Slide Show

Januari 30, 2015

Post Bar SS Cerita Cinta Indonesia : 45 Cerpen terpilih



Judul Buku : Cerita Cinta Indonesia
Penulis : 45 Penulis Gramedia Pustaka Utama
Cetakan pertama : Oktober 2014
Tebal : 400 halaman, paperback
ISBN : 9786020305172


 
"Dengan begini, rinduku padamu adalah rindu abadi."  (Rindu Yang Terlalu. Arswendo A)

Oke, karena ini cerpen, maka akan saya ceritakan kembali sedikit kisah kisah di dalamnya yaa.
Yang paling berkesan buat saya adalah "Apalah Artinya Nama" milik Marga T. Ceritanya tentang nama "Marga T" yang ternyata adalah nama sang istri, padahal sang penulis adalah si suami. Si suami yang lama lama bosan memakai nama Marga T, ingin menggunakan nama aslinya saja untuk naskah dia selanjutnya. Akibatnya? Ahahahaha, baca sendiri deh. Lucu, penyampaiannya juga asyik. Terus bikin saya penasaran juga, buat googling siapa itu Marga T sebenarnya. XD
Januari 22, 2015

Aristotle and Dante Discover the Secrets of The Universe





Judul Buku : Aristotle and Dante Discover the Secrets of The Universe
Penulis : Benjamin Alire Saénz
Tebal : 368 halaman
Cetakan pertama : Februari 2012
ISBN : 9781442408944



Different boys lived by different rules.


Aristotle dan Dante adalah dua anak laki-laki yang berteman akrab. Keduanya tipe anak yang suka menyendiri, susah bergaul dan "anak rumahan". Jadi ketika orang tua mereka tahu bahwa anak mereka memiliki teman, senangnya bukan kepalang. Saat itu awal libur musim panas, sehingga Ari dan Dante menghabiskan hampir setiap hari bersama-sama.

Dante ini suka sekali membaca dan membuat sketsa, ia sering membawakan buku untuk dibaca bersama Ari atau dijadikan hadiah untuk Ayahnya Ari. Seringkali Dante berfilsafat tentang kehidupan, hidupnya seakan merdeka, bebas dari masalah dan disukai banyak orang. Sedangkan Ari sebaliknya, dia tipe yang grasa grusu, ngga takut kalau ada masalah, hidupnya mah dijalanin gitu aja tanpa semangat.

Sometimes, all you have to do is tell people the truth. They won’t believe you. After that, they’ll leave you alone


Januari 19, 2015

[MASTER POST] 2015 TBRR Pile RC




Syarat & Ketentuan :

  • Peserta harus berdomisili di Indonesia.
  • Peserta harus memiliki blog untuk melakukan update post.
  • Jika tidak memiliki blog, bisa tetap mengikuti dengan cara melakukan update post melalui akun FaceBook, Tumblr, atau Goodreads.
Prosedur :
  • Pasang Button 2015 TBRR PILE RC di blog Anda (disertai link-back menuju postingan ini)
  • Buat Master Post yang berisi event ini serta list bacaan Anda selama 2015
  • Daftar Buku Bacaan harap disertai data tahun terbit / bisa dibuat berupa link Goodreads buku yang dimaksud
  • Daftarkan diri kalian (URL Blog kalian atau URL Postingan Master & List Post) melalui ‘linky’ SIGN-UP (pendaftaran dibuka mulai 19 Januari - 2 Februari)
  • Recap-Post yang merupakan Final-Report bisa dimasukkan melalui ‘linky’ RECAP POST.
Tantangan :
  • Membaca dan membuat review buku-buku yang ada dalam daftar ‘timbunan’ kalian sebanyak mungkin selama setahun.
  • Minimal 1 buku selama sebulan, berarti selama setahun minimal kalian menyelesaikan 12 buku (atau lebih) dari daftar ‘timbunan’ masing-masing.
  • Karena buku harus berasal dari ‘timbunan’ yang minimal tersimpan selama setahun, maka buku-buku baru terbitan 2015 tidak diperkenankan masuk dalam list ini.
  • Genre buku bacaan bebas, asalkan berada dalam daftar ‘timbunan’ kalian minimal selama setahun (buku terbitan 2015 tidak termasuk dalam ‘timbunan’ )

[MASTER POST] Project Baca Buku Cetak


RC Baca buku cetak jelas masuk ke dalam misi saya tahun ini. 
Syaratnya sendiri sederhana yaitu:
1. Tentukan target baca buku cetak dalam setahun ini. Saya menargetkan membaca 30 buku cetak di tahun 2015 :D
2. Harus buku cetak dan ngga boleh e-book. Kan tujuan project ini buat ngehabisin timbunan paperbacknya XD. Genre dan jumlah halaman sih terserah teman - teman, baik fiksi ataupun nonfiksi, cerpen ataupun buku bantal, terjemahan maupun import. Gimana dengan komik? Karena komik masuk buku cetak juga (bukan yang dibaca online loh), maka boleh lho dimasukkan ke reading progress project ini. Asal jangan baca majalah atau tabloid ya :P
3. Tidak harus mereview buku - buku yang telah dibaca di blognya atau di akun Goodreads. Soalnya saya sendiri kadang suka males juga review XD.
4. Bikin post di blognya tentang project ini, isinya adalah berapa buku cetak yang akan teman - teman baca selama tahun 2015. Kalian ngga perlu ngelist buku apa aja yang mau dibaca, tapi silakan aja jika ingin membuat listnya.
5. Ga punya blog? Gapapa kok. Bisa bikin shelf khusus untuk project ini di Goodreadsnya atau bikin notes khusus di FB/Tumblr
6. Biar makin asyik, share juga kemajuan teman - teman dalam Project Baca Buku Cetak ini di sosmed semacam Twitter, Path, Google+, FB, Instagram, dll dsb. Bisa pakai hashtag #BacaBukuCetak .

Wonderstruck






Judul Buku : Wonderstruck
Penulis : Brian Selznick
Penerjemah : Marcalais Fransisa
Penerbit : Mizan Fantasi
Tebal : 648 halaman
Cetakan Pertama : November 2013
ISBN : 978-979-433-685-4


And i'm floating in a most peculiar way. And the stars look very different today 


Ben baru kehilangan Ibunya yang meninggal karena kecelakaan. Ia kemudian tinggal bersama keluarga bibinya yang tinggal tak jauh dari rumah lamanya. Suatu malam, Ben pulang ke rumahnya dan menemukan rahasia yang disimpan ibunya tentang ayah kandung Ben. Saat Ben hendak menelepon Ayahnya tersebut, petir menyambar tiang telepon dan merambat mengenai telinga Ben. Ini menyebabkan anak laki-laki itu menjadi tuli, meski dokter bilang masih ada kemungkinan untuk sembuh.

Saat dirawat di rumah sakit anak, Ben malah melarikan diri ke New York guna mencari Ayah kandungnya. Ia mempunyai alamat dan uang simpanan ibunya, jadi setidaknya Ben merasa aman. Tetapi di New York kehidupan lebih kejam daripada kampung halamannya di Michigan. Ia dirampok dan ayahnya juga sudah pindah dari alamatnya yang lama. Terluntang lantung, Ben pergi ke Museum National History of America, dan mengendap endap masuk ke dalamnya. Di sana Ben berkenalan dengan Jamie yang membantunya mencari gudang untuk tempat beristirahat. Ternyata di museum itu, Ben menemukan jalan untuk mencapai kebenaran perihal ayahnya.
Januari 18, 2015

Masterpost Lucky No. 15 Reading Challenge





Here are the 15 categories:
  1. Chunky Brick: Grab that book with more than 500 pages that you’d always been afraid to tackle. You know you can do it!
Wonderstruck – Brian Selznick
  1. Something New: Just purchased a book lately? Don’t let it buried in your stacks, read it now!
Whispering Skull – Jonathan Stroud
  1. Something Borrowed: Read a book that you borrowed from someone else. Don’t make the owner waiting forever for you to finish it. (Books borrowed from friends, libraries, or even rental places, are allowed)
Insiden Anjing yang Bikin Penasaran – Mark Haddon
  1. It’s Been There Forever: Dig your TBR pile and read a book that has been there more than a year. It’s time for you to appreciate it :)
Inheritance – Christopher Paolini
  1. Freebies Time: What’s the LAST free book you’ve got? Whether it’s from giveaway, a birthday gift or a surprise from someone special, don’t hold back any longer. Open the book and start reading it now :D
See Jane Run – Joy Fielding

Tell The Wolves I’m Home





Judul Buku : Tell The Wolves I’m Home
Penulis : Carol Rifka Brunt
Tebal : 400 halaman
ISBN : 9781447213611


And, well, also maybe it seems like it would be okay not to be perfect. Nobody was perfect back then


Tak ada yang lebih menyakitkan June selain kehilangan Paman tercintanya, Finn, karena AIDS. Finn sangat menyayangi June, begitupun sebaliknya, sehingga kehilangan itu berdampak besar bagi kehidupan June. Ia mulai sering murung dan keluarganya tidak terlalu memedulikannya. Di sela sela kesibukan mengurus jenazah Finn, June bertemu seorang lelaki misterius. Greta bilang itu adalah lelaki yang menularkan penyakit mematikan kepada Finn. Hal ini membuat June semakin menghindari dan diam diam membenci lelaki yang kemudian ia ketahui bernama Toby.

Tapi ternyata Toby berhasil mendekati June dan mendapat kepercayaan gadis itu. Mereka sering pergi bersama mengenang Finn, membicarakan Finn, dan karena itulah kemudian June tahu bahwa Toby benar benar mencintai pamannya. Bahwa mereka mencintai orang yang sama.

Masalah muncul ketika di lain pihak, Greta mulai membuat kekacauan. Kakaknya itu jadi sering marah-marah dan mengintimidasi June, yang membuat June makin jauh dari keluarganya.
Kenapa Greta berkelakuan begitu? Apa yang sebenarnya ia mau? Dan bagaimana kisah Toby selanjutnya?
Januari 17, 2015

The Julian Chapter : A Wonder Story





Judul Buku : The Julian Chapter :  A Wonder Story
Penulis : RJ. Palacio
Tebal : 84 halaman
ISBN : 9780553499087

“One mistake does not define you.”

Setelah membaca Wonder, rasanya pasti kurang kalau belum menamatkan versi lain ceriya tersebut, dari sudut pandang Julian. Yup, Si pemeran antagonis ini akan bercerita kepada kita mengapa kelakuannya sangat jahat terhadap Augie. Dan setelah membaca buku ini, mau tidak mau saya malu juga karena sudah berprasangka buruk terhadap Julian.

Jadi ketika Julian, Jack dan Charlotte pertama kali akan bertemu Augie, hanya Julian yang benar benar tidak siap dan tidak kenal siapa anak lelaki baru itu. Ia begitu shock, sampai sampai tiap malam ia bermimpi buruk yang berhubungan dengan Augie. Yah, Julian memang memiliki pengalaman buruk dalam menghadapi sesuatu yang terlihat menyeramkan. Ia sampai harus melewati sesi konsultasi dengan psikolog anak karena setiap ia ketakutan setelah menonton film seram, tiap malam ia akan menjerit jerit karena mimpi burukmya. Well, setelah sekian tahun yang menenangkan...mimpi buruk itu datang lagi bersamaan hadirnya Augie di kelas Julian.

Spellbound




Judul Buku : Spellbound
Penulis : Anna Dale
Tebal : 288 halaman
ISBN : 9781408818688

Kamu punya adik? Pernah nggak sih ngerasa adikmu itu menyebalkan sekali sampai-sampai kamu pingin cuma ada kamu sebagai anak satu satunya?

Well, Athene merasa begitu terhadap Zach, adik laki-lakinya.

Cerita ini berawal dari perjalanan keluarga mereka pergi liburan dan tinggal di sebuah penginapan yang jauh dari keramaian. Suatu malam, Athene bertemu makhluk aneh di belakang penginapannya. Awalnya sih dia ketakutan, tapi setelah bercakap cakap, ternyata makhluk itu nggak kelihatan berniat jahat, malahan mereka kemudian berteman. Makhluk itu adalah Gloam, mereka menyebut manusia sebagai Glare, nah kalau Gloam ini siang hari mereka beristirahat, malam hari mereka mengerjakan pekerjaan sehari harinya, jadi kayak nokturnal versi manusia biasa gitu.


'My name is Athene,’ she said.‘And I’m Humdudgeon,’ responded the man


Beberapa kali Athene bermain tiap malam bersama para Gloam itu, tetapi pada suatu malam, Zach, adiknya ikut keluar dan berkenalan pula dengan si Gloam ini.
Januari 16, 2015

Juliet





Judul buku : Juliet
Penulis : Anne Fortier
Penerjemah  : Linda Boentaram
Penerbit :  Qanita
Cetakan pertama : 2012
Tebal : 716 halaman, paperback
ISBN : 978-602-9225-38-9

Buku bantal pertama di tahun 2015!

Well, sebenarnya buku ini sudah 2 tahun lebih bercokol di lemari saya, melambai lambai meminta saya membuka halamannya. Tapi karena beberapa review mengatakan kalau buku ini kurang bagus, akhirnya nggak saya ambil ambil deh, padahal mah penasaran juga ceritanya seperti apa. 


“Jangan meremehkan kekuatan peristiwa yang terjadi di zaman dahulu”- 47


Jules dan Janice adalah saudari kembar yang dibesarkan oleh Bibi Rose, bibi mereka. Ketika Bibi Rose meninggal, sebuah wasiat disampaikan, bahwa Janicelah yang mendapatkan rumah berserta isinya sedangkan Jules tidak dapat apa apa. Ah, kecuali sebuah surat yang berisi pesan agar ia pergi ke Sienna dan pergi ke sebuah bank di Sienna untuk membuka brankas milik mendiang ibunya yang disimpan di sana.
Januari 08, 2015

Speak






Judul Buku :   Speak
Penulis : Laurie Halse Anderson
Tebal : 144 halaman
Penerbit : Farrar, Straus and Giroux
Cetakan pertama : 2011
ISBN : 9781429997041


I have no friends. I have nothing. I say nothing. I am nothing


Siapa bilang masa remaja itu masa mengasyikkan? Tahukah kalian bahwa sebenarnya remaja itu adalah masa-masa paling kejam? Well...Melinda mengalaminya.

Hari hari pertamanya di kelas tujuh adalah hari terberat. Semua teman di kelas sebelumnya berubah menjadi memusuhi Melinda. Tak ada yang mau mendekati atau bersama Melinda, oh kecuali seorang anak pindahan bernama Heather. Melinda berubah menjadi pendiam, yang lebih parah..ia tak mau berbicara. Benar-benar diam. Kalau ditanya, paling paling ia hanya mengangguk, atau menggeleng, atau tersenyum, dan seterusnya tetapi tidak pernah mengucapkan apapun. Demikian juga saat di rumah, orangtuanya yang terlalu cuek tidak terlalu memerhatikan perubahan drastis anaknya.
Januari 06, 2015

Sejoli




Judul Buku :  Sejoli
Penulis : Wangi MS
Editor : Patresia Kirnandita
Proofreader : Ari Funatik
Penerbit : Sekata Media
Cetakan pertama : 2014
Tebal : 188 halaman, paperback
ISBN : 978-602-71655-4-0

 "Everything seems right between me and Kenya. We're good friends. What worse can happen if we're dating each other?"-38

Buku ini mengisahkan tentang dua orang, Rayya dan Kenya. Sahabat, teman baik, sejoli, teserah mau kalian sebut apa. Sejatinya mereka saling suka, tapi Kenya, si cowok, tidak pernah memberi ketegasan dalam hubungan mereka. Rayya pada awalnya bersikap cuek saja, tapi lama lama cewek juga butuh ketegasan donk yah.. Sayangnya si Kenya ini tipe cowok yang ngga berani sama komitmen. Hih, terus ya udah sih ya, mereka jauh-jauhan. Masing masing malah deket sama orang lain. Tapi mau gimana lagi, namanya juga perasaan, ditutup tutupi mah baunya tetep aja berkeliaran (heh). Mereka udah saling cocok, saling pengertian, dan masih saling memendam rasa suka. Terus gimana donk hubungan mereka? Em.. yah, baca aja biar tau endingnya XD

Januari 01, 2015

Me, Books and 2014



Tahun 2014 saya memasang jumlah target baca dan mereview ngga muluk muluk, 45 biji saja. Dengan harapan tiap minggu satu buku aja,udah bisa memenuhi. Ternyata memang beneran bisa! Ah senangnya. Hahaha, mungkin karena tahun ini saya beneran enjoy di sebagian besar bacaan. Nyante, ngga diburu buru masukin ke linky ini, post itu dst seperti tahun sebelumnya yang membuat saya malah kayak dikejar kejar tukang kredit.

Sisi buruknya, bacaan saya jadi kebanyakan ngga teratur. Ada banyak buku bagus di timbunan yang masih belum tersentuh, kalah sama buku buku baru atau buku elektronik yang dengan gampangnya bisa dibaca di mana dan kapan saja. Ternyata RC juga beneran ada sisi baiknya bagi saya.