Februari 25, 2016

Paperweight





Judul Buku : Paperweight
Penulis : Meg Haston
Penerbit : Harper Teen

Stevie menderita bulimia, sehingga orang tuanya mengirimnya ke tempat rehabilitasi khusus bagi remaja remaja yang memiliki eating disorder. Ada beberapa villa di tempat ini, Stevie ditempatkan di villa tiga dan sekamar bersama Ashley, seorang gadis periang yang juga mengalami eating disorder. Kasus stevie cukup parah, sehingga ia mengenakan gelang penanda warna merah, sedangkan Ashley sudah memasuki tahap recovery dan gelangnya berwarna kuning. Ini salah satunya yang membuat Stevie merasa tak ada yang bisa memahami perasaannya terkait kebiasaannya terhadap makanan tersebut.

Di asrama ini masing-masing remaja didukung oleh seorang pendamping, Stevie memiliki Anna. Sikap tertutup Stevie tak lantas menjadikan Anna menyerah, wanita itu terus mendukung Stevie agar mencoba untuk lebih terbuka tentang perasaannya. Konseling secara pribadi maupun pertemuan pertemuan secara grup, makanan-makanan berkalori tinggi yang disediakan, serta suplemen dan pengawasan ketat terhadap berat badan merupakan beberapa contoh penanganan yang dilakukan di tempat rehabilitasi tersebut.

Beberapa orang memang menunjukkan tanda-tanda positif menuju kesembuhan meski memang sulit untuk dilakukan. Tapi yang tidak diketahui teman-teman Stevie satu grup atau bahkan Anna adalah rencana Stevie untuk bunuh diri di hari peringatan kematian setahun kakak lekakinya, Josh. Tak ada yang tau kalau ialah yang mengakibatkan kematian Josh..

Jujur saja, saya agak bosan membaca buku ini, karena alurnya lambat banget. Mungkin saya juga yang terlalu berharap ketinggian, sehingga mendapatkan kisah di buku ini jadi biasa-biasa saja. Sosok Stevie benar-benar digambarkan sebagai seorang remaja yang egois (menurut saya), sekaligus rapuh dan emosional. Ha! Seperti ciri khas remaja pada umumnya kan?
Buku ini menceritakan apa sih yang ada di pikiran mereka yang terkena ED. Bagaimana cara pandang mereka terhadap makanan, serta pandangan mereka atas diri mereka sendiri itu kayak gimana. Apa sih tujuan dan alasan-alasan mereka sampai terkena ED? Apakah murni ego ingin menjadi yang terbaik, atau malah rasa rendah diri yang membuat mereka terpuruk dan merasa buruk?

Eating disorder adalah masalah umum yang sering disebut sebut di novel YA. Mungkin hal ini sudah menjadi masalah umum kalik ya di luar negeri sana, makanya banyak penulis yang menyisipkan perihal ED. Sebut saja Wintergirls nya Anderson atau Just Listennya Sarah Dessen. Tentu saja karena saya sudah lama penasaran dan semenjak selesai baca buku ini, saya mencoba mencari tahu tentang ED, dan inilah informasi yang saya dapatkan.

Eating Disorder memiliki angka kematian tertinggi dari penyakit kejiwaan lainnya. Berdasarkan penelitian, pada tahun 2011 sebanyak hampir 30 juta orang menderita ED di US. 95% penderita Eating Disorder berada di rentang usia 12-25 tahun. Lelaki yang menderita ED amat sedikit yang mencari pengobatan karena pada umumnya, eating disorder lebih dikenal sebagai “woman’s disease”. Duh dan banyak fakta lainnya bisa kamu lihat di sini.

Tapi saya jadi bertanya-tanya, adakah novel yang menceritakan ED dengan tokoh utama laki-laki ya?
4 komentar on "Paperweight"
  1. Aku belum pernah denger sih ya ada cowok pengidap ED, soalnya yang sering takut endut kan biasanya cewek. Tapi kalo ada penulis yang mau berkreasi nulis buku cowok pengidap ED, mungkin aku juga bakal tertarik~

    Btw, Wintergirls bagus kah vin? Aku belum juga ada niat baca itu padahal udah lama ngelirik2. xD

    BalasHapus
  2. Vin, baca buku ini paperback atau ebook? Penasaran pengen baca juga :D

    BalasHapus
  3. Belum bacaaa wintergirls, liin. Baca bareng yuk suatu saat nanti. ((Suatu saat))

    Put, ku wa yaa

    BalasHapus
  4. Iyadeeeeh.. (((suatu saat))) xD

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,