Slide Show

Mei 18, 2022

Spirits Abroad





 Judul Buku : Spirits Abroad

Penulis : Zen Cho

Publisher : Recorded Books

Audiobook (12j49m)

Denger di Storytel

ASIN : B091JD9FHF


Magic requires believe to drive


Kumpulan cerpen/novela ini terbagi menjadi tiga bagian yaitu here, there dan elsewhere. Di bagian pertama, here, background cerita mengambil tempat di sekitaran Malaysia-Singapore-Indonesia. Dengan setting tahun yang tak disebutkan dengan pasti, mengulik kehidupan cina peranakan dan kepercayaan mereka terhadap entitas tak kasat mata. 

Hampir semua cerita di bagian ini sangat berkesan buat saya. Mulai dari cerita pertama tentang vampir, lalu tentang ikan koi yang mengabulkan tiga permintaan, juga tentang Orang Bunian. 

Tapi dua cerita yang saya suka adalah The House of Aunts dan Balik Kampung. The House of Aunts bercerita tentang vampir berusia enam belas tahun yang jatuh cinta dengan manusia. Selain membahas tentang perbedaan dan bagaimana cara mereka membaur, di cerita ini juga terasa betul bagaimana penulis mengisahkan diskriminasi pada wanita terutama saat mereka masih hidup. Setelah menjadi vampir barulah kebebasan dapat mereka rasakan.


Dari Balik Kampung, penulis seperti menyelipkan pesannya bagi para pembaca bahwa terkadang sumber penderitaan yang kita pikir kita rasakan itu bukanlah yang sesungguhnya. Perlu bantuan orang lain untuk melihat siapa atau apa sebenarnya our personal agony tersebut.

Mei 13, 2022

The Midnight Library

 



Judul Buku : The Midnight Library
Penulis : Matt Haig
Tebal : 368 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Baca di Gramedia Digital
Cetakan Pertama : 2021

Bahwa kau bisa menentukan pilihan-pilihan tetapi tidak hasil akhirnya


Setelah Nora meninggalkan calon suaminya menjelang pernikahan, dipecat dari kantornya, kucingnya mati, dan segenap kesialan yang tak kuat lagi ia tanggung membuatnya memutuskan untuk mati.

Di antara kesadaran dan kematiannya, Nora bertemu Ms. Elm, pustakawati di sekolahnya dulu. Berlatar perpustakaan dan jam yang selalu menunjuk ke angka 00.00, Ms.Elm memandu Nora untuk memilih buku kehidupan mana yang Nora ingin buka.


Selama kita hidup, kita telah berada di jutaan atau mungkin miliaran pilihan. Terkadang pilihan sederhana seperti makanan apa yang akan kamu makan untuk sarapan, atau pilihan sulit seperti apakah kamu akan meneruskan menjadi atlet renang olimpiade atau berhenti. Buku di perpustakaan itu berisi kehidupan yang terjadi kalau kita mengambil pilihan berbeda dari yang kita jalani sekarang.

Maka bertualanglah Nora dari kehidupan satu ke kehidupan lainnya, ia menjadi seorang istri, seorang ibu, seorang peneliti, atlet renang sampai seorang penyanyi. Begitu banyak pilihan hidup yang ia jalani untuk membuatnya menemukan kembali keinginannya untuk hidup. Tapi apakah Nora menemukan kehidupan itu?

Mei 12, 2022

All That Fills Us

 




Judul Buku : All That Fills Us
Penulis : Autumn Lytle
Tebal : 352 halaman (10j44m)
Denger via audiobook di Storytel
Narator : Libby McKnight
Cetakan Pertama : 2022

You look so strong , mel, you really do.
But im also so afraid you're going to shattered into a million pieces


Ketika terbangun di rumah sakit, Mel tahu ia kembali mengecewakan dokter dan neneknya. Maka ketika sang dokter merencanakan rehabilitasi penuh untuk memulihkan eating disordernya, Mel memutuskan ia harus melakukan sesuatu.

Mel suka camping, juga berolah raga, ia harus memastikan kalori yang masuk ke tubuhnya segera terbakar dengan banyak gerak dan olahraga adalah penyelamatnya.

Muak dengan hidupnya yang kacau, Mel memutuskan untuk melakukan perjalanan dari tempatnya di Grand Rapids, Michigan menuju Mount Rainier di Washington, sendiri dengan berjalan kaki.

Rencana yang sangat ngga waras jika dilogika, ia sendiri tahu itu. Tapi ia ingin melakukan sesuatu dan berjalan kaki tetap membuat berat badannya stabil, bahkan bisa jadi lebih kurus dari sekarang. Selain itu, ia terinspirasi dari ayahnya yang juga melakukan perjalanan ketika masih muda.

Ada banyak orang orang yang Mel temui dalam perjalanannya sepanjang ~2180 miles tersebut.
Mei 01, 2022

The Storyteller

 





Judul Buku : The Storyteller

Penulis : Jodi Picoult

Tebal : 480 halaman (18j16m)

Via Storytel 

Penerbit : W.F Howes (audiobook) dan Atria/Emily Bestler Books (ebook)


I know how powerful a story can be. It can change the course of history. It can save a life. But it can also be a sinkhole.


Bermula dari pertemuannya di toko roti tempat Sage bekerja, ia berkenalan dengan Josef. Lelaki tua berumur sembilan puluhan itu kemudian sering berkunjung dan mengobrol dengan Sage, keduanya berada di grieving group yang sama.


Perkenalan ini ternyata bukan cuma-cuma, Josef meminta tolong Sage untuk mewujudkan keinginan terakhirnya yaitu menghilangkan nyawa Josef. Usut punya usut, Josef dulunya tergabung dalam SS dan terlibat di peristiwa Holocaust. Perasaan berdosa yang menghantuinya membuatnya merasa tak pantas hidup lama. Tapi separah apapun penyakit yang menjangkitnya, mulai dari kanker sampai pneumonia, ia masih tetap hidup. 


Sage sendiri adalah seorang dari keluarga Yahudi. Meski ia mengaku atheis, tapi pengakuan Josef cukup mengganggu hatinya. Ia ingat bahwa neneknya adalah salah seorang survivor dari peristiwa Holocaust. Maka tak urung, mulailah Sage mencoba mencari tahu masa lalu neneknya.


Apakah Sage akan mengiyakan permintaan Josef? Atau apakah ia akan menolaknya dan menyerahkannya ke FBI agar Josef dideportasi?

Salam,

Salam,