Slide Show

April 30, 2015

Rekap New Authors Reading Challenge 2015



Level : Middle (15-30 books)
Additional Category : Support Local Author, E-book Lover, Whats in a Name


  1. Aristotle and DanteDiscover the Secrets of The Universe -  Benjamin Alire Saénz (Jan)
  2. Sejoli - Wangi Mutiara Susilo (Jan)
  3. Speak - Laurie Halse Anderson (Jan)
  4. Juliet - Anne Fortier (Jan)
  5. Spellbound - Anna Dale ( Jan)
  6. Tell The Wolves I'm Home - Carol Rifka (Jan)
  7. Lost - Eve Shi (Jan)
  8. The Girl on The Train - Paula Hawkins (Feb)
  9.  Everyday - David Levithan (Feb)
  10. All The Light We Cannot See - Anthony Doerr ( Feb)
  11. Bird Box - Josh Malerman (Feb)
  12. Still Alice - Lisa Genova (Mar)
  13. Sine Qua Non - Marga T (Mar)
  14. Mosquitoland - David Arnold (Mar)
  15. Samantha's Secret - Shandy Tan (Apr) 
  16. The Golem and The Jinni- Helene Wecker (Apr)

April 29, 2015

The Golem and The Jinni – Sang Golem dan Sang Jin



Judul Buku : The Golem and The Jinni – Sang Golem dan Sang Jin
Penulis : Helene Wecker
Alih Bahasa : Lulu Fitri Rahman
Editor : Primadonna Angela
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan Pertama : 2015
Tebal : 664 halaman, paperback
ISBN : 978-602-03-1425-9

Dia bertanya-tanya, bagaimana dia bisa tiba di tempat ini?-37

Chava sendirian di dalam kapal yang tengah melaju menuju New York. Golem ini baru saja kehilangan Tuannya yang meninggal tiba tiba karena sakit. Padahal Chava pun baru saja dihidupkan, setelah sebelumnya disembunyikan di dalam peti bersama barang bawaan penumpang lainnya. Tersesat sendirian, tak tahu apa yang harus dilakukan, Chava akhirnya menginjakkan kaki di Amerika. Sebuah insiden mempertemukannya dengan Rabi Meyer, seorang guru yang mengetahui dengan jelas bahwa Chava adalah sebuah golem. Meyer kemudian membantu Chava, yang kini tak lagi memiliki Tuan, untuk beradaptasi di keramaian manusia, terutama agar Chava bisa menahan diri untuk tidak terus menerus berusaha mewujudkan keinginan orang orang di sekitarnya, sebagaimana sifat dasar golem itu tercipta.
Meyer berbagi kamar dengan Chava, serta mencarikan pekerjaan untuknya. Beruntung, Chava diterima di sebuah toko roti dan sedikit demi sedikit, ia berhasil berbaur di antara manusia. Karena toh dari luar Chava terlihat seperti wanita biasa, hanya jika diamati barulah ia terlihat lebih tegap, lebih besar dan tenaganya lebih kuat.
April 23, 2015

Kopdar BBI Solo saat Ultah BBI Ke-4



Sebenernya kopdar BBI saat ultah ini udah direncanain dari minggu sebelumnya, dan terus terang saja memang saya punya modus nggaet bantuan buat packing kaos plus mugnya temen temen. LOL. (Maafkan saya, mbak mbak. *sungkem satu satu)

Jadi mulai dari hari Kamis, saya sudah mulai pilah memilah kaos sesuai pesanan dan memasukkan "tanda cinta" kami ke dalamnya. Sampai Sabtu baru deh kelar itu pilah memilah, plus sukses memesan satu tart ulang tahun buat BBI. Si kakak sempet nanya sih, yang ulang tahun itu siapa. Daku yang bingung njelasinnya, cuma bilang kalau yang ultah namanya Bebi. Dan dia akhirnya nyebutnya tante Bebi, yang terus membuat saya jadi kepikiran, maskot kita itu cewek apa cowok ya? XD

The Tales of Beedle The Bard - Kisah kisah Beedle Si Juru Cerita





Judul : The Tales of Beedle The Bard
Penulis : JK Rowling
Alih Bahasa : Nina Andiana dan Listiana Srisanti
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan Ketiga : Maret 2010
Tebal : 144 halaman, hardcover
ISBN : 978-979-22-4421-2


Kebenaran itu indah dan mengerikan, dan karenanya harus diperlakukan dengan amat hati-hati – Dumbledore


Sewaktu saya diberitahu mba bzee kalau tgl 21 ini dia akan posting review yang berhubungan dengan perempuan, saya jadi ingat ada buku JKR yang belum saya review. Alhasil saya jadi termotivasi buat bikin reviewnya, deh. (Meskipun postingnya tetep aja telat dari hari Kartini XD)

Buku ini terdiri dari 5 cerita pendek yang disebut sebut merupakan dongeng bagi para penyihir cilik. Si Beedle, nama pencerita yang legendaris, sebenarnya mengingatkan saya dengan Grimm bersaudara. Ya kurang lebih ini Grimm versi penyihir gitu kalik ya. Di setiap akhir cerita di buku ini juga disisipkan catatan milik Dumbledore yang membahas pelajaran moral apa yang bisa didapatkan dari dongeng tersebut, juga terkadang membicarakan sedikit sejarah terkait cerita tersebut dengan kehidupan di Hogwarts.
April 17, 2015

Wrap Up Around The Genre di Mari Ngomongin Buku






Setiap ulang tahun Bebi, buat saya amat berkesan. Terutama karena divisi event tak pernah kehabisan ide untuk membuat acara acara baru untuk mengisinya. Bayangin aja, dua yang lalu, ada event Wawancara antar member. Tahun lalu, member jadi tamu di blog member lainnya. Tahun ini, ada around the genre yang menurut saya paling "wah" karena banyak member yang ikutan dan banyak hadiah yang dibagikan.

Di event ini saya juga jadi nyempet nyempetin baca timbunan untuk ikut eventnya CLYA sekaligus nyari yg bertema fantasi biar bisa sesuai dengan grup yang saya ikuti. Hasilnya? Saya berhasil menamatkan 8 buku cetak dari timbunan, semuanya bergenre CL/YA sekaligus Fantasy. **bahagia**
April 15, 2015

Pemenang Giveaway Bebi Vs Cyclops dan Giveaway HOP SF/F




Halooo!!
Saatnya memberi pengumuman siapa pemenang kuis Bebi Vs Cyclops kemarin. Terima kasih banyaak yang sudah ikutan, ada 86 orang, yang membuat saya sebenarnya nggak tega harus memilih di antaranya. Tapi bagaimana lagi, berhubung budgetnya mefeet, alhasil ada dua pemenang saja yang bisa saya pilih.

Pemenang hadiah sebuah buku Divakaruni yang berjudul Cermin Api dan Mimpi adalah :

Tabuh Drum


Petik gitar

April 13, 2015

Saya. Setelah gabung di Blogger Buku Indonesia.








Bergabung dengan BBI jelas membuat perubahan besar pada lemari saya. Coba saya ingat dulu satu-satu...

Bergabung dengan BBI membuat saya dapat banyak rekomendasi buku. Baik nantinya sesuai dengan selera saya atau nggak, yang penting kan udah dapat banyak referensi judul dan garis besar ceritanya.

Karena dapat banyak rekomendasi, bergabung dengan BBI membuat saya gemar berburu buku. Baik preorder maupun diskonan. Entah second ataupun baru. Enaknya sih bisa dapat kabar diskonan dari teman sekota, atau tetangga kota. Syukur syukur ada yang mau dititipin beli, bukannya belanja sendiri lalu pamer setelah diskonannya selese. ((((heh))))

Karena banyak yang dibeli, alhasil saya sering ngeruk celengan buat beli buku. Udah gitu lemari tambah ringkih, pula. Menopang banyak buku yang berjejalan di dalamnya.

Karena ngga mau rugi, maka saya mulai nyari gratisan buku. Baik ikut kuis ataupun lomba resensi. Sayang belum ada penerbit yang mau mbuntelin saya. *ngesot ke ATM
April 11, 2015

Inheritance – Warisan





Judul Buku : Inheritance – Warisan
Penulis : Christopher Paolini
Alih Bahasa : Poppy D Chusfani
Editor : Donna Widjajanto
Penerbit :  Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 920 halaman, paperback
Cetakan pertama : Juni 2012
ISBN : 978-979-22-8499-7

Buku ini sudah lebih dari setahun terendapkan di timbunan. Bayangin aja, dari ikut PO jaman baheula eh baru saya baca sekarang! Habisnya jiper banget lihat tebelnya. Huhuhu. Eh ternyata... saya menyesal membacanya!..

Kenapa coba baru saya baca sekarang?!

Kenapa ga dari dulu dulu aja. Biar saya tahu endingnya lebih cepat…



The Graveyard Book- Cerita dari Pemakaman






Judul Buku :  The Graveyard Book- Cerita dari Pemakaman
Penulis : Neil Gaiman
Ilustrasi : Dave McKean
Alih Bahasa : Lulu Wijaya
Editor : Ariyantri E
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 351 halaman, paperback
Cetakan pertama : Maret 2013
ISBN : 978-979-22-9460-6


Dia tidak mirip siapa pun selain dirinya sendiri. Dia tidak mirip siapa pun – seperti nobody.


Namanya Nobody Owens, tapi kita bisa memanggilnya Bod. Dia dibesarkan dalam lingkungan dan keluarga yang tidak biasa. Suatu malam, saat ia belum genap dua tahun, ayah ibu dan kakaknya dibunuh oleh seorang lelaki. Sebenarnya tujuan lelaki itu melenyapkan seluruh anggota keluarga tersebut, tetapi Bod yang masih kecil dan tak mengerti apa apa, berhasil lolos dari pria misterius tersebut. Bod berjalan menuju pemakaman dan di sanalah ia akhirnya bertemu keluarganya, para hantu. Ya, bertahun tahun kemudian ia dibesarkan oleh para hantu di pemakaman tersebut beserta seorang wali yang tidak berasal dari dunia orang hidup maupun orang mati.  Di pemakaman tersebut, Bod belajar banyak hal dari para hantu maupun dari walinya. Mulai dari pelajaran membaca, menulis, perihal sejarah maupun hal hal gaib yang kelak akan berguna bagi Bod.

Selama bertahun tahun itu pula Bod tidak pernah meninggalkan pemakaman karena para arwah tahu kalau Bod akan berada dalam bahaya jika keluar dari wilayah mereka. Mereka tak akan bisa melindungi anak itu jika Bod keluar dari pemakaman, terutama melindungi Bod dari lelaki yang dulu membunuh anggota keluarganya. Lelaki itu ternyata masih masih memburu keberadaan Bod dan berusaha untuk membunuhnya.
April 09, 2015

The BFG – Raksasa Besar yang Baik





Judul Buku : The BFG – Raksasa  Besar yang Baik
Penulis : Roald Dahl
Ilustrasi : Quentin Blake
Alih Bahasa : Poppy D Chusfani
Editor : Dini Pandia
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan kedua : Agustus 2010
Tebal : 200 halaman, paperback
ISBN : 978-979-22-5337-5



Aku raksasa terhormat. Lebih baik aku mengunyah snozzcumber buluk daripada mencuri milik orang lain


Pada suatu malam, dari jendela kamarnya Sophie melihat raksasa sedang melintas di jalanan kota London.  Sialnya, Si Raksasa tahu kalau Sofie melihatnya, maka ia mengambil Sofie dan membawanya ke rumah Raksasa. Di tengah perjalanan, Sophie panik setengah mati memikirkan apa yang akan dilakukan si raksasa kepada gadis kecil sepertinya. Apakah Sophie akan dimakan dengan cara direbus atau digoreng? Ah ya, pasti Sophie akan jadi makanan lezat Si Raksasa.

Tapi ternyata, sesampainya mereka di rumah Si Raksasa, Sophie tahu kalau raksasa yang menculiknya itu adalah raksasa yang baik hati, Big Friendly Giant atau BFG. Si BFG ini ternyata raksasa paling kecil dari sekumpulan raksasa lain yang tinggal di sana. Dia juga raksasa paling baik karena hanya dia yang tidak mau memakan manusia, sedangkan raksasa lainnya amat suka memangsa manusia hidup hidup. BFG bertugas mengirimkan mimpi untuk anak anak, seperti pada malam Sophie melihatnya, ternyata raksasa itu sedang meniupkan mimpi. Ia memiliki beribu stoples mimpi di rumahnya yang siap ia kirimkan untuk anak anak di seluruh dunia.
April 06, 2015

Araminta Spook – Penculikkan Katak






Judul : Araminta Spook – Penculikkan Katak
Penulis : Angie Sage
Penerjemah : Rina Wulandari
Penerbit : Noura Books
Cetakan Pertama : Oktober 2014
Tebal : 194 halaman, paperback
ISBN : 978-602-1306-90-1


Aku akan memulai operasi Agen Detektif Spookie. Aku akan menjadi chief detektif dank au bisa menjadi anak buahku


Barry kehilangan katak katak kesayangannya. Araminta yang mengetahui hal ini segera mengajak Wanda untuk menjadi detektif dan menemukan katak katak tersebut. Pada saat yang bersamaan dengan hilangnya para katak, ada perawat baru untuk membantu Paman Drac. Kecurigaan Araminta pun muncul, pasti perawat itu yang menculik katak katak Barry. Penyelidikan pun dilakukan. Petunjuk mengarah ke ladang jamur milik Old Morris yang telah dialih fungsikan menjadi dunia air ajaib. Sepertinya Old Morris dan Si Perawat bekerja sama menculik katak milik Barry dan menggunakannya sebagai pertunjukkan sirkus.

Tapi bagaimana cara Araminta dan Wanda menyelamatkan katak katak tersebut? Belum lagi mereka harus membantu Tuan Horace yang ingin mengambil kembali harta karun miliknya.

Araminta Spook – Pedang Dalam Gua






Judul : Araminta Spook – Pedang Dalam Gua
Penulis : Angie Sage
Penerjemah : Rina Wulandari
Penerbit : Noura Books
Cetakan Pertama : Oktober 2014
Tebal : 144 halaman, paperback
ISBN : 978-602-1306-91-8


Kita akan membuatkan pesta kejutan untuk ulang tahun Tuan Horace yang kelima ratus dan dia akan merasa baikan


Kali ini Araminta mengajak kita berpetualang di gua dekat pantai. Dia dan Wanda, teman yang sekarang tinggal bersamanya di rumah tua, berencana memberi hadiah kejutan untuk Tuan Horace yang akan berulang tahun ke-500. Ulang tahun akbar harus mendapatkan hadiah akbar juga, donk. Maka ketika suatu hari tanpa sengaja dia dan Wanda melihat sebuah pedang tersembunyi di dalam gua, Araminta bertekad akan memberikan pedang itu untuk Tuan Horace sebagai hadiah ulang tahun.

Nah, dimulailah petualangan mereka yang mendebarkan itu. Menelusuri relung gua yang gelap, lembab dan hanya berdua membuat keduanya sedikit ketakutan. Terlebih karena ada jebakan di dalam gua tersebut. Jebakan yang ternyata berhubungan dengan masa lalu Tuan Horace sendiri. Bagaimana kisahnya? Nah, baca aja sendiri yaa..

Araminta Spook – Rumah Berhantu






Judul : Araminta Spook – Rumah Berhantu
Penulis : Angie Sage
Penerjemah : Rina Wulandari
Penerbit : Noura Books
Cetakan Pertama : Agustus 2014
Tebal : 130 halaman, paperback
ISBN : 978-602-1306-57-4


Aku selalu ingin menemukan jalan rahasia. Sekarang aku yakin, aku memiliki kunci menuju salah satu jalan rahasia


Araminta Spookie sangat kesal terhadap bibi Tabby. Pasalnya, Bibinya itu berniat menjual rumah mereka dan pindah ke apartemen. Memang sih, rumah mereka sangat besar dan menakutkan, bahkan Araminta berharap rumah itu benar benar berhantu sehingga tidak ada yang mau membelinya.

Saking kesalnya, di papan pemberitahuan "dijual" yang diletakkan di depan rumah, ia menulis bahwa rumahnya mengerikan dan berhantu. Tetapi sialnya, masih saja ada yang ingin membeli rumah itu. Bibi Paddy bahkan sudah mewanti wanti agar Araminta tidak berlaku kurang ajar terhadap para tamu tersebut. Ya,memang gadis itu seringkali menakut nakuti calon pembeli rumahnya, sehingga kesepakatan jual beli tidak pernah terjadi.

Nocturnal






Judul : Nocturnal
Penulis : Poppy D Chusfani
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 256 halaman, paperback
Cetakan pertama : November 2008
ISBN : 978-979-22-4146-4


Selamat datang di Nocturnal Manor. Mulai sekarang, kau akan menyebut ini rumahmu.


Adelia tidak pernah bermimpi kalau ternyata ia manusia blasteran kucing. Setelah kematian ayahnya, ia harus menerima kenyataan pahit bahwa ia harus kembali ke Adlerland, di mana ia akan menjadi baroness, ketua klan Nocturnal yang bertugas melindungi Raja dan keluarganya. Neneknya yang masih menjadi baroness sudah terlalu tua untuk mengemban jabatan penting tersebut, sedangkan sepupunya yang seharusnya menjadi Baroness berikutnya malah mati dibunuh Vladimir, musuh berat klan Nocturnal.  Setelah tujuh belas tahun hidup menjadi manusia biasa dan tinggal di hiruk pikuk Jakarta, Adlerland memberikan suasana baru yang menyenangkan sekaligus menakutkan bagi Adel. Ia juga harus merelakan impian menjadi ballerinanya terenggut paksa, berubah menjadi seorang petarung dan pelindung.
Di Adlerland, ia dibimbing oleh Johanna, sepupunya yang ngeyelan, judes, dan keras terhadap Adel. Menjalani berbagai macam latihan fisik sekaligus belajar untuk terbiasa hidup dalam keluarga kerajaan membuat Adel ingin menyerah. Bagaimana bisa gadis semuda ia dipasrahi tugas sebegitu besarnya? Mampukah ia mengembannya?
April 05, 2015

Giveaway Hop SciFi/Fan Plus Opini NovFan Lokal yang Terabaikan






Pernah bertanya tanya berapa sih jumlah novel fantasi karya penulis lokal yang sudah diterbitkan di Indonesia? Well, kalau saya sih sering banget, sampe saking penasarannya saya sampai cari info ke beberapa orang yang bergerak di penerbit tapi ternyata saya tidak mendapatkan angka yang pasti. Saya hanya diberi tahu bahwa memang keterbatasan pangsa pasar fantasi membuat novel genre ini masih harus bersaing dengan novel fantasi terjemahan yang biasanya selalu lebih laku. Yah, kalau mau idealis sih biasanya berprinsip "ayo terbitkan saja, laku tidak laku adalah urusan belakang" . Tapi mau nggak mau, urusan penerbitan melibatkan banyak orang dan banyak mulut untuk diberi makan. Kalau terus nerbitin tanpa dapat laba, mau dikasih makan apa pekerjanya? Makan kertas? Yakalik golem.

Nah, urusan novel fantasi lokal underrated inilah yang membuat saya tergoda untuk membicarakan beberapa karya dari seorang penerjemah yang memang seringnya bekerja dengan novel novel fantasi luar. Menilik karyanya (yang bukan terjemahan) saya salut karena di sela sela kesibukannya, beliau masih sempat menulis cerita fantasi meski tidak sebooming novel terjemahannya. Eh aku belum sebut nama ya? Kali ini kita akan membahas beberapa karya dari Poppy D Chusfani yang sudah saya baca.
April 03, 2015

Samantha’s Secret





Masih dalam rangka Event ulang tahun BBI genre Science Fiction dan Fantasy, kali ini saya mau cerita dikit tentang sebuah teenlit berbau horor.


Judul Buku : Samantha’s Secret
Penulis : Shandy Tan
Penerbit : Grameida Pustaka Utama
Cetakan Ketiga : Oktober 2012
Tebal : 200 halaman, paperback
ISBN : 978-979-22-6372-5


Ternyata cinta bukan hanya tidak punya mata, pikir Samantha, juga tidak punya otak.


Samantha jatuh dari tangga, kepala dan badannya terbentur hingga babak belur membuatnya susah bergerak dan kesakitan. Yang lebih parah, dia sekarang bisa melihat hantu. Untung hantu hantu yang ia temui berperangai dan berpenampilan baik, mereka bahkan jadi berteman.

Raka, Tobi dan Hana awalnya gugup karena baru kali ini mereka bisa dilihat oleh manusia yang masih hidup. Tapi mereka juga senang karena ternyata Samantha anak yang supel dan asyik diajak mengobrol. Nah karena Samantha punya sahabat yang tak kasat mata, terbersit ide di kepalanya untuk meminta hal hal yang "curang" dengan bantuan teman temannya tersebut. 

Seperti yang biasa kita ketahui, jika niat awalnya tidak baik,maka endingnya juga ngga baik.
Sementara itu Samantha tidak sadar kalau sahabat di dunia nyatanya, Angela, sedang dalam masalah dan mencoba meregang nyawa.
April 01, 2015

Enter The Magical Realm - Myth




Myth

Istilah myth atau yang sering kita disebut sebagai mitologi tentu sudah akrab di telinga pembaca, terutama bagi penikmat cerita cerita fantasi. Istilah myth ini muncul di abad ke-15 yaitu dari bahasa Prancis pertengahan yaitu mythologie, yang memiliki makna “legendary lore, a telling of mythic legends; a legend, story, tale”

Pada intinya, sebuah cerita dapat dikategorikan myth jika ia berkaitan dengan legenda atau mitos. Hal ini yang membuat mitologi merupakan subgenre fantasi unik yang memiliki penggemar cukup banyak. Karena dengan bersenang senang menikmati sebuah cerita, pembaca juga dapat belajar tentang legenda atau mitos yang seakan akan nyata ada meski itu di masa lalu, atau sebenarnya ada di sekitar kita hanya saja kita tidak pernah secara langsung mengetahui atau mempelajarinya. 

Seringnya, penulis menggabungkan mitologi dengan dunia modern kita saat ini, sehingga membuat pembacanya tidak kesulitan membayangkan jalan cerita dan memahami mitologi yang diselipkan. Banyak cerita cerita anak atau yang bergenre young adult juga menyelipkan mitologi dalam ceritana. Itulah sebabnya menurut saya pribadi tidak hanya antara subgenre tetapi  antar genre pun bisa saja saling tumpang tindih, tinggal sisi mana yang lebih dominan diceritakan oleh penulis.

Salam,

Salam,