanan yang misterius. Misteri karena tidak seorang pun tahu bahan makanan apa yang dibawa dan siapa yang membawanya, tapi mereka harus menghabiskan bahan makanan tersebut.

Saat gelap, semua indera menjadi lebih sensitif, maka itu pembacaan naskah menjadi lebih mengena. Sayangnya, ketika satu persatu anggota Klub Sastra membacakan karya mereka, ada banyak kejanggalan yang muncul di sana sini. Bukti- bukti saling tumpang tindih, semakin mencekam dan membuat penasaran. Apa yang sebenarnya terjadi dengan Itsumi? Dan siapa orang yang membunuhnya?

Juli 01, 2014

Whisper (Riley Bloom 4)






Judul Buku : Whisper (Riley Bloom 4)
Penulis : Alyson Noel
Penerjemah : Reni Indardini
Penerbit : Mizan Fantasi
Cetakan Pertama : Juli 2013
Tebal : 198 halaman, paperback
ISBN : 978-979-433-777-6

Terkadang kau harus nekat -mengabaikan hal yang kau lihat di depan mata, juga ucapan orang - dan justru menelisik kebenaran yang sudah kau ketahui di lubuk hatimu :130

Setelah kejadian di buku tiga, Riley kemudian ditugaskan Dewan dalam sebuah pekerjaan menyeberangkan yang lebih menantang daripada yang pernah ia lakukan sebelumnya. Celakanya, kali ini pekerjaan tersebut benar-benar menantang, arwah yang harus ia seberangkan adalah gladiator bernama Theocoles. Lelaki ini sudah ratusan tahun menghantui amfiteater di Roma, dan sudah banyak Penyeberang Jiwa yang gagal dalam misi tersebut. Theocoles adalah gladiator paling perkasa, seorang jawara yang dijuluki Tonggak Petaka, bagaimana mungkin Riley yang seorang anak kecil kerempeng bisa menyeberangkan seorang gladiator? Apalagi tugas ini hanya boleh dilakukan sendiri, Riley tidak boleh ditemani Bodhi ataupun Buttercup.