Januari 30, 2016

Ke Mana kau pergi, Bernadette? - Serta tebak SS 2015






Judul Buku : Ke mana kau Pergi, Bernadette?
Penulis : Maria Semple
Alih Bahasa : Nurkinanti Laraskusuma
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan Pertama : 2015
Tebal : 408 halaman, paperback
ISBN : 978-602-03-1967-4


Dalam hati aku berseru, Maju terus Mom! Karena begini. Tak peduli apa yang dikatakan orang tentang Mom, jelas dia tahu bagaimana membuat hidup ini lucu.



Dua hari sebelum Natal, Bernadette Fox menghilang dari rumah. Keluarganya panik dan cemas, ke mana ia pergi, padahal mereka telah berencana untuk berlibur ke Antartika. Buku ini berisi catatan yang dibuat oleh Bee, anak perempuan Bernadette, dalam hal menyelidiki mengapa dan ke mana Ibunya menghilang. 

Cerita diawali dengan permintaan Bee untuk pergi ke Antartika sebagai hadiah atas nilai pelajarannya yang memuaskan. Ayahnya tak menolak, demikian pula dengan ibunya, meski sebenarnya si Ibu mulai panik karena pergi ke Antartika artinya ia harus berada di sekeliling orang-orang baru. Dan Bernadette benci jika harus berada dekat apalagi berinteraksi dengan orang-orang tersebut.

Bee dan Ayah Ibunya tinggal di sebuah lahan besar bekas sekolah perempuan yang terletak di atas bukit. Rumah ini sudah tua, usang dan bobrok dengan banyak lubang bocor di mana-mana. Tapi mereka tak pernah mempermasalahkannya, semua seakan ditangani baik oleh Bernadette, meskipun bermodalkan banyak panci dan handuk-handuk tebal. Bernadette juga menyukai tinggal di tempat tersebut, membuatnya jauh dari kemungkinan berinteraksi dengan tetangga, apalagi jika harus berinteraksi dengan orang tua murid di sekolah Bee, ia amat tidak menyukai hal tersebut. Singkatnya, bertemu manusia lain adalah hal yang amat sangat dihindari bahkan dibenci Bernadette.

Untuk itulah ia menggunakan seorang tenaga professional di dunia maya yang bertindak sebagai asistennya. Manjula, nama asistennya, tinggal di India dan membantu Bernadette dalam melakukan hal-hal sepele, seperti belanja bulanan, membayar tagihan, mengatur janji dengan dokter, sampai mengatur perjalanan liburan Bee dan keluarganya ke Antartika. 

Kalau Bernadette sudah merencanakan kepergiannya dan keluarganya untuk berlibur, mengapa juga dia malah menghilang? Apakah dia melarikan diri, tapi dari apa? Bagaimana nasib Bee dan ayahnya setelah ditinggal Bernadette?


Sebenarnya seru banget membaca buku ini. Meskipun ada beberapa detail yang sempat membuat saya kepayahan dan tergoda melewatkannya, seperti tentang Kota tempat mereka tinggal, Seattle, atau tentang penguin, yang dijabarkan dengan panjang oleh Bee di suatu ketika. Alurnya bolak balik, tetapi karena dicantumkan tanggalnya, membuat pembaca mudah mengikutinya. Yang menarik dari cara bercerita si penulis adalah bahwa buku ini tak kesemuanya berbentuk paragraf dari cerita panjang yang membosankan. Sebagian besar bentuknya berupa email-email pribadi, email dalam grup, artikel, catatan post-it sampai tagihan pembayaran. Jadi pembaca makin tertarik dan penasaran dengan ceritanya.

Tokoh favorit saya? Bernadette dooonk. Ngoahahah. Saya mungkin mengalami sedikiiit apa yang dialami Bernadette, saya paling males kalau harus ngobrol atau berinteraksi dengan orang lain. Bernadette tidak pandai berbasa-basi, berbicaranya juga blak-blakan dan seenak hatinya. Tetapi seringnya dia masih menghargai keberadaan orang lain, kecuali orang itu membuatnya kesal. Humornya yang tajam dan sesekali menyinggung perasaan lawan bicaranya malah membuat saya makin suka dengan karakternya.

Adegan favorit saya waktu Bernadette, Bee dan temannya makan di restoran dan mengelilingkan sebuah kertas ucapan ulang tahun. Apa yang dilakukan Bernadette kemudian setelah kartu ucapan itu kembali adalah hal yang keren dan unik. Seperti itulah kelakuan Bernadette, tak terduga, ekspresif dan percaya diri.

Yang membuat saya kecewa adalah terjemahannya yang kaku dan garing. Saya seakan membaca terjemahan kasar lewat google translate. Ini salah satunya :

Dalam edisi asli : “I don’t know what I’d do if I got managed out. The benefits here are gold-plated.”
Dalam edisi terjemahan : “Entah apa yang harus kulakukan kalau aku dipecat. Manfaat di sini bersepuh emas.”- Hal.24

Moga-moga sang editor juga lebih jeli lagi saat mengoreksi.




Selanjutnyaaa.....
Setelah melakukan penyelidikan yang memuaskan. 
Saya rasa saya berhasil mengungkap siapa SS saya kali ini 


Tak lain adalah...


Nina si pemilik The Bookaddict Diaries



Terima kasiih buntelannyaa.. serta pernak perniknya, Ninaaa.
Meski terjemahannya aduhai, saya sukaaa covernyaa. collect-able banget XD
*Penimbun buku dengan cover cantik*


12 komentar on "Ke Mana kau pergi, Bernadette? - Serta tebak SS 2015"
  1. Ya ampun terjemahannyaaaa :))))
    Apeu banget daahh

    BalasHapus
  2. NINAAA??? Waaahhh... ternyata ada Santa diantara kita yaaa... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya pas Joglo ganti nama pertama (Ada Santa Diantara Kita) sebelum "Typo Maximal" aku udah ketawa iblis duluan haha. Etapi aku sendiri ding yg ngasih kuncinya ke Mbak Vina -_-" buat guest post kemarin haha

      Hapus
  3. Wah niiiiiin.. kamu dituduh disini. Apakah bener kamu Santanya mbak Vina???

    BalasHapus
  4. covernya kereenn! nggak kayak novel :D hahaa

    BalasHapus
  5. se..serius itu terjemahan GPU? Kok gitu sih xD

    semoga benar tebakannya ya, Vin

    BalasHapus
  6. Mana riddlenya? :p gak bisa mecahin mbavin?

    BalasHapus
  7. Haduuuh terjemahannya. Hihiii. Tapi bener, sampulnya kece.

    Semoga tebakannya benar mbak.

    BalasHapus
  8. Euh terjemahannya GPU...editornya kemana ini XD XD

    Padahal buku ini terkenal banget ya di Amrik.

    BalasHapus
  9. Salah satu cerita favoritku, meski banyak yang aku 'skip' karena muter-muter plus slow-pace.
    Bernadette favoritku juga, tapi entah deh klo punya emak seperti itu, bisa stress kayaknya hahaha ...
    btw, memang Nina -kah si SS ?

    BalasHapus
  10. Aku suka banget buku ini, tapi emang baca versi bahasa Inggris sih. Dan cukup witty memang narasi dan dialognya, mungkin emang susah buat diterjemahin ke bhs indo XD btw jadi santanya udah ngaku belom siiiih

    BalasHapus
  11. terjemahannya. ha ha ha ha
    mungkin editornya kelewatan tuh.

    beneran nina santanya vina?

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,