Mei 28, 2012

Room


Judul Buku : Room
Penulis : Emma Donoghue
First published 2010 by Picador
ISBN : 978-0-330-53398-0 (PDF)

Jack adalah anak laki-laki berusia 5 tahun yang tinggal bersama ibunya, Ma, di suatu tempat bernama Room. Room adalah segalanya bagi Jack, ia lahir dan dibesarkan di tempat itu. Di luar Room yang ada hanya Outside, yang selama ini menurut Jack semuanya tak nyata. Apa yang ada di Room itulah yang nyata, ada Ma, Lemari pakaian, Kasur, Tanaman, TV dan beberapa benda lainnya. Tapi semua yang ada di TV tak benar-benar nyata, seperti Dora, Diego, Backyardigans, Spongebob Squarepants, orang-orang, es krim, menurut Ma semua yang ada di TV adalah tak nyata .

Tapi ada Old Nick, seorang laki-laki yang sering membawakan barang-barang pesanan Jack dan Ma. Old Nick juga membuang sampah yang diletakkan Ma di dekat Door. Bila pukul 9 malam, dan Door berbunyi Beep..Beep.. itu berarti Old Nick datang ke Room. Terkadang Old Nick berbicara sesuatu dengan Ma, tapi Jack selalu dilarang Ma untuk bertemu Old Nick. Jack pikir Old Nick mungkin bukan sesuatu yang nyata

”Men aren’t real except Old Nick, and I’m not actually sure if he’s real for real. Maybe half ? He brings groceries and Sundaytreat and disappears the trash, but he’s not human like us. He only happens in the night, like bats. Maybe Door makes him up with a beep beep and the air changes.”

Suatu hari, Jack membuat Old Nick marah sampai-sampai listrik dimatikan selama dua hari. Dalam kesepian itu, Ma menceritakan sejarah hidupnya sampai tiba di Room. Ternyata saat berusia 19 tahun, Ma diculik oleh Old Nick lalu disekap di dalam Room sampai kemudian ia melahirkan Jack dan membesarkannya. Ma juga mengatakan bahwa di luar Room masih ada kehidupan nyata lainnya. Jack yang masih kecil amat sulit memahami penjelasan yang diberikan Ma, terlebih karena selama ini yang ia tahu tak ada yang benar-benar nyata selain Room.

Ma kemudian bertekad untuk melarikan diri dari Room, tapi untuk itu ia butuh bantuan Jack. Mampukah Jack membantu Ma melarikan diri dari Room, tempat yang selama ini membuatnya nyaman? Jika ia berhasil, mampukah ia dan Ma bertahan di Outside? Namun jika ia gagal, sanggupkah mereka menghadapi kemurkaan Old Nick?

Satu kesan saya dalam membaca buku ini, ceritanya amat menggugah. Bagaimana tidak, dikisahkan dari PoV anak 5 tahun membuat cerita ini memiliki kekuatannya sendiri. Konflik yang dibangun adalah konflik yang diciptakan oleh Ma, namun berimplikasi pada cara pandang Jack. Diceritakan dalam Lima bab, yaitu Presents, Unlying, Dying, After dan Living, pembaca diajak sedikit demi sedikit belajar menjadi anak kecil kembali.

Buku ini sungguh memiliki pesan moral yang banyak, meski kalau saya boleh menggaris bawahi yang paling utama adalah bagaimana seorang anak belajar memandang keluar zona nyamannya. Room adalah segalanya bagi Jack, sedangkan Ma adalah sumber segalanya. Bagaimana ia belajar mempercayai bahwa ada benda dan hal-hal di luar sana yang tak pernah ia sentuh, tak pernah benar-benar ia lihat (selain melalui televisi) dan harus ia percayai bahwa semuanya itu nyata?

Tokoh favorit saya tentu saja Ma, ia seorang wanita dan Ibu yang memainkan perannya dengan berani. Ia mampu menghadirkan zona nyamannya yang baru yang dibangun bersama dengan anaknya, hanya berdua. Ma mampu menciptakan berbagai permainan, mengajarkan kosakata, menceritakan berbagai kisah, belajar hitung-hitungan dan hidup selama 7 tahun tanpa ada kontak langsung dengan dunia luar. Dear, catat, ia diculik ketika berumur 19 tahun, ketika masih usia kuliah dan mungkin sama sekali belum kepikiran bagaimana cara merawat anak, tapi somehow dengan kekuatannya ia bertahan.

Ada banyak kutipan yang saya suka, tapi saya comotkan satu yang paling saya suka ya..
"If we don’t mind, it doesn’t matter.”

Ada beberapa kali muncul kalimat yang tak lazim, seperti The He, The She, Brung dan beberapa kata lainnya yg tidak tepat, tapi saya anggap ini karena Si Penulis mencoba mempertahankan keluwesan cara anak kecil berbicara yang belum teratur dengan baik. Selain itu kecerewetan Jack dan ketidaknyamanannya jika harus keluar dari rutinitas dan zona nyamannya saya rasa juga hasil riset penulis yang benar-benar berhasil menghadirkan bagaimana kelakuan seorang anak berumur lima tahun.

Sebenarnya sudah lama saya berniat membaca buku ini, tetapi kemarin setelah menonton Criminal Minds S7, di sebuah episode, mengingatkan saya akan cerita di buku ini. Tentang seorang penculik anak perempuan yang kemudian menghamilinya dan menyekapnya. Tapi sayangnya di film tersebut, Si anak perempuan ini tidak mampu bertahan meski hidupnya difasilitasi oleh Si Penculik. Ia lebih memilih bunuh diri sekaligus membunuh anak yang dikandungnya daripada hidup bersama Si Penculik.

Ya, dunia memang penuh manusia. Tak semuanya baik, sebab di antara mereka juga ada binatang yang menyamar sebagai manusia.

4 bintang untuk Ma dan Jack.

 
10 komentar on "Room"
  1. belum ada terjemahannya ya

    BalasHapus
  2. beluum, duh padahal bagus loh..

    BalasHapus
  3. awal baca dulu, rasanya agak 'berat' memahami yang dibicarakan antara ibu dan anak ini. Saya baca ebooknya, tp ga bertahan lama, karena loading pemahaman saya kadang lemot, apalagi ternyata buku ini diambil dr kacamata Jack y? Hehehe... Jadi gitu ya ceritanya?

    BalasHapus
  4. Ahhh aku suka banget ma buku iniii :D:D kerennn :D aku malah suka banyak kata-kata yg salah karena ditulis dari sudut pandang si Jack. jdi kerasa banget polosnya :)) nice review ;)

    BalasHapus
  5. @ Mbak Lila : iyaa.. bagus lo Mbak, ayo bertahan membacanya ~syalalalala

    @ Stef : iyaa aku tuh terkompori banyak review teman BBI yg kasih bintang tinggi buat buku ini. dan saya juga sukaaa

    BalasHapus
  6. aku suka buku ini...!!! keren..
    Jack yang polos, Ma yang ketinggalan jaman karena kelamaan dikurung

    BalasHapus
  7. masih merinding kalo ngebayangin harus ngabisin hidup kayak Ma dan Jack. Apalagi tiap old nick berkunjung, trus jack harus sembunyi di lemari, ugh. salah satu buku yg bikin aku kepikiran terus setelah selesai baca.

    BalasHapus
  8. @ Mbak Fer : iya, Jack polos bangeett..

    @ Mbak Astrid : aku masih sesak sampe sekarang Mbak. ya ampun, bener bener ngga tega waktu ngebayangin

    BalasHapus
  9. aaaah sedih :(
    buku yang bagus banget. Jack polos banget yaaa. Dan penuh keingintahuan... huhuhu... sedih pas dia menganggap Room-lah dunia amannya bukan Outside :(

    BalasHapus
  10. @ Mery : hiks, iya.. selama ini ruang amannya Jack bukanlah ruang amannya Ma >_<

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,