Slide Show

Januari 30, 2016

Ke Mana kau pergi, Bernadette? - Serta tebak SS 2015






Judul Buku : Ke mana kau Pergi, Bernadette?
Penulis : Maria Semple
Alih Bahasa : Nurkinanti Laraskusuma
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan Pertama : 2015
Tebal : 408 halaman, paperback
ISBN : 978-602-03-1967-4


Dalam hati aku berseru, Maju terus Mom! Karena begini. Tak peduli apa yang dikatakan orang tentang Mom, jelas dia tahu bagaimana membuat hidup ini lucu.



Dua hari sebelum Natal, Bernadette Fox menghilang dari rumah. Keluarganya panik dan cemas, ke mana ia pergi, padahal mereka telah berencana untuk berlibur ke Antartika. Buku ini berisi catatan yang dibuat oleh Bee, anak perempuan Bernadette, dalam hal menyelidiki mengapa dan ke mana Ibunya menghilang. 

Cerita diawali dengan permintaan Bee untuk pergi ke Antartika sebagai hadiah atas nilai pelajarannya yang memuaskan. Ayahnya tak menolak, demikian pula dengan ibunya, meski sebenarnya si Ibu mulai panik karena pergi ke Antartika artinya ia harus berada di sekeliling orang-orang baru. Dan Bernadette benci jika harus berada dekat apalagi berinteraksi dengan orang-orang tersebut.

Bee dan Ayah Ibunya tinggal di sebuah lahan besar bekas sekolah perempuan yang terletak di atas bukit. Rumah ini sudah tua, usang dan bobrok dengan banyak lubang bocor di mana-mana. Tapi mereka tak pernah mempermasalahkannya, semua seakan ditangani baik oleh Bernadette, meskipun bermodalkan banyak panci dan handuk-handuk tebal. Bernadette juga menyukai tinggal di tempat tersebut, membuatnya jauh dari kemungkinan berinteraksi dengan tetangga, apalagi jika harus berinteraksi dengan orang tua murid di sekolah Bee, ia amat tidak menyukai hal tersebut. Singkatnya, bertemu manusia lain adalah hal yang amat sangat dihindari bahkan dibenci Bernadette.

Untuk itulah ia menggunakan seorang tenaga professional di dunia maya yang bertindak sebagai asistennya. Manjula, nama asistennya, tinggal di India dan membantu Bernadette dalam melakukan hal-hal sepele, seperti belanja bulanan, membayar tagihan, mengatur janji dengan dokter, sampai mengatur perjalanan liburan Bee dan keluarganya ke Antartika. 

Kalau Bernadette sudah merencanakan kepergiannya dan keluarganya untuk berlibur, mengapa juga dia malah menghilang? Apakah dia melarikan diri, tapi dari apa? Bagaimana nasib Bee dan ayahnya setelah ditinggal Bernadette?

Januari 29, 2016

Dumplin’






Judul Buku : Dumplin’
Penulis : Julie Murphy
Penerbit : Balzer + Bray


When I decided being good at something didn’t mean you had to do it. Just ’cause something’s easy doesn’t make it right. 


Saya rasa hampir sebagian besar gadis gadis di usia remaja akan mengalami masa ketika mereka kekurangan rasa percaya diri. Willowdean mengalaminya saat sahabat satu satunya, Ellen, dekat dengan seorang teman perempuan yang "normal". Sebelumnya Willowdean memiliki kepercayaan diri yang kuat, tetapi ketika melihat Ellen dan Callie mengobrol dengan santai, membicarakan hal-hal yang tak ingin diketahui Willowdean, rasa minder itu pun datang.

Pada saat yang bersamaan, Willowdean jatuh cinta dengan Bo, partner kerja paruh waktunya di sebuah restoran cepat saji. Masalahnya, Willowdean kemudian merasa ia tak cukup layak untuk menjadi kekasih Bo. Laki-laki itu terlalu tampan dan keren untuk menjadi pacar dari seorang gadis gendut dan tak menarik.

Di antara konflik yang terjadi, Willowdean membuat keputusan yang berani, ia akan mengikuti kontes kecantikan yang diselenggarakan tiap tahun di kotanya. Ibunya, mantan ratu kecantikan dari kontes yang sama, memberikan ijin pada Willowdean meski ia terkejut dengan keputusan anaknya. Yang tak disangka, keputusan Willowdean malah menginspirasi banyak gadis-gadis yang bermasalah dengan tampilan fisik mereka untuk ikut kontes kecantikan juga. 

Lalu apa yang akan dilakukan Willowdean selanjutnya?
Januari 27, 2016

Memoria



Judul Buku : Memoria
Penulis : Priscila Stevanni
Penyunting : Bonni Rambatan
Penerbit : Kosong
Cetakan Pertama : Oktober 2015
Tebal : 276 halaman, paperback
ISBN : 978-602-72868-6-3

Bukan ingatan fotografis yang membuatku special, tapi bagaimana aku menggunakannya. Itu yang menjadikannya berharga

Setelah pesta ulang tahunnya, Maira kehilangan sahabatnya yang bernama Rega. Malam itu setelah pesta, Rega masih sempat mengantar Maira pulang ke rumah sebelum Maira melihat dengan jelas bahwa sebuah van putih melaju keras ke arah mobil Rega. Tetapi saat Maira terbangun, ia merasa semua kejadian tadi adalah mimpi. Dengan panik ia mencoba menghubungi Rega, tetapi tak ada nomor kontaknya di ponsel. Ketika di sekolah pun semua temannya tak ada yang mengenal Rega.

Sumpah, Ra. Nggak ada yang namanya Rega di kelas ini!

Maira mulai kebingungan. Apakah ini lelucon? Tapi ketika ia ke rumah Rega dan menemukan bahwa kedua orang tua Rega bahkan tidak memiliki anak seorang pun, Maira mulai ketakutan. Bagaimana bisa orang tua Rega juga tidak ingat siapa Rega?

Januari 26, 2016

Alias





Judul Buku : Alias
Penulis : Ruwi Meita
Editor : Mahir Pradana
Penerbit : Rak Buku
Tebal : 236 halaman, paperback
ISBN : 978602-732-301-8


Aku di dalammu. Kau di dalamku. Datanglah lebih rapat dalam gelap dan kamu akan melihatku.


Jeruk Marsala adalah seorang penulis fiksi roman yang terkenal. 3 novelnya telah diadaptasi menjadi film dan ia sedang menulis novel ketujuh. Popularitasnya menanjak, fansnya banyak dan hidupnya berjalan baik baik saja.

Diam diam, Jeruk membuat novel bergenre horor dengan nama samaran, Rinai. Siapa sangka ternyata novel horornya juga melejit di pasar, bahkan menggeser ketenaran asli Jeruk. Tentu saja Jeruk berbangga hati, tapi dia masih bersikeras untuk tidak menampakkan siapa Rinai sebenarnya ke khalayak umum. Semua urusan naskah dan penerbitan diurus oleh sahabat Jeruk yang bernama Darla. Sebagai teman yang baik dan loyal, Darla senang senang saja membantu Jeruk, apalagi memang mereka berteman sejak kecil.
Januari 24, 2016

Moms and The City – Cerita seru Mamud Masa Kini





Judul Buku : Moms and The City – Cerita seru Mamud Masa Kini
Penulis : Joy Roesma dan Nadia Mulya
Ilustrasi : eMTe
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan pertama : Agustus 2014
Tebal : 406 halaman

Berisi 21 Bab yang berhubungan dengan kehamilan, persalinan sampai dengan tetek bengek urusan Mama setelah si anak lahir. Diceritakan dengan bahasa yang ceplas ceplos, gaul dan lugas alias apa adanya, buku ini benar-benar memberi pandangan lain tentang hal-hal yang mungkin terjadi saat awal-awal seorang wanita menjadi Mama. Sebut saja Bab pertama, “Welcome to the Mama Club (whether you like it or not)”  yang berisi kehamilan, aborsi, dan pengantar lain tentang kehamilan. Di bab lain yang berjudul “Pregnancy Insanity and Baby Blues” juga mengulas hal-hal penting yang membuat Mama pembaca yang menderita hal serupa jadi tidak sendirian. (Duh, kalau saja waktu saya hamil si kakak udah baca buku ini ya. Hahahahahhh.) 

Banyak fakta-fakta menarik yang tidak ada di buku parenting lain (yang biasanya terlalu formal) diceritakan dengan santai di buku ini. Termasuk bagaimana pandangan suami saat melihat istrinya yang sedang hamil, apakah mereka turut berbahagia atau turut deg-degan karena pengaruh hormon membuat si Istri gampang marah-marah nggak jelas. Ada juga kisah-kisah yang membuat pembacanya terkejut karena kelakuan suami, atau kelakuan istri yang nggak bener. Atau tentang harga-harga perlengkapan bayi yang bikin mata mendelik saking mahalnya XD

Cinder – The Lunar Chronicles #1






Judul Buku : Cinder – The Lunar Chronicles #1
Penulis : Marissa Meyer
Penerjemah : Yudith Listiandri
Penerbit : Spring
Tebal : 384 halaman, paperback
ISBN : 978-602-71505-4-6


“Kau akan pergi ke pesta dansa! Kita harus mencari gaun untukmu, dan sepatu. AKu tidak akan membiarkanmu memakai sepatu bot mengerikan itu…”


Setelah Perang Dunia Keempat, bumi terbagi ke dalam 6 negeri besar - Kerajaan Inggris, Federasi Eropa, Uni Afrika, Republik Amerika, Australia dan Persemakmuran Timur. Sebuah wabah menjangkiti penduduk Bumi, tanpa diketahui penyebab dan belum ditemukan obatnya. Penghuni Bumi pun telah banyak berubah, tak hanya manusia tetapi juga ada android dan cyborg yang tentu saja kelasnya lebih rendah daripada para manusia.

Di New Beijing, salah satu kota di Persemakmuran Timur, Cinder tinggal bersama ibu asuh dan dua saudari tiri, Pearl dan Peony. Suatu hari Pangeran Kai, putra mahkota Persemakmuran Timur, mengunjungi bengkel Cinder untuk meminta bantuannya membetulkan salah satu android kerajaan yang rusak. Pertemuan itu ternyata bukan pertemuan terakhir mereka, karena Cinder dan Pangeran Kai kelak akan bertemu beberapa kali di istana. Meski Pangeran Kai amat bersahabat dan ramah terhadap Cinder, gadis itu selalu canggung dan salah tingkah, sebagian besar karena ia tak mau Pangeran tahu kalau ia adalah seorang cyborg.

Sementara itu, ketika Kaisar meninggal dunia, Pangeran menerima bela sungkawa dari Kerajaan Bulan. Bumi dan Bulan sudah lama bersitegang, dan ketika Pangeran naik takhta, Ratu Levana dari Bulan mengunjungi Bumi untuk menyaksikan upacaranya. Rakyat Bumi menganggap penduduk Bulan adalah musuh yang menggunakan sihir untuk mengontrol orang orang Bumi, sehingga ketika Bulan mengajukan aliansi terhadap Bumi, banyak penduduk Bumi yang menolak dengan keras. Sayangnya, setelah kematian kaisar sepertinya tawaran Bulan semakin kuat terhadap Bumi. Terutama Ratu Levana yang berambisi menikahi Pangeran Kai agar memiliki hak untuk berkuasa di Bumi.
Januari 20, 2016

Handle With Care –Sentuh dengan Hati-hati




Judul Buku : Handle With Care –Sentuh dengan Hati-hati
Penulis : Jody Picoult
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 640 halaman
ISBN : 9786020308456

 Willow berusia enam setengah tahun, dan dia sudah mematahkan 68 tulang dalam waktu selama itu.

Seorang bayi, yang amat dinanti orang tuanya, lahir dengan penuh limpahan kasih sayang. Orang-orang akan berebut untuk menggendongnya, mencium pipi mungilnya dan menghirup aroma khas yang dimilikinya. Lalu kedua orang tuanya akan sibuk memilihkan nama, sambil membayangkan kelak kegiatan yang akan mereka lakukan bersama sang anak. Berlari, bermain sepak bola, bermain layangan, atau berenang?

Tapi tidak demikian yang dirasakan Charlotte ketika ia melahirkan bayinya. Bukan kelegaan yang bercokol dalam hatinya melainkan ketakutan serta kekhawatiran akan keadaan anak perempuannya yang dulu kehadirannya amat didambakan. Anak itu terlahir dengan kelainan pada tulangnya, ia menderita Osteogenesis Imperfecta, kondisi ketika tulang-tulang di tubuhnya amat rapuh karena ia kekurangan kolagen. Kelainan ini membuat si anak kelak akan mudah mematahkan tulangnya, baik karena terpleset, ataupun terjatuh. Bahkan saat bersin sekalipun. Anak itu kemudian diberi nama Willow. Saat ia lahir, ada tujuh fraktur yang dalam masa penyembuhan dan 4 fraktur baru akibat proses persalinan. 

Pada dasarnya, yang anda lihat adalah hidup yang diisi oleh rasa sakit, sekalipun waktunya pendek.

Sautu hari, Willow dan keluarganya berlibur ke Disneyland. Tetapi sebuah kecelakaan terjadi, Willow terpleset dan tulangnya patah. Berada di luar kota membuat Sean dan Charlotte tidak bisa meminta pertolongan dokter langganan mereka, dan rumah sakit tempat Willow dirawat mencurigai kalau Willow adalah korban kekerasan oleh orang tua. Meski kemudian kesalahpahaman ini dapat diatasi,  tetapi Sean terlanjur marah dan sakit hati. Ia menghubungi pengacara untuk menuntut orang-orang yang telah menuduh mereka melakukan penganiayaan anak.

Januari 15, 2016

[Master Post] Receh untuk Buku 2016

Ikutan lagiiii, kali ini Receh untuk Buku 2016 dari maya

1. Kumpulkan semua uang receh yang kamu punya sejak bulan Januari-Desember 2016
2. Setelah akhir tahun, hitung jumlah uang tersebut dan belikan buku yang kamu inginkan/bukunya dihadiahkan ke orang lain
3. Buat postingan tentang challenge ini di blog kamu, share di media sosial yang kamu punya
4. Pasang banner Receh Untuk Buku 2016
 
Karena si kakak juga semangat banget ngumpulin receh, maka emaknya juga ga boleh kalah semangat donk XD
Januari 13, 2016

The Silkworm – Ulat Sutra






Judul Buku : The Silkworm – Ulat Sutra
Penulis : Robert Galbraith
Alih Bahasa : Siska Yuanita dan Aan Mansyur
Cetakan Pertama : 2014
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 536 halaman, baca di IJak
ISBN : 978-602-03-0981-1


Nama Saya Cormoran Strike, dan saya Detektif Partikelir


Tidak dapat saya sangkal lagi, Cormoran telah mencuri perhatian saya dalam dua hari ini. Berlanjut ke sekuelnya, The Silkworm, saya menemukan sebuah kasus baru yang seru sekaligus menjijikkan untuk diselidiki.

Cormoran tidak dalam keadaan sehat ketika ia memutuskan untuk menerima kedatangan Leonora. Wanita itu meminta Cormoran untuk menemukan suaminya yang telah 10 hari hilang. Owen, suaminya tersebut, adalah seorang penulis egois, besar kepala dan tinggi hati. Kabarnya Owen baru saja menyelesaikan satu naskah terbaiknya yang diberi judul Bombyx Mori, ulat sutra. Wanita itu tak mau melaporkan kepada polisi karena Owen pernah kabur dari rumah selama berhari-hari dan setelah Leonora lapor ke Polisi, ternyata bajingan itu sedang bermalam di rumah simpanannya.
Januari 12, 2016

[Pengumuman] Pemenang Blogtour When The Star Falls

Setelaah pilih memilih, kali ini saya akan mengumumkan satu orang pemenang dari Blogtour di blog saya ini..



Langsung saja ya, saya nggak pintar berbasa basi XD



Pemenang blogtour When The Star Falls di blog saya adalah :




Mila Rahmatunnisa ( @RnMilaa)



silakan menghubungi saya di @alvina13 atau di orybun@gmail(dot)com 
saya tunggu 3x24 jam ya (sampai Hari Jumat / 15- januari) sebelum saya memilih pemenang baru :)

[Master Post] 2016 FSFD Reading Challenge

 
Kali ini saya ikutan RC FSFD punya Raafi di Ough, My Books!
Yeah, saya tadinya bertekad cuma ikut RC goodreads aja untuk tahun ini. Tapi kok yo ternyata tergoda lagi. 
*wanita gampang digoda*
Berikut syarat FSFD-RC :
  1. FSFD-RC 2016 berlangsung dari 10 Januari 2016 - 10 Januari 2017 (tepat satu tahun). Buku-buku yang dihitung di dalamnya hanyalan yang dibaca pada periode tersebut.
  2. Kamu tidak perlu mempunyai blog untuk ikutan FSFD-RC 2016. Tetapi harus membuat review dari buku yang dibaca.
  3. Harus memiliki media untuk mengepos review, baik itu blog, akun Facebook melalui fitur "Notes", akun Goodreads, atau yang lainnya.
  4. Buku yang dibaca merupakan genre fantasi, fiksi ilmiah, dan distopia tanpa batasan subgenre. Selengkapnya bisa baca di sini.
  5. Buku yang dibaca boleh dalam bentuk fisik (paperback) dan digital (e-book).
  6. Mendaftarkan dirimu melalui formulir di blog Raafi. Pendaftaran dibuka hingga 31 Desember 2016 
Kali ini saya mengambil kategor Muggle (20 buku)
Berserta seluruh kategori tambahan :
 

The Cuckoo’s Calling – Dekut Burung Kukuk




Judul Buku : The Cuckoo’s Calling – Dekut Burung Kukuk
Penulis : Robert Galbraith
Alih Bahasa : Siska Yuanita
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan pertama : 2014
Tebal : 520 halaman, baca di IJak (tapi punya buku cetaknya kok, beneran.)
ISBN : 978-602-03-0062-7

Bagaimana saya mengawali review ini? Berhubung buku ini sudah lama dan sudah banyak banget reviewnya, maka sayaakan bercerita singkat saja.

[Master Post] Read and Keep Challenge






Berhubung tahun ini saya nggak jadi Host Reading Challenge, saya berniat menjadi Host sebuah proyek pribadi. 

Sebelum itu, mari dengarkan dulu asal muasal ide Challenge ini muncul. Saat itu Mba Lila dan Ika sedang membahas seorang member BBI, Sany namanya, yang berhasil membeli e-reader dengan proyek pribadinya. Setiap selesai membaca satu buku, ia akan konsisten menyisihkan sekian ribu untuk ditabung.
Dalam hati saya mulai mengkalkulasi kalau saya ikutan proyek tersebut. *iya emak emak mode on*

Kalau saya berhasil membaca 100 buku dalam setahun, dan setiap satu buku yang selesai saya baca, saya akan menabung sebesar 10.000, maka setahun saya akan mendapatkan uang sebesar 1.000.000. Mata saya langsung kedap kedip bahagia sambil membayangkan saya akan bisa membelanjakan uang tersebut untuk diskon akhir tahun di toko buku! Ya emang baliknya ke buku lagi sih, tapi bisa juga uang itu digunakan untuk hal lain. Liburan, misalnya, atau membeli baju baru, atau makan-makan. Anggap saja ini menyisihkan uang dari kesenanganmu untuk kesenanganmu berikutnya.

Kemarin saya juga sudah minta ijin empunya proyek (Sany), dan direstui *halah*.

Januari 04, 2016

[Guest Post] 5 Buku yang Bikin Perasaan Campur Aduk oleh Wardah



 Hari ini saya kedatangan tamu lagiii... Wardah si pemilik blog Melukis Bianglala
 Sebenernya sih udah dari Desember kemarin rencana Guest postnya, tapi kayaknya Wardah lagi sibuk banget jadi baru sekarang bisa saya postiing.
Mumpung masih awal Januari, simak yuk tentang 5 buku yang...... ya gitu deh.. menurut dia.


Januari 02, 2016

[Wrap Up] Proyek Baca Buku Cetak



Berikut rekap 2015 RC Baca buku cetak saya :


  1.  Perfect Pain - Anggun P
  2.  Siever - Winda Reksa
  3.  Cameo Revenge - Yudhi Herwibowo
  4. 728 hari - Djono W Oesman
  5. Juliet - Anne Fortier
  6.  Wonderstruck - Brian Selznick
  7. Cerita Cinta Indonesia - 45 Penulis Gramedia
  8.   Sine Qua Non- Marga T
  9.  Samantha's Secret - Shandy Tan
  10.  Nocturnal - Poppy D Chusfani
  11. Araminta Spook Rumah Berhantu - Angie Sage 
  12. Araminta Spook Pedang Dalam Gua - Angie Sage 
  13. Araminta Spook Penculikan Katak - Angie Sage
  14.  The BFG- Roald Dahl
  15. The Graveyard Book - Neil Gaiman
  16. Inheritance - Christopher Paolini
  17.  The Tales of Beedle The Bard - JK Rowling
  18. Titik Nol - Agustinus Wibowo
  19.  Happily Ever After - Winna Efendi
  20. Maryam - Okky Madasari
  21. Chicken Soup for The Soul Graphic Novel 1-2 
  22.  Inkspell - Cornelia Funke (2012)
  23. Hujan Bulan Juni - Novel - SDD 
  24. Critical Eleven - Ika Natassa
  25.  Above The Stars - D Wijaya 
  26.  Take Of My Red Shoes - Nay Sharaya 
  27. Lara - Sybill Affiat 
  28.  Halaman Terakhir - Yudhi Herwibowo
  29. When The Star Falls - Andry Setiawan
  30. Kitchen #1- Jo Joo Hee 
  31.  Somewhere Only We Know - Amrazing
  32. Jurus Jitu Ke Luar Negeri
  33.  By The Time You Read This, I'll Be Dead - Julie Anne Peters
  34. Still Alice- Lisa Genova
  35.  Re-Write - Emma Grace
  36. Trilogi Warna - Kim Dong Hwa (2003) 
  37. 7 Kisah Klasik - Edgar Allan Poe 
  38.  Astrie Ivo - Yugha Erlangga
  39. Ulysses Moore - Kunci Utama - Pierdomenico B
Dari 107 cuma dapet sepertiganya XD
Lumayan lah yaa

[Wrap Up] New Author RC


kemaren saya ambil level : middle
kategori : Girl Power, Support Local Author, Ebook lover


Berikut rekap NA Reading Challenge saya di tahun 2015 kemarin :


  1. Guntur Alam -Magi Perempuan dan Malam kunang Kunang (Desember)/Support Local Author
  2.  Perfect Pain - Anggun P (Desember)/Girl Power
  3.  The Book Club - Mary Alice Monroe (Desember)/Girl Power
  4.  Siever - Winda Reksa (Desember)/Support Local Author
  5. Cantik Itu Luka - Eka Kurniawan (Desember)/Support Local Author
  6. Perempuan Langit - Dita Safitri (Desember)/Girl Power
  7. The Thing ABout Jellyfish -Ali Benjamin (Desember) / Ebook Lover
  8. Sylvia's Letter - Miranda Malonka (Desember) / Support Local Author
  9. Jodoh untuk Naina - Nima Mumtaz (Desember) / Support Local Author
  10. Tiga Bianglala - Misna Mika (Desember) / Support Local Author
  11. I Found You in Natuna - Agusta K (Desember) / Support Local Author
  12.  728 hari - Djono W Oesman (November)/Support Local Author
  13. Sejoli- Wangi MS (Januari)/Support Local Author
  14. Speak - Laurie H Andreson (Januari)/Girl Power
  15. Juliet - Anne Fortier (Januari)/Girl Power
  16. Spellbound - Anna Dale(Januari) / Ebook lover
  17. Tell The Wolves, I'm Home - Carol R Brunt (Januari)/ Ebook lover
  18.  Aristotle and Dante Discover The Secret of The Universe- Benjamin  A Saenzs(Januari) / Ebook lover
  19. Every Day - David Levithan (Februari)
  20. The Girl on The Train - Paula Hawkins (Februari) / Ebook lover
  21.  Bird Box - Josh Malerman (Februari) / Ebook lover
  22. All The Light We Cannot See - Anthony Doerr (Februari)/Girl Power
  23. Mosquitoland - David Arnold(Maret) / Ebook lover
  24.  Sine Qua Non- Marga T (Maret)/Support Local Author
  25. Still Alice- Lisa Genova (Maret) /Ebook lover
  26. Samantha's Secret - Shandy Tan (April) 
  27.  A Monster Calls - Patrick Ness (Mei)
  28. Escape from the Mr. Lemoncello's Library - Chris Grabenstein (Juli)/Ebook Lover
  29. A Head Full of Ghost - Paul Tremblay (Juli)/Ebook Lover
  30. Because You'll Never Meet Me - Leah Thomas(Juli)/Ebook Lover
  31. The Boy in The Dress - David Walliams (Juli)/Ebook Lover
  32. Above The Stars - D Wijaya (Juli)
  33. Kereta Tidur - Avianti Armand ( Juli) / Support Local Author
  34. Take Of My Red Shoes - Nay Sharaya  (Juli)
  35.  Lara - Sybill Affiat(Agustus)
  36. Kitchen #1- Jo Joo Hee (Agustus)
  37.  When The Star Falls - Andry Setiawan(Agustus)/Support Local Author
  38. Somewhere Only We Know - Amrazing (Agustus)/Support Local Author
  39. By The Time You Read This, I'll Be Dead - Julie Anne Peters (September)
  40. Re-Write - Emma Grace (September)/Support Local Author
  41. The Martian - Andy Weir (Oktober)
  42. Trilogi Warna - Kim Dong Hwa (Oktober)
  43. Ulysses Moore - Kunci Utama - Pierdomenico B (Oktober)
  44. On The Island- Tracey Graves (Oktober)/ Ebook Lover

Lumayan lah ya, 44 buku booooooo

Tembus Hard ini mah XD

Girl Power :6
Support Local Author :14
 Ebook lover : 12

[Wrap Up] TBRR Pile 2015





Berikut rekap 2015 TBRR Reading Challenge saya :

  1. The Book Club - Mary Alice Monroe (Oktober 2014)
  2. Cantik Itu Luka - Eka Kurniawan (Februari 2012)
  3. Perempuan Langit - Dita Safitri (November 2014)
  4.  Sejoli- Wangi MS (2014)
  5. Speak - Laurie H Andreson (2011)
  6. Juliet - Anne Fortier (2012)
  7. Spellbound - Anna Dale (2009)
  8. Tell The Wolves, I'm Home - Carol R Brunt (2012) 
  9.  Wonderstruck - Brian Selznick (2013)
  10.  Aristotle and Dante Discover The Secret of The Universe- Benjamin  A Saenzs (2012)
  11.  Cerita Cinta Indonesia - 45 Penulis Gramedia (2014)
  12. Every Day - David Levithan (2012)
  13.  Bird Box - Josh Malerman (2014)
  14. All The Light We Cannot See - Anthony Doerr (2014)
  15. Sine Qua Non- Marga T (2014)
  16. Still Alice- Lisa Genova (2007)
  17.  Samantha's Secret - Shandy Tan (Oktober 2012)
  18. Nocturnal - Poppy D Chusfani (2008)
  19. Araminta Spook Rumah Berhantu - Angie Sage (2014)
  20.  Araminta Spook Pedang Dalam Gua - Angie Sage (2014)
  21. Araminta Spook Penculikan Katak - Angie Sage (2014)
  22. The BFG- Roald Dahl (2010) 
  23.  The Graveyard Book - Neil Gaiman (2013)
  24.  Inheritance - Christopher Paolini (2012)
  25. The Tales of Beedle The Bard - JK Rowling (2010) 
  26. Titik Nol - Agustinus Wibowo (2012) 
  27. A Monster Calls - Patrick Ness (2011) 
  28. The Husband's Secret - Liane Moriarty (2013)
  29. Happily Ever After - Winna Efendi (2014)
  30. Maryam - Okky Madasari (2012) 
  31. Chicken Soup for The Soul Graphic Novel 1-2 (2009) 
  32. Inkspell - Cornelia Funke (2012)
  33. Escape from the Mr. Lemoncello's Library - Chris Grabenstein (2013)
  34.  The Boy in The Dress - David Walliams (2008)
  35.  Tales From The Dark - Lexie Xu dll (2013)
  36. Mirror Mirror on The Wall - Poppy D Chusfani (2008)
  37.  The Martian - Andy Weir (2014)
  38. Trilogi Warna - Kim Dong Hwa (2003)

Dari 107 dapet 38 buku, lumayaaan donk yaah.. mengurangi timbunan lama dan menambah yang baru. ngoahahahah

[Wrap Up] Donate For Comments 2015




Tahun 2015 saya memantapkan diri untuk ikut Donate for Comments. Dari setiap komen yang dipublish di blog saya selama tahun 2015, saya akan menyisihkan 500,-

Hari ini saya merekap keseluruhan komen dan saya terkejut banget. Ternyata banyak yang meninggalkan komentar di blog saya *terharu* *meskipun pas giveaway* *ngga apa deh ya*

Total komen : 516

Sehingga saya bisa menyisihkan 258.000,-  untuk didonasikan.

Donasi akan saya serahkan kepada Oky, sang host, untuk kemudian diberikan kepada www.keluargayatim.com


Terima kasiih untuk kalian yang sudah bersedia meninggalkan komentar di blog saya selama 2015 ini. I love you, guys! *alay mode on*




Januari 01, 2016

[Wawancara] When The Star Falls Blog Tour : QA With Andry Setiawan - Anti Hero Character










Sudah baca When The Star Falls?
Seperti yang sudah diceritakan di blogtour sebelumnya, buku ini mengisahkan tentang kisah cinta Sam dan Lynn. Kamu bisa membaca resensi saya di sini.

Pada postingan ini, saya akan mengobrol sedikit dengan Kak Andry. Sebelumnya, mari kita kulik dulu siapa itu Sam.

Sam adalah seorang anak tunggal yang hidup bersama ibunya. Sang Ayah telah lama meninggalkan mereka dan tak pernah ada kabar darinya, Sam bahkan sudha tak peduli lagi dengan Ayahnya. Tinggal di kota kecil membuat Sam tak terlalu banyak tingkah. Kehidupannya sebatas kerja, pulang, mengobrol dengan ibunya dan menjenguk Lynn, wanita pujaannya yang sakit parah.  

Pada umumnya, novel romance yang saya baca menampilkan lelaki yang tegas, yang slengean, atau yang pedenya berlebihan. Nah, saya jarang menemukan ada cerita tentang lelaki yang mundur dalam hal percintaan hanya demi "membahagiakan kekasihnya". Membaca kisah Sam ini, sejujurnya membuat saya sebal bukan main. Bagaimana tidak? Karakter Sam di cerita ini sangat menyebalkan, dia selalu berpikiran negatif, keras kepala, egois dan cara pandangnya sempit. Sam juga terus-terusan menyalahkan diri sendiri. Sam adalah seornag lelaki yang tidak memiliki kepercayaan diri.  Tak hanya Sam, hampir sebagian besar tokoh lelaki di buku ini memang dikisahkan memiliki masalah kepribadian yang sama, tak percaya diri.
 

Me : Halo kak Andry!
Selamat atas peluncuran novel barunya ya.. langsung dua novel pula. :))
Saya ajak ngobrol sedikit tentang tokoh utama di novel When the Star Falls ya.

Me :  Terinspirasi dari pengalaman pribadikah, tokoh Sam ini?
A : Awalnya, ingin membuat tokoh seperti Sam Winchester dari serial Supernatural, tapi gagal.
Haha.
(Ya ampun, Kak. Ternyata suka nonton Supernatural ya? *gelayutan di pundak Dean)

Saya juga suka dengan tokoh di buku karya Ichikawa Takuji yang berjudul 'Be With You'. Di situ tokoh utama cowoknya minderan.
(uhuk, boleh nih kapan kapan diterjemahin sama Haru, kak..)

Sisi buruk Sam saya ambil dari sifat saya sendiri dan sifat salah seorang teman saya. Suka mikir masalah sedalam-dalamnya dan mikir sendiri sampai nggak bisa berbuat apa-apa, dan keras kepala.
(kayaknya emang laki laki identik ama keras kepala ya..)

Me : Biasanya kan tokoh laki laki tuh nyebelinnya lebih ke yang terlalu percaya diri. Tapi Mengapa kakak menjadikan Sam sebagai tokoh yang minder?
A : Untuk menyampaikan bahwa tidak selamanya cowok itu kuat. 
(hear guys, heaarrr!)

Kan selama ini novel-novel YA Romance selalu menggambarkan tokoh pria yang dominan dan kuat, sedangkan wanita adalah sosok yang harus dilindungi. Tapi, tidak selamanya seperti itu. Wanita kadang juga harus bisa menjaga dirinya sendiri, dengan atau tanpa tokoh utama pria.

Me : Apakah kakak sebelumnya pernah membaca tokoh tokoh anti hero? Atau mengidolakan sosok antihero? (Antihero contohnya seperti Snape, V di V for Vendetta, Jason Bourne di Bourne ultimatum dkk, yah yg nyebelin tapi hero gitu deh).
A : Sebelumnya, tidak akrab nih dengan istilah anti hero. Tapi setelah tahu contoh Snape, kira-kira saya bisa membayangkan seperti apa anti hero itu. Apakah saya mengidolakan sosok anti hero? Mungkin iya, karena Snape sendiri punya alasan kenapa dia seperti itu, kan? Mereka bisa mengajari kita untuk tidak menghakimi orang lain hanya berdasarkan tindakan mereka saja tanpa mengetahui latar belakangnya.

Me : Ada pesan tertentu nggak yang ingin kakak sampaikan kepada pembaca lewat sosok Sam? Kalau ada, pesan apakah?
A : Masalah ada bukan untuk dipikirkan dan direnungi, tapi untuk ditindaklanjuti. Mungkin seperti itu, kali ya. Sam selalu memikirkan masalahnya dalam-dalam, memutuskan semuanya sendiri dan selalu menganggap bahwa dirinya adalah 'korban' yang patut dikasihani.
Yah... 'berakting sebagai korban' tidak memecahkan masalah, malah bikin orang sebel. Jadi, teman-teman... berhenti berakting sebagai korban ya. Jangan seperti Sam. :P
(apalagi kalau berhubungan ama cinta ya kaaak. Atau baru putus cinta XD)

Me : Hampir semua tokoh di novel ini memiliki kekurangan yang jelas dijabarkan dalam cerita. Apakah kakak sengaja ingin menciptakan image bahwa tak ada manusia yang sempurna? Atau sebenarnya ini hanya kebetulan saja?
A : Yep. Tidak ada manusia yang sempurna. Terlebih, tidak ada pria yang sempurna, teman-teman. Sadar nggak ya, yang bermasalah di novel ini, semua pria? 
Ditambah lagi, apa serunya membaca novel yang karakternya semua sempurna, kan?

Me :  Kakak pernah jatuh cinta? Kalau kakak jatuh cinta, apakah kakak akan terus memperjuangkannya atau pasrah saja biar mengalir kayak kisahnya Sam dan Lynn?
A : Pernah. Haha. Mungkin saya jenis seperti Sam yang membiarkannya mengalir saja. Bukan karena terlalu memikirkannya dalam-dalam, tapi lebih karena saya tidak terlalu memikirkannya. Lebih ke cuek. *hehe
(*puk puk pacarnya kak Andry)

Me : Apakah kakak puas menciptakan tokoh Sam yang bikin pembacanya gregetan saking sebelnya?
A : Sangat puas. Semoga tidak muncul Sam yang lain lagi. Hehe.
(Beginilah rasa gregetannya kalau baca kisah tokoh-tokoh anti hero)

Me : Kalau sedang memberi sifat ke tokoh tokoh dalam novel kakak, biasanya inspirasi datang dari mana?
A : Orang-orang di sekitar. Kalau kita amati baik-baik banyak sekali sifat-sifat yang ada di sekitar kita.Karena itu, bagi teman-teman yang ingin jadi penulis, jadilah pengamat yang baik. Perhatikan orang-orang di sekitarmu, dan cobalah untuk menarik kesimpulan dalam sifat temanmu.
(Nah, tips nyari karakter buat kamu yang sedang menulis atau mau jadi penulis nih!)
Me : Obrolannya kita sudahi dulu ya kak. Nanti kalau kepanjangan kasian temen temen yang mau ikutan ngobrol sama kakak. Makasih banyaak..

A :  Makasih kembali kak Vina! ^^


Demikian QA saya dengan Kak Andry. Sekarang saatnya kalian ikutan ngobrol sama kak Aandry ya. Pertanyaannya bisa kalian publish di kolom komen, nanti Kak Andry sendiri yang akan menjawabnya juga via komen. Semua komen akan saya moderasi, tapi saya usahakan untuk mengecek tiap dua jam sekali biar tidak terlalu lama ketimbunnya. Periode Giveaway ini dari 1-7 Januari 2016 ya ^^

Bagi seorang penanya dengan pertanyaan terunik, akan mendapatkan hadiah satu buah Novel When The Star Falls.

Jadi, ayo tanyakan saja pertanyaanmu!