Slide Show

Maret 31, 2016

Lingkar Tanah Lingkar Air





Judul Buku : Lingkar Tanah Lingkar Air
Penulis : ahmad Tohari
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : 2015
Tebal : 168 halaman
ISBN : 9786020318608

Belanda yang masih belum pergi meninggalkan Indonesia padahal negara kita sudah merdeka tentu membuat gusar masyarakat. Selain berperang melalui tentara pemerintah, beberapa orang yang tak puas juga ikut membentuk kelompok kelompok kecil untuk mengusir tentara Belanda. Amid, Jun dan Kiram pun demikian, mereka membentuk kelompok yang disebut Hizbullah dengan sasaran para pasukan Belanda.

Ketika Belanda akhirnya hengkang dari Indonesia, banyak pejuang muda yang tak rela menurunkan senjata. Mereka masih ingin berperang, entah unjuk kekuatan atau memang murni ingin membela negara. Kelompok Amid adalah salah satunya. Pemerintah Republik kemudian mengumumkan bahwa para pejuang muda itu dapat masuk ke dalam ketentaraan milik Republik.

Malangnya, sebuah tragedi terjadi saat segerombolan pejuang pejuang yang ingin bergabung itu malah ditembaki oleh sekelompok orang tak dikenal dari dalam kereta yang seharusnya akan membawa mereka ke markas tentara Republik. Kekacauan terjadi, baku tembak tak henti sampai ratusan orang mati. Semenjak itu banyak pejuang tak punya lagi keinginan untuk bergabung dengan Republik. Kalaupun ada, seperti Amid misalnya, hanya dapat menggigit jari karena ia dan kawan kawannya malah diburu oleh tentara tanpa alasan yang jelas. Di saat seperti inilah, sebuah informasi mengenai akan dibentuknya negara Islam membuat mereka tergoda. Tak dihiraukannya nasihat Kiai Ngumar, sesepuh kampung, yang menganjurkan mereka untuk tetap setia kepada Republik.
Maret 28, 2016

Reconstructing Amelia






Judul Buku : Reconstructing Amelia
Penulis : Kimberly McCreight
ISBN : 978-0-06-222-5450


Because blocking it out had been easier than fighting. It had been the only possible way to survive.


 Sebagai seorang single parent, Kate yang sibuk bekerja tetap mengusahakan memberi yang terbaik bagi Amelia, putri satu-satunya yang ia miliki dan amat ia cintai. Termasuk menyekolahkannya di Grace Hall, sebuah sekolah swasta yang mahal dan berkelas di New York.
Tapi suatu hari ketika Kate menerima telepon dari sekolah yang mengabarkan bahwa Amelia diskors, ia tidak pernah menyangka bahwa ketika ia sampai di Grace Hall, ia telah kehilangan Amelia selama-lamanya. Amelia meninggal karena bunuh diri, jatuh dari atap sekolah.  Bulan bulan pertama tanpa Amelia terasa menyiksa Kate, sampai ia menerima sebuah pesan tak bernama yang memberitahu bahw Amelia tidak bunuh diri.
Maret 25, 2016

Cinderella Teeth





Judul Buku : Cinderella Teeth
Penulis : Sakaki Tsukasa
Penerbit : Haru
Penerjemah : Nurul Maulidia
Cetakan pertama :Oktober 2015
Tebal : 272 halaman
ISBN : 978-6027-742-63-5


Menjalani begitu saja tanpa tahu apa-apa dengan alasan hanya bekerja paruh waktu itu tidak baik.


Sebelum bercerita tentang Saki, ijinkan saya curhat dulu sedikit tentang saya Vs Dokter gigi. Sama seperti Saki di buku ini, saya punya pengalaman buruk ke dokter gigi, waktu kecil dulu saya ingat akan mencabut gigi, nah gusi saya kemudian disuntik dan proses selanjutnya saya udah ngga inget lagi diapain, yang teringat cuma rasa sakit yang kebangetan sepulang kunjungan itu. Semenjak itu, saya selalu menolak pergi ke dokter gigi.

Malangnya saya, 5 tahun yang lalu, gigi saya berlubang dan luar biasa nyeri. Waktu itu baru punya satu anak, dan di bulan puasa pula. Mau ngga mau, saya pergi ke dokter gigi, kalau ngga salah sampai empat kali kunjungan, lalu akhirnya ditambal permanen.

Sepertinya saya memang ngga pernah bisa jauh jauh dari masalah gigi, karena akhir tahun kemarin, gigi saya yang ditambal itu bermasalah lagi sampai bengkak. Kali ini saya disarankan oleh seorang teman (yang juga dokter gigi) untuk pergi ke dokter gigi spesialis. Okelah lalu saya pergi dan berobat ke spesialis konservasi gigi, selama hampir lima belas kali pertemuan saya lakukan demi memperbaiki gigi gigi saya yang benar benar bermasalah. (Kalau penasaran dengan cerita lengkapnya, kamu bisa tengok di blog saya satunya).

Jukstaposisi (cerita tuhan mati)




Judul Buku : Jukstaposisi (cerita tuhan mati)
Penulis : Calvin M Sidjaja
Penerbit : Gagas Media
Penyunting : Windy Ariestanty
Cetakan pertama : 2007
Tebal : 280 halaman


Kenapa jika seseorang mati, orang lain akan bersedih?


Jukstaposisi merupakan buku yang sudah lama ada di timbunan saya. Buku ini sudah susah ditemukan di toko buku, maka ketika seorang teman (Lulu) memberitahu bahwa dia punya novel ini, alhasil dengan penuh semangat langsunglah saya todong buat dipinjam. Itu pun masih perlu waktu bertahun tahun sebelum akhirnya kelar saya baca kemarin. Masih ada lagi, selesai baca buku ini, saya masih bapro (baper otak) jadi niat ngereview juga nggak kelar kelar.
Sebenarnya.. Saya masih bingung sih mau ngereview apa. :( Tapi saya akan coba cerita sedikit menurut pemahaman saya apa adanya, deh.
Maret 18, 2016

The Forgetting Time





Judul  : The Forgetting Time
Penulis : Sharon Guskin
Cetakan pertama : Februari 2016
Tebal : 304 halaman
ISBN : 9781250076434


 When people are not meant to remember. That’s why most of us don’t. People are meant to forget


Janie memiliki anak berusia empat tahun bernama Noah. Anak yang ekspresif, penuh imajinasi dan sering mengetahui hal hal yang tak lazim diketahui oleh anak seumuran dia. Tapi bagian buruknya, Noah sering terbangun karena mimpi buruk dan meminta pulang ke rumahnya. Rumah dan ibu yang sebenarnya, menurut Noah bukanlah Jenie. Ibu mana yang tidak sakit hati, sedih sekaligus ketakutan dengan sikap anaknya yang seperti itu? Tapi toh Jenie terus menenangkan diri dan berharap masalah ini segera berlalu, apalagi ia seorang single parent.

Sayangnya, harapan Jenie tak semudah itu terjadi. Suatu hari Kepala sekolah merumahkan Noah sampai keadaan psikologisnya jauh lebih baik, sebab Noah tak hanya membuat teman melainkan gurunya juga ketakutan dengan ceritanya. Hari hari Janie kemudian dilalui dengan kunjungan ke beberapa psikiater anak untuk mengetahui apa yang salah dengan Noah. Kunjungan ke dokter terakhir mengatakan bahwa mungkin Noah memiliki penyakit schizoprenia dan diresepi obat obatan penenang. Tentu saja setiap orang tua tak rela jika anaknya disebut memiliki penyakit jiwa.


 Wasn’t that the lesson of adulthood, of motherhood? You had to be where you were. The life you’re living, the moment you’re in


Tetapi sebuah kebetulan terjadi. Ketika ia sedang mencari tahu di internet akibat dari pemberian obat tersebut terhadap anak anak, Ia tidak sengaja menemukan gejala-gejala kelakuan yang sama dengan Noah. Sebuah penelitian tentang reinkarnasi.

Jerry adalah seorang psikiater, ilmuwan yang fokus penelitiannya pada reinkarnasi. Setelah ia bertemu dengan Noah, ia yakin betul bahwa anak itu adalah reinkarnasi seseorang di masa lalu. Yang harus mereka lakukan sekarang adalah mencari tahu siapa dan dimana seseorang tersebut tinggal. Mungkin dengan demikian Noah tidak akan mimpi buruk lagi.

Maret 15, 2016

Love in Marrakech








Judul Buku : Love in Marrakech
Penulis : Irene Dyah
Editor : Donna Widjajanto
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan Pertama : 2015
Tebal : 212 halaman, paperback
ISBN : 978-602-03-2526-2





 

Berlatihlah melepas orang-orang yang kamu sayangi. Kita bukan pusat dunia.


Seorang gadis melarikan diri ke Maroko, sendirian. Di kota Marrakech, di antara kios-kios pasar yang ramai dan semarak, ia melihat seorang lelaki yang mencurigakan. Sudah sekian kali Nada, nama gadis itu, merasa pernah bertemu dengan si lelaki. Jangan jangan lelaki itu bermaksud jahat padanya? Mencopet atau menculiknya?

Yah, setelah tragedi pemukulan kemudian diketahui bahwa lelaki yang bernama Baztar itu ternyata orang Indonesia juga. Kebetulan donk, sesama solo traveler di negeri antah berantah yang penuh pesona, maka mereka malah jadi akrab.

Nada yang semulanya hanya berniat menghabiskan hari harinya di sekitar hotel tempatnya menginap, atas bujukan Baztar jadi ikut menikmati indahnya kota Maroko. Plus gurun pasirnya.
Udah gitu doank?

Nggaklah. Setelah Nada merasa dapat mempercayai Baztar, ia menceritakan asal mula pelarian dirinya ke negara Maroko itu. Bahwa ia sedang menghindari seseorang dan tak ada yang tahu kemana ia pergi. Yang tidak diketahui Nada adalah bahwa Baztar sebenarnya juga memiliki rahasia yang berhubungan dengan orang yang sama dengan yang sedang dihindari Nada..
Ribet ya?

Tenang aja, ceritanya sederhana kok. Bahkan saya langsung suka cara bercerita penulisnya, seakan akan saya sendiri yang dicurhatin Nada dan Baztar secara bergantian. Tokoh Nada yang cerewet, judes, ngeyelan dan galak membuat curhatannya berasa cewek beneran. Maksudku, eng.. Benar benar terasa kalau kita sedang dicurhatin cewek, yang sok jual mahal, pemalu, denial tapi sebenernya dari gelagatnya kelihatan lah kalau dia mau XD
Maret 14, 2016

Salt to The Sea





Judul Buku :  Salt to The Sea
Penulis : Ruta Sepetys
ISBN : 978-0-698-17262-3
Penerbit : Philomel Books


The sound of children screaming, wood splintering, and life departing roared from behind.


Di tengah-tengah perang, harapan sekecil apapun pasti akan dicari dan dipegang sebagai tempat bertumpunya kekuatan untuk hidup. Begitu pula dengan kelompok kecil yang dipimpin Joana, seorang perawat di usia awal dua puluhan. Bersama seorang lelaki pembuat sepatu, seorang anak lelaki berusia 6 tahun yang yatim piatu, seorang gadis buta, dan seorang wanita yang bertubuh besar bernama Eva, mereka berjalan di tengah hutan yang penuh salju menuju pelabuhan, tempat kapal-kapal harapan akan membawa mereka pergi dari kekejaman perang.

Di tengah perjalanan, mereka bertemu dengan seorang gadis muda bernama Emilia dan seorang anak muda Jerman bernama Florian. Awalnya Eva menolak dua orang tersebut bergabung di kelompok mereka. Tetapi Florian terluka, dan naluri kemanusiaan Joana terdesak untuk merawat pemuda itu bersama Emilia. Singkat cerita, mereka berhasil mencapai pelabuhan yang penuh sesak manusia dan barang. Mereka masih harus mengurus administrasi dan pemeriksaan bawaan sebelum diperbolehkan naik ke kapal.
Maret 10, 2016

Surga Retak




Judul Buku : Surga Retak
Penulis : Syahmedi Dean
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 488 halaman
Cetakan pertama : Juli 2013
ISBN : 9789792296327

Jangan pernah remehkan kata hati. Itulah kelemahan kau, meremehkan hati kau sendiri.

Suri tak tahu kemana Bapak akan membawa pergi dia dan Fatma, saudara kembarnya. Di tengah malam mereka meninggalkan rumah, berkendara motor bertiga meskipun Fatma dalam keadaan demam. Bagaimanalah pula nasib mereka kelak, apakah mereka bisa sekolah lagi? Bagaimana pula dengan Murad, anak lelaki yang akhir akhir ini jadi satu satunya sahabat Suri? Ah hidup memang berat, meskipun di tanah Deli yang makmur ini, hanya kaum ataslah yang kekayaannya berlimpah. Apalagi bapak hanya senang bermain judi, jarang pulang ke rumah, dan sekarang malah entah mereka kabur ke mana. Bapak berkendara seperti dikejar setan saja.

Rupanya Bapak mengajak mereka pindah ke kampung lain di Baturaja. Di sana mereka diperkenalkan kepada Tante Nur, wanita yang akhir akhir ini menempel terus dengan Bapak. Mungkin Bapak sedang jatuh cinta dengan wanita itu, meskipun ia sudah beranak satu, Rohana namanya. Meski awalnya Suri dan Fatma membenci Rohana dan Tante Nur, tapi lama kelamaan mereka sudah merasa menjadi keluarga.

Suatu hari setelah perkenalan Suri dengan Nek Gintung, seorang dukun terkenal di kampung tersebut, Suri mengetahui banyak rahasia dalam hidupnya dari wanita tua itu. Tentang bapak juga tentang masa depan Suri. Sampai takdir membawa Suri pergi melarikan diri dari kampung tersebut, meninggalkan orang orang tercintanya.

Kisah hidup Suri buat saya cukup menarik dan.. yah, amat memusingkan ((Mwahahah)). Saya capek mengamati hidup Suri yang jumpalitan nggak karu-karuan. Beruntung tokoh Suri adalah sosok yang ceplas-ceplos, apa adanya tapi juga lugu. Ia tak sungkan mengungkapkan pikiran atau perasaannya terhadap orang lain. Pandai bergaul dengan orang baru, dan hampir selalu mengingat nasihat nasihat kebaikan dari ibunya dulu. Paras Suri pun cantik, tapi dia tidak tinggi hati bahkan selalu merasa rendah diri. Dia menghormati sekaligus membenci kehidupannya yang susah dan keras.
Maret 09, 2016

Bekisar Merah






Judul Buku : Bekisar Merah
Penulis : Ahmad Tohari
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 358 halaman
ISBN : 9789792266320


Di desa Karangsoga, mata pencaharian utama masyarakatnya adalah penyadap nira. Demikian pula dengan suami Lasi, Darsa, yang berangkat setiap sore untuk mengumpulkan hasil sadapannya di pagi hari. Suatu sore, hujan turun dengan derasnya bersama petir yang menggelegar. Naluri penyadap Darsa tahu bahwa sebaiknya ia tak nekat pergi mengumpulkan hasil sadapan. Tetapi jika ia tak pergi, bagaimana ia akan memberi makan istrinya, sebab jika hasil sadapan itu dibiarkan semalam maka tak akan ada gula bagus untuk dihasilkan. Beruntung seketika langit menghentikan tumpahan airnya, diiringi doa Lasi, berangkatlah Darsa memanjat pohon pohon yang tingginya bisa mencapai puluhan meter. 

Malang tak dapat ditolak, Darsa jatuh dari pohon. Lasi dan keluarganya bergegas mencari kesembuhan bagi Darsa, mulai dari puskesmas sampai ke dukun, semua diusahakan oleh keluarga miskin tersebut. Dasar Darsa, setelah kesembuhannya, ia malah menghamili wanita lain. Tak tahan dengan rasa malu dan kemarahan yang dihadapinya, Lasi kabur ke Jakarta dengan menumpang truk gula. Dengan kecantikan keturunan Jepang yang ia miliki, Lasi dengan mudah menjadi sumber perhatian lelaki.

Tapi Lasi hanyalah wanita desa yang lugu dan taat adat, ia masih punya malu dan harga diri meski akhirnya mau juga ia diperistri oleh seorang pembesar di Ibukota. Handarbeni sangat memanjakan Lasi, diberikannya sebuah rumah mewah, dibiarkannya Lasi berbelanja ini itu dan banyak hal lainnya yang memuaskan Lasi secara materi. Tapi dia merasa ada yang kurang dan hilang dalam hatinya sampai ia bertemu dengan Kanjat, Lelaki masa lalunya.

Bagaimana kemudian kisah cinta Lasi dengan Kanjat?
Maret 07, 2016

Wintergirls





Judul Buku : Wintergirls
Penulis : Laurie Halse Anderson
Tebal : 278 halaman
ISBN : 9780670011100


You gotta accept that and let the flow carry you, stop resisting.


Wintergirls terkenal di kalangan pembaca novel young adult yang suram. Bercerita tentang Lia, gadis ini baru saja kehilangan Cassie yang meninggal dunia di sebuah kamar hotel sendirian. Mereka dulu bersahabat, sampai tak berapa lama persahabatan itu putus dan mereka berdua menjauh satu sama lain.

Lia merasa kehilangan Cassie tapi ia tidak berani menceritakannya kepada orang lain. Terutama karena kedua orang tuanya tak menyukai Cassie dan menganggap gadis itu hanya memberikan pengaruh buruk kepada Lia. Yang tak seorang pun tahu, pada malam kematiannya, Cassie menghubungi Lia berpuluh kali tetapi tidak satupun panggilan itu dijawab oleh Lia.

Terdorong rasa bersalah serta mungkin karena tubuhnya dalam kondisi tidak sehat, Lia merasa terus dihantui oleh Cassie. Bayangan Cassie hadir di kamarnya, di lorong sekolahnya, bahkan di kantor psikiater tempat Lia berkonsultasi. Cassie terus mendorong Lia untuk menyelesaikan kompetisi mereka, siapa yang memiliki berat badan paling kecil, maka dia yang akan menang.
Maret 06, 2016

We Have Always Lived in The Castle







Judul Buku :  We Have Always Lived in The Castle
Penulis : Shirley Jackson
ISBN : 978 1101 530 658
Penguin Classic Deluxe Edition, 160 pages

Keluarga Blackwood meninggal dunia akibat keracunan, menyisakan tiga anggota keluarga yang kini tinggal di kastel mereka di tepi desa. Merricat, Constance dan Uncle Julian tinggal bersama dalam rumah yang megah namun terisolasi dari masyarakat sekitar. Setiap dua minggu sekali, Merricat pergi ke desa untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga serta terkadang meminjam buku-buku.

Orang-orang sejak dulu tak pernah suka dengan keluarga Blackwood, demikian pula terhadap anggota keluarga mereka yang tersisa. Bagi mereka, kastel Balckwood menyimpan misteri sama seperti penghuninya, juga misteri tentang kematian keluarga besar Blackwood yang dicurigai memang sengaja diberi racun.

Anak anak kecil di desa bahkan memiliki nyanyian tentang keluarga Blackwood yang tersisa.
Merricat, said Connie, would you like a cup of tea?
Oh, no, said Merricat, you’ll poison me.
Merricat, said Connie, would you like to go to sleep?
Down in the boneyard ten feet deep!

Suatu hari, sepupu mereka yang bernama Charles datang ke kastel. Lelaki yang berusia tak berbeda jauh dengan Constance itu mencari-cari harta milik keluarga Blackwood yang tersimpan. Dia bahkan menempati kamar milik ayah Merricat dan Constance, menggunakan pipa tembakaunya, membuka kotak perhiasan dan berbagai kelakuan lainnya yang membuat Merricat geram. Charles juga membuat perhatian Constance teralihkan. Jika biasanya Constance selalu mengiyakan kemauan Merricat, kali ini ia mulai menolak kemauan adik perempuannya tersebut dan lebih memilih mengutamakan Charles.

Maret 03, 2016

Les Masques





Judul Buku : Les Masques
Penulis : Indah Hanaco
Penerbit : Grasindo
Cetakan pertama : Maret 2014
Tebal : 240 halaman
ISBN : 9786022514657


Fleur merasa ada yang janggal dengan dirinya, bagaimana bisa ia terpilih menjadi finalis cover girl sebuah majalah remaja ternama tapi sama sekali tak mengingat audisinya? Di rumah pun baik  neneknya maupun bude Nana bersikap seakan akan mereka tahu bahwa Fleur memang sudah mengikuti audisi tersebut. Koper berisi pakaian juga sudah disiapkan di kamarnya, tapi Fleur masih tak ingat kapan ia menyiapkan semuanya. Ia hanya ingat ia kehilangan ingatan setiap kali ia merasa sakit kepala yang sangat. Dan Fleur terlalu takut mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada dirinya.

Elektra bertekad untuk menyelamatkan Fleur dari masa lalunya yang kelam. Menurutnya, Fleur terlalu lugu untuk membela dirinya sendiri. Perlakuan kasar neneknya yang amat membenci Fleur, membuat Elektra menyimpan bara dendam yang setiap saat bisa meledak.

Tatum mengenal Elektra dan Fleur sejak kecil, tapi ia lebih akrab dengan Elektra padahal keduanya amat jauh berbeda. Kalau Elektra cenderung ekspresif dan blak blakan, Tatum adalah sosok yang menutup diri dan memendam kesedihannya. Dia menekan ingatan masa lalu yang pahit milik Fleur agar Fleur tak mengingat-ingatnya lagi. 

Jika tak ada satupun orang di luar sana yang bersedia membela dan melindungi Fleur, membalaskan perlakuan jahat yang ia terima, maka jiwanya sendirilah yang membelah dan melindungi dirinya sendiri.

Sejujurnya, di awal saya sampai melihat ke cover berkali-kali untuk memastikan novel ini karya Indah Hanaco. Oke, mungkin kelakuan saya lebay, tapi saya benar-benar baru tahu kalau Indah menulis novel thriller. Psychology thriller, malahan! FYI, saya pribadi sedang gandrung dengan tema ini, jadi ketika ada penulis lokal yang mengangkat tema ini, tentu saya penasaran donk. Dan ini buku ketiga Indah yang saya baca setelah dua buku sebelumnya tidak berkesan bahkan cenderung datar bagi saya, dan dua-duanya memang bergenre romance.

Novel Les Masques ini memiliki alur yang cepat, pembaca juga diberikan kunci masa lalu Fleur sedikit demi sedikit sehingga menimbulkan rasa penasaran yang terbangun dengan apik sampai akhir cerita. Bumbu romance tetap ada meski hanya sebagai pelengkap, dan mungkin menjadi pemicu meledaknya konflik yang selama ini dipendam oleh masing-masing kepribadian. 

Saya benar-benar berharap Indah akan menulis lagi novel thriller seperti ini, apalagi kalau lebih gelap, dan lebih kompleks kepribadiannya XD

Salam,

Salam,