April 11, 2016

The Infinite Sea - Lautan Tak Bertepi




Judul Buku : The Infinite Sea
Penulis : Rick Yancey
Penerjemah : Angelic Zaizai
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 400 halaman, paperback
Cetakan Pertama ; 2015
ISBN : 978-602-03-1799-1


BEWARE, POSTINGAN INI MENGANDUNG SPOILER BUKU PERTAMA. TIDAK DISARANKAN BAGI KALIAN YANG BELUM MEMBACA GELOMBANG 5

Kalau belum membaca Gelombang 5, Silakan membaca reviewnya dulu di sini




Dalam hutan, dalam dingin menggigit, di permukaan lautan tak bertepi, dia membisikkan nama gadis itu, mempercayakan ingatan akan gadis itu pada angin, pada dekapan pepohonan penjaga yg membisu dan pada asuhan bintang bintang yg setia, yg menjadi namanya, murni dan abadi. Alam semesta yang tak terkekang ada dalam diri gadis itu.. Cassiopeia

 

Setelah melarikan diri dari ledakan, Cassie bersama kelompoknya yang terdiri dari Ben, Sam, Poundcake, Ringer, Dumbo dan Teacup berlindung di sebuah hotel tua. Mereka berdebat siapa yang seharusnya pergi mencari kelompok lain yang selamat, dan karena Ben terluka parah maka Ringerlah yang diputuskan untuk berangkat.

Sementara itu, Evan berhasil menemukan Cassie meski ia juga menggiring bahaya ke kelompok Cassie karena Evan dibuntuti oleh Grace. Grace adalah seorang gadis yang sama seperti Evan, bahkan Grace lebih terampil dan kejam. Bahaya bagi kelompok Cassie tak hanya dari Grace melainkan juga dari pihak musuh, yang mencoba meledakkan mereka dengan perantara seorang anak kecil.

Dua cerita dikisahkan secara bergantian dalam buku ini. Ringer yang kemudian bertemu kembali dengan Vosch serta Kelompok Cassie yang berusaha melarikan diri hidup hidup dari Grace. Diceritakan dari beberapa tokoh dengan PoV pertama membuat ceritanya makin seru. Masih seperti cara bercerita Rick di buku pertama, di buku kedua pun dia mengambil alur maju mundur mengisahkan kehidupan tokoh saat sebelum bencana sampar menyerang.

Alurnya maish lambat, tapi jauh lebih baik daripada Gelombang 5. Saya bahkan tak habis piker mengapa baru kali ini saya membaca, bukannya langsung dibaca aja watu buku ini saya terima dulu. Ya, mungkin karena saya tertipu dengan covernya yang.. ampun.. deh. Saya lebih suka ngga usah ditampilin cewek gitu deh di bukunya, ya mungkin karena Ringer (iya sepertinya tokoh di sampul itu menggambarkan sosok Ringer) mengambil porsi cerita lebih besar dalam buku ini.

Saya akui kisah Ringer tidak lebih menarik daripada kisah Cassie dan Evan, karena entah mengapa buku ini jadi berasa novel romance dengan bumbu dystopia. Tapi untungnya, mungkin karena diceritakan oleh penulis lelaki, bagian pertarungannya cukup mendetail dan seru. Saya harap di buku selanjutnya juga bakal sekonsisten ini sih, mengingat bisa saja pembaca mudah bosan apalagi dengan tokoh yang makin bertambah.

Oh iya, setelah membaca buku ini saya jadi kepikiran kenapa jadi mluntir gitu ceritanya. Kira kira selesai dalam berapa judul ya? Mungkin tak lama lagi?
1 komentar on "The Infinite Sea - Lautan Tak Bertepi"
  1. akhirnya dibaca mba hehe
    covernya memang buat nggak semangat baca y :D

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,