Slide Show

Februari 27, 2015

All the Light We Cannot See






Judul Buku :  All the Light We Cannot See
Penulis : Anthony Doerr
Tebal : 544 halaman
ISBN : 9781476746609
Awards : National Book Award Nominee for Fiction (2014), Goodreads Choice Awards (2014), ALA Alex Award (2015)


Only through the hottest fires, whispers the radio, can purification be achieved. Only through the harshest tests can God’s chosen rise.


Marie-Laure tiba tiba mengalami kebutaan, kongenital katarak dan tak dapat disembuhkan, vonis dokter. Gadis kecil yang telah kehilangan ibunya itu jadi semakin lekat dengan ayahnya yang seorang pegawai di Natural history Museum di Paris. Sang Ayah bertugas memegang kunci dari seluruh pintu yang ada di museum tersebut, sehingga setiap pagi hari, ia selalu sudah harus siap di ruangannya untuk menyalurkan kunci kunci kepada karyawan karyawan lain di berbagai divisi. Sambil menunggu Sang ayah bekerja, Marie Laure biasanya pergi ke berbagai ruang di museum yang sudah seperti rumah keduanya tersebut. Mulai dari taman sampai ke ruangan para kurator, ia gemar menanyakan banyak hal dan mencari tahu hal baru meskipun penglihatannya tak dapat digunakan. Ia mulai belajar menajamkan indera indera lainnya, lewat sentuhan ia mempelajari bentuk, lewat pendengaran ia mempelajari perbedaan suara. Sang ayah juga mendidik anaknya dengan kasih sayang dan mengajarkan kemandirian. Ia membuat miniatur kota lengkap dengan presisinya, sehingga Marie dapat belajar menjelajahi kota tanpa bantuan orang lain. Hal ini sulit dilakukan di awal, tetapi kelamaan Marie mulai mengerti mengenai detail dan berani melakukannya.

Suatu hari, sang ayah diberi tugas untuk menyimpan sebuah batu antik milik museum. Sebenarnya ada 4 orang yang diberikan batu yang sama, 3 di antaranya memegang replika dan salah satunya memegang batu yang sebenarnya. Tidak ada yang tahu yang mana batu yang asli, semuanya harus berusaha menjaga batu yang mereka terima seakan akan itu batu asli. Batu itu terkenal akan kutukannya. Ia akan membiarkan orang yang memilikinya hidup abadi, tetapi orang orang disekitarnya, orang orang yang ia sayangi akan meninggalkannya satu demi satu. Marie dulu pernah mendengar kutukan ini dan berharap ayahnya jauh jauh dari batu tersebut, sehingga ketika sang ayah mendapat tugas tersebut, Sang ayah merahasiakannya dari Marie.
Februari 23, 2015

Bird Box




Judul Buku :  Bird Box
Penulis : Josh Malerman
Tebal : 272 halaman
ISBN : 9780062259653


They are monsters, Malorie thinks. But she knows they are more than this. They are infinity.


Apa yang ada di pikiranmu jika selama 4 tahun kamu tinggal di dalam kegelapan? Yah, tidak pernah sekalipun terlintas di pikiran Malorie bahwa ia akan tinggal selama 4 tahun lebih di dalam kegelapan, bahkan membesarkan anaknya pun di dalam kegelapan sementara di luar rumahnya matahari bersinar seperti biasa.

Semua ini diawali dengan tragedi tragedi yang muncul di beberapa negara, sampai akhirnya tragedi tersebut muncul di Amerika. Seseorang yang telah melihat "sesuatu" sudah bisa dipastikan ia nanti akan bunuh diri bahkan ada pula yang kemudian membunuh orang terdekatnya. Karena peristiwa ini, banyak orang ketakutan. Rumah rumah ditutup rapat, jemdela dilapisi berbagai macam barang agar kita tidak dapat melihat ke luar ke "sesuatu" tersebut. Sedikit demi sedikit kekacauan terjadi, sampai kemudian Malorie kehilangan orang orang terdekatnya, padahal ia sedang hamil meski belum menikah.

The Girl on The Train





Judul Buku : The Girl on The Train
Penulis : Paula Hawkins
Tebal : 269 halaman
ISBN : 9780698185395
 


Who was it said that following your heart is a good thing? It is pure egotism, a selfishness to conquer all


Saya tergoda membaca buku ini karena di sinopsisnya membawa bawa judul Gone Girl dan Before I Go To Sleep, dua novel yang saya suka karena endingnya bikin senewen. Jadi makin penasaranlah saya karena saya lihat review buku ini juga cukup bagus di Goodreads. Barangkali bakal masuk ke jajaran novel favorit saya tahun ini? Who knows?

Yaah, ternyata.... saya cukup terkejut membaca cerita di dalamnya.

Buku ini diceritakan dari tiga sudut pandang, Rachel yang baru saja bercerai, kehilangan pekerjaan dan alkoholik, Megan yang meski memiliki seorang suami penyayang tetapi tetap saja merasa hidupnya tak sempurna, serta Anna yang merupakan istri baru dari suami Rachel.

Cerita dimulai dari rutinitas yang biasa dilakukan Rachel setiap hari, berangkat pagi pura pura pergi kerja (ia tak mau teman seapartemennya tahu kalau ia sudah dipecat dari kantornya) naik kereta. Sambil menikmati pemandangan dari balik jendela, ia juga suka memberi karakter pada orang orang yang sering ia lihat dari balik jendela tersebut yang tinggal di rumah rumah dekat rel. Tapi ada satu rumah yang selalu ia sempatkan diri untuk mengamati setiap kali naik kereta. Pemilik rumah itu sepasang suami isteri, Rachel bahkan memberi nama sendiri kepada dua orang yang tak ia kenal itu, Jess dan Jason.
Februari 12, 2015

Love and The City





Judul Buku : Love and The City
Penulis : Moemoe Rizal, S. Chandra, Anggun Prameswari, Zelie Petronela dkk
Peerbit : By Pass
Tebal : 212 halaman, paperback
ISBN : 978-602-1667-05-7
Cetakan Pertama : Januari 2015


Daguku terangkat. Aku berjalan tegak. Semua orang menatap. Stiletto-ku berketuk ketuk sesuai dengan langkahku, mengalihkan pandangan siapa pun. (Misi Stiletto)


Bagaimana sih kisah cinta orang orang urban? Terutama mereka yang harus memilih antara karier dan cinta. Apa yang akan mereka pilih? Bagaimana kalau kamu yang diberi pilihan tersebut? Well, mungkin kalian harus membaca buku ini dulu, yang berisi 12 cerita pendek tentang kisah cinta mereka.

Meski ada 12 cerita, saya ngga akan mbongkar semua di sini. Hanya beberapa yang berkesan saja yang akan sedikit saya ceritakan kembali.

Salah satunya milik Anggun, yang berjudul Langkahan. Bercerita tentang seorang wanita karier yang harus melalui proses tersebut karena si adik akan menikah terlebih dulu. Langkahan ini sebuah tradisi di Jawa, tapi saya sudah jarang menemukannya, jadi ketika nemu cerita ini, wah pengetahuan saya jadi bertambah karena disebutkan detail acara dan kebutuhannya.
Februari 06, 2015

The Whispering Skull (Tengkorak berbisik) – Lockwood & Co. 2



Judul : The Whispering Skull (Tengkorak berbisik) – Lockwood & Co. 2
Penulis : Jonathan Stroud
Alih bahasa : Poppy D Chusfani
Editor : Primadonna Angela
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 488 halaman, paperback
Cetakan pertama : 2015
ISBN : 978-602-03-1012-1

Lockwood & Co. kembali lagi! Setelah 7 bulan berlalu dari pembicaraan Lucy dengan Si Tengkorak, kali ini mereka "berbincang-bincang" lagi. Padahal selama 7 bulan itu sudah hampir segala cara dilakukan George untuk membuat Si Tengkorak berbicara lagi, tapi selalu gagal.
Terus kenapa dia mau berbicara lagi?

Well, ini semua berhubungan dengan kasus baru yang ditangani Lockwood dan teman temannya, yaitu kasus dr. Bickerstaff.

Kuburannya ditemukan di sebuah tempat tersembunyi, dan ada hawa jahat kuat yang menguar dari sana. Karena itu para pembersih makam meminta Lockwood & Co. untuk mengamankan "sumber"nya. Ternyata saat melakukan tugas mereka, ada banyak kejanggalan yang muncul mengenai desas desus kematian dr. Bickerstaff. Termasuk pusaka aneh yang ada di dalam peti mati besinya. Keadaan makin kacau ketika seseorang mencuri pusaka tersebut dan melukai seorang penjaga makam. Barnes dari DEPRAC kemudian meminta bantuan para agen untuk menemukan pusaka itu.  Celakanya, pusaka tersebut bukan benda sembarangan. Kekuatannya yang jahat terasa amat besar dalam menggoda orang yang di sekitarnya.
Februari 04, 2015

Every Day




Judul Buku : Every Day
Penulis : David Levithan
Tebal : 322 halaman
ISBN : 9780307931887


The only way I can navigate through my life is because of the 98 percent that every life has in common


Bagaimana kalau kamu setiap hari bangun di tubuh yang berbeda? Well, kalau saya sih jelas ngga pernah terbayang hal itu. Sesekali emang kayaknya seru sih ya kalau bangun tidur eh .. terus menjadi orang lain. Tapi kalau tiap hari pindah pindah tubuh.. ngga deh ya.
Tapi begitulah yang dialami A, dia bangun setiap hari di tubuh orang yang berbeda selama hidupnya. Diitung itung sih kurang lebih dia udah 16 tahun, jadi udah lebih dari 5000 orang yang pernah ia singgahi dan tak pernah sekalpun ia bangun di tubuh orang yang sama, setiap hari selalu orang yang berbeda.

Salam,

Salam,