Oktober 20, 2015

Re-Write Blogtour




Hai haloo, selamat datang di penghujung blog tour Re-Write Karya Emma Grace ^^, 

Nah, biar kamu lebih penasaran lagi, saya akan bercerita sedikit tentang tokoh-tokoh dalam novel Re-Write ini.

Tokoh utama cerita ini adalah Beth Samodro, seorang wanita muda berusia dua puluh tahun yang sedang menuntut ilmu di Sydney. Usianya yang masih muda mungkin cukup berpengaruh terhadap cara pandangnya terhadap cinta dan lelaki pujaannya, Jared. Beth rela melakukan apapun yang Jared minta, mulai dari hal remeh temeh sekalipun sampai hal besar seperti ketika Jared memintanya menggantikan posisinya di FashionSheet sebagai seorang reporter fashion. Buat saya, Beth terlalu baik sampai-sampai sulit baginya untuk berkata tidak, apalagi dia sudah berteman dengan Jared sejak mereka masih sekolah di Indonesia. Terkadang Beth juga masih emosional saat menentukan sebuah keputusan, serta cepat tersulut amarahnya, ciri khas wanita muda gitu deh. Tapi yang saya sukai dari Beth adalah ketika ia menyayangi seseorang, ia akan sepenuhnya menyayangi orang itu, tak peduli bagaimana kelihatannya dari luar, atau betapa sering ia dikecewakan, Beth seakan selalu mampu melihat sisi positifnya.  


Tokoh kedua adalah Jared, lelaki yang egois ini benar-benar memanfaatkan perasaan orang lain demi kepentingannya sendiri. Yang lebih parah, Jared sebenarnya tahu kalau Beth menyukainya dan tidak dapat menolak permintaannya, apapun itu. Eh udah tahu gitu kok malah Bethnya diperalat. Mana kemudian Jared sendiri malah nyari cewek lain buat dijadii pacar. Eeeuuhh, edan kan ni cowok. Kalau kamu kenal atau bahkan menyukai orang kayak Jared ini, duh, coba deh, di luar sana ada seseorang yang lebih layak untuk kamu miliki. Dan kalau yang lebih parah, kamu adalah sosok yang mirip Jared, hati-hati aja, Bro. Suatu saat kamu akan kehilangan orang yang kamu andalkan, dan ketika itu kamu akan tahu betapa berartinya orang itu dalam hidupmu. Jangan sembarangan mempermainkan perasaan orang lain deh..

Tokoh ketiga yang akan saya ceritakan adalah Derick Bhrasongko. Seperti yang bisa kamu tebak, dia memang berdarah campuran, Indonesia dan Australia. Rick berkenalan dengan Beth saat Beth sedang menggantikan posisi Jared di FashionSheet. Seharusnya Jared sebagai wartawan, dan Ricklah yang menjadi fotografer, tetapi karena Beth dengan sukacita mengiyakan permintaan Jared untuk mengisi posisi tersebut, maka dimulailah interaksi antara Rick dan Beth. Rick sendiri seorang yang pembawaannya keras, ia tegas, cuek dan amat sangat keras kepala. Beberapa orang yang tidak akrab akan menganggap Rick sebagai seorang yang sombong, tetapi sebenarnya Rick cukup baik kok. Dia cukup perhatian dan malah agak sedikit pemalu.  Nah kan, jangan judge sebuah buku dari luarnya deh. XD

Masih penasaran sama ceritanya? Kali ini aku akan mengajak kamu ngobrol-ngobrol sedikit dengan Emma, simak ya..

1.       Siapa penulis favorit Emma? Apa ia memberi pengaruh pada cara Emma menulis sebuah cerita?
Penulis favorit saya cukup banyak. Tapi mungkin saya bisa sebutkan beberapa seperti Colleen Hoover, Jenny Han, Laura Ingalls, dan juga untuk penulis lokalnya, Ilana Tan serta Winna Efendi.
Saya yakin semua buku yang kita baca, sedikit banyak, memberi pengaruh pada cara kita menulis. Dari Laura Ingalls misalnya, saya mempelajari kehangatan sebuah keluarga. Dan itu mencuil hasrat saya untuk menulis kisah tentang keluarga, selain juga kisah cinta tentunya


2.       Ada ngga pengalaman pribadi Emma yang masuk di buku ini? Kalau ada, di bagian mana?
Mungkin bagian yang nyata hanyalah ketika saya menantikan notifikasi di layar hape, seperti Beth hehehe. Sampai terkadang saya merasa, saya melewatkan 'waktu ini'. Momen yang seharusnya saya nikmati, karena saya terlalu mencurahkan harapan pada notifikasi yang tak kunjung datang. Karena itu saya membuat tokoh saya merasakan kekecewaan dan kemudian bangkit untuk 'live for this moment'


3.       Emma pernah tergila-gila terhadap seseorang seperti Beth ke Jared nggak?
Semua orang pasti pernah jatuh cinta :p Dan waktu jatuh cinta, kadang kita memang jadi bodoh. Tapi sepertinya sih, semoga aja ya, kadar kebodohan saya nggak separah Beth ke Jared :p 

4.       Emma suka dengan fashion kah? Terinspirasi dari manakah segala yang berhubungan dengan FashionSheet dalam cerita ini?
Saya cukup suka fashion, biarpun bukan korban fashion. Dan sepertinya seru kalau Beth itu masuk ke satu portal magazine yang dia benar-benar buta, dan ketemu orang yang menyebalkan di sana. Itu akan jadi setting yang sempurna untuk mereka berdua memulai kisah mereka


5.       Ada alasan tertentukah mengapa Emma memilih Sydney sebagai latar cerita?
Beth yang membisikkan pada saya, bahwa dia memilih Sydney sebagai tempat kuliahnya :D Karena di sanalah tempat kakaknya, Sheila, bekerja.

6.       Berapa lama naskah buku ini dibuat? 
Naskah ini mulai saya garap tahun lalu. Setelah Pay It Forward, naskah pertama saya, disetujui oleh penerbit. Penggarapannya sendiri memakan waktu sekitar enam bulan. Kemudian saya kirim pada pihak penerbit, mendapatkan feedback dan revisi yang harus saya kerjakan, saya kirimkan kembali dan masuk pada tahap antre editing.


7.       Ada nggak bagian paling susah dalam menulis ReWrite? Pemilihan judul, misalnya, atau pemilihan nama tokoh?
Pemilihan nama tokoh sudah fix. Saya sudah tahu sejak pertama, kalau tokoh saya itu bernama Beth dan Derick. Yang agak sulit adalah penentuan judul. Judul pertama yang saya usulkan pada penerbit adalah The Bucket List. Saya terinspirasi dengan judul-judul dari film-film keren yang pernah beredar di pasaran. Walaupun isi novelnya sendiri berbeda dengan film. Tapi atas saran dan pertimbangan dari editor, akhirnya judul itu kami ubah menjadi Re-Write. Dan harus saya akui, saya lebih suka judul setelah direvisi ini. Apalagi ada tagline yang menyertai, yang sangat pas dengan isi buku ini sendiri

8.       Seperti Pay It Forward, Emma selalu menggali konflik-konflik dalam keluarga, ada alasan tertentukah mengapa memilih tema ini?
Keluarga adalah lingkungan pertama yang kita kenal ketika kita baru hadir di dunia. Saya yakin, keluarga adalah salah satu elemen penting yang membentuk diri kita, apa adanya kita sekarang. Karena itu banyak sekali konflik yang bisa digali dari elemen tersebut. Tapi tidak selamanya kok, saya akan ambil konflik ini. Masih banyak hal-hal lain yang bisa kita gali di dunia. Bagaimanapun, dunia adalah tempat yang luas dan kaya, selama kita membuka mata dan telinga lebar untuk menangkap pesan hadir setiap harinya kan :)


Sekarang, penasaranmu makin dalam kan? Eaaaa…

Sekarang saatnya giveaway! Hadiahnya 1 buku Re-Write untuk kamu yang beruntung ^^
1. Peserta harus berdomisili di wilayah Indonesia.

2.Follow akun twitter @emmagrac3 . Jangan lupa share GA ini dengan mention dan tagar #ReWrite

3. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar, jangan lupa cantumkan nama, akun twitter, link share, kota tempat tinggal dan jawabanmu. 

Karena ini buku kedua Emma, Ambil buku di dekatmu, atau buku yang sedang kamu baca. Tuliskan kalimat kedua dari bab dua  dari buku itu berserta judul buku dan nama pengarangnya.

4. Pemenang akan saya tentukan secara acak..

5. Giveaway ini berlangsung 6 hari ya, dimulai dari tgl 20 sampai tanggal 25 Oktober 2015 Pkl.23.59. Pengumuman pemenang paling lambat 2 hari setelah GA ini berakhir ya :)


44 komentar on "Re-Write Blogtour "
  1. Nama: Deasy Arie Rosalina
    Akun Twitter: @DEENAmond
    Link Share: Lihat Tweet @DEENAmond: https://twitter.com/DEENAmond/status/656274945249427456?s=09
    Kota: Bekasi

    Jawaban
    "No, I’m serious. Think about it."
    Rick Riordan - Percy Jackson and Greek Heroes

    BalasHapus
  2. Nama: Desty
    Akun Twitter: @destinugrainy
    Link Share: https://twitter.com/destinugrainy/status/656341521885622272
    Kota: Palopo

    Jawaban:
    "Penyakit ini telah membuat indra-indraku semakin tajam, bukannya merusak atau menumpulkannya"

    Edgar Allan Poe- 7 Kisah Klasik

    BalasHapus
  3. Nama: Dian Maya
    Domisili: Makassar
    Twitter: @dianbookshelf
    Link share: https://twitter.com/dianbookshelf/status/656322238870716416

    "Di Serendipity, tokoh yang diperankan John Cusack dan Kate Beckinsale bertemu di sebuah department store karena memperebutkan winter gloves yang sama" - Critical Eleven, hal. 19, Ika Natassa

    BalasHapus
  4. Nama: Fauziyyah Arimi
    Akun Twitter: @faraziyya
    Link share: https://twitter.com/faraziyya/status/656366975178833920
    Kota: Jakarta

    Jawaban:
    "I mean, one day, I’m prepping the senator to launch a major initiative on birth control, and the next, I’m donning a paper-thin robe, sit- ting in Dr. Zach’s cloyingly pink-walled examination room, watching his face fall as he feels my right breast and rolls the lump over and back and over again under- neath his fingers"

    The Department of Lost & Found - Allison Winn Scotch

    BalasHapus
  5. Nama: Meinggi
    Akun twitter: @meingss
    Link share: https://twitter.com/meingss/status/656376689891500032
    Kota: Bekasi

    Jawaban: "Aku dan teman-teman mengenakan gaun pesta yang cantik dan indah."

    Ruth Priscilia Angelina - Grey Sunflower

    BalasHapus
  6. Nama : Tasya Amanda
    Akun Twitter : @tasyaamanda95
    Link share : https://twitter.com/tasyaamanda95
    Kota : Bandung

    Jawaban:
    I'd just like to get that out of the way at this point.(Me before you by Jojo Moyes)

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Nama : Fikriah Azhari
    Twitter : @Lovaren_
    Kota : Makassar
    Link share: https://twitter.com/Lovaren_/status/656386457334972416
    Jawaban : "Tapi sebelumnya, aku perlu menelpon dulu untuk meminta alamat, mengingat usahaku kemarin belum membuahkan hasil dan aku ketiduran karena terlalu lelah memikirkan kehidupanku yang semakin ruwet." - The Chronicles of Audy 4R by Orizuka

    BalasHapus
  9. Nama : Eni Lestari
    Twitter : @dust_pain
    Kota : Malang
    Link share: https://twitter.com/dust_pain/status/656400680039546880

    Jawaban:

    "Ada apa lagi?" Ren di seberang sana pun ikutan panik.
    Guilty Pleasure - Christian Simamora

    BalasHapus
  10. Nama : Ardita Ardyanti
    Twitter : @ardyanti18
    Link share : https://twitter.com/ardyanti18/status/656444602644238336
    Kota tinngal : Jakarta

    Jawaban :
    'Sejak kecil aku tidak pernah mengerti sama sekali yang namanya pekerjaan rumah karena tidak pernah diwajibkan melakukannya.'
    (Waktu yang mengubahmu - Utari Giri dkk. )

    BalasHapus
  11. Nama : Tiara I. K.
    Twitter : @tirr_
    Kota Tinggal : Jakarta Timur
    Link share : https://twitter.com/tirr_/status/656453056712732672

    Jawaban :
    "Banyak yang ingin kuucapkan, tapi sepertinya kau yang sudah tahu." -Madre, by Dee Lestari

    BalasHapus
  12. Nama: Didi Syaputra
    Twitter: @DiddySyaputra
    Link Share: https://mobile.twitter.com/DiddySyaputra/status/656472040665321472
    Kota Tinggal: Tembilahan, Riau
    Jawaban:

    Aku tidak tahu sudah berapa lama sejak perburuan terakhir kami, mungkin hanya beberapa hari, tetapi aku merasakannya. -Hal, 19

    - Zombie I`m In Love; Isaac Marion -

    Terima kasih!
    #ReWrite

    BalasHapus
  13. Nama: Anggita Dewi
    Akun twitter: @anggitarav
    Link share: https://mobile.twitter.com/Anggitarav/status/656603504069349376
    Kota: balikpapan

    Jawaban:
    Dia menuliskan angka-angka keramat pada papan tulis dengan spidol, hingga membuat murid-murid putus asa melihatnya.
    Pesawat kertas terakhir -agnes danovar-

    BalasHapus
  14. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/656696517672046592
    kota tinggal: Serang

    jawaban:
    Kursi kayu dengan bantalan empuk bermotif bunga itu terasa sangat keras di pantatnya.

    Buku: Perfect Scenario
    Penulis: Kezia Evi Wiadji

    BalasHapus
  15. Nama: Rika Awanti
    Twitter: @rikaaawan
    Link share: https://twitter.com/rikaaawan/status/656730716349202434
    Kota: Bogor

    Jawaban:

    Dunia tempat aku berada adalah milikmu, bahwa kamu menyanyi hanya untukku.

    Pojok Lavender. A novel by Primadonna Angela.

    BalasHapus
  16. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Link share: https://twitter.com/murniaya/status/656720956988108802
    Kota: Palembang

    Jawaban:

    Sesuatu itu berwujud satu, tetapi memiliki dua nama, "luka" dan "kenangan".

    - Kata Hati karya Bernard Batubara

    BalasHapus
  17. Nama: Safitri Ariyanti
    Akun twitter: @safitriariyanti
    Link share: https://twitter.com/safitriariyanti/status/656782730097750016
    Kota tempat tinggal: Metro, Lampung

    Jawaban:
    Gagang pelana menekan perutku sampai terasa sakit dan di kepalaku seolah ada seratus raksasa marah yang berusaha membuka jalan keluar dengan godam.

    Stolen Songbird by Danielle L Jensen.

    BalasHapus
  18. Tri Indah Permatasari
    @LiebeIs0503
    https://twitter.com/LiebeIs0503/status/656815028310511617
    Palembang

    Rania menggeleng. [Sing-Py Single Happy karya Dedew]

    BalasHapus
  19. Nama: Ridzki Putri
    Akun twitter: kikikiki_R
    Link share: https://twitter.com/kikikiki_R/status/656822555093762048?s=01
    Domisili: Jakarta

    Jawaban:
    Johannesburg adalah sebuah kota yang terbentuk karena penemuan emas di Witwatersrand pada tahun 1886, dan Crown Mines adalah tambang emas terbesar di kota emas ini.

    Perjalanan Panjang Menuju Kebebasan Otobiografi Nelson Mandela - Nelson Mandela (Alih Bahasa: Samuel Siahaan)

    BalasHapus
  20. Nama : Ianah El Sholikhah
    Akun twitter : @iannah212
    Link share : https://mobile.twitter.com/iannah212/status/656828551082078210
    Kota tempat tinggal : Jakarta Timur
    Jawaban :

    "Sekali direktur sekolahku bilang di depan klas: yang disampaikan oleh tuan-tuan guru di bidang pengetahuan umum sudah cukup luas; jauh lebih luas daripada yang dapat diketahui oleh para pelajar setingkat di banyak negeri di Eropa sendiri."
    [Bumi Manusia - Pramoedya Ananta Toer]

    #ReWrite

    BalasHapus
  21. Nama: Eris Andriani
    Akun Twitter: @RizAnNie88
    Link share: https://twitter.com/RizAnNie88/status/656837539286810624?s=09
    Kota: Kota Batu-Malang
    Jawaban:
    Pagi-pagi, saat semua orang masih menguap dan pengen bersembunyi di balik selimut untuk limaaaa menit saja tidur lagi, kami harus mengikuti upacara bendera dan bermandikan cahaya pukul tujuh pagi yang menyengat.

    (Remember When - Winna Efendi)

    BalasHapus
  22. Nama: Putri Prama Ananta
    Akun twitter : @putripramaa
    Link share : https://mobile.twitter.com/PutriPramaa/status/656939009160052736?p=v
    Kota tempat tinggal : Probolinggo

    Tak peduli berhenti atau mulai berjalan, semuanya dimulai dengan GUNCANGAN hebat.
    [The Fault in Our Stars by John Green]

    BalasHapus
  23. Nama : Afika Yulia Sari
    Twitter : @afikayulia
    Link Share : https://twitter.com/afikayulia/status/656985217119293440
    Kota : Jakarta

    Dari awal, dia telah berniat untuk melakukan kunjungan, meskipun dia selalu meyakinkan istrinya bahwa dia tidak akan pergi; dan hingga malam setelah kunjungannya, Mrs. Bennet masih belum menyadari perbuatan suaminya
    -Pride & Prejudice by Jane Austen-

    BalasHapus
  24. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Lihat Tweet @RiniCipta: https://twitter.com/RiniCipta/status/656986640577990656
    Karangasem, Bali

    "Berada di pesawat menuju New York, bukan untuk kuliah di Parsons, melainkan untuk magang di Casablanca, unbelieveable! This is real, right?"

    NY Over Heels by Dy Lunaly

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Nama: FandaRosa
    Twitter : @fandarosa
    Link share : https://mobile.twitter.com/account
    Kota : Lamongan

    "Aku tidak perlu pergi. Aku tetap bisa di sini..." -Breaking Dawn (Stephenie Meyer)

    BalasHapus
  27. Nama: Cahya
    Twitter: @chynrm
    Link share: https:/twitter.com/chynrm/status/657160516255612929
    Kota: Palembang

    "Apa yang kalian lahirkan akan kembali ke tanah."

    — Air Mata Cinta Pembersih Dosa oleh Ibnu al-Jauzi

    BalasHapus
  28. Nama: Kiki Suarni
    Twitter: @Kimol12
    Link share:https://mobile.twitter.com/Kimol12/status/657298196947861504
    Kota: Batubara-Sumut

    Morgot tertidur dengan kepala menengada dan mulut terbuka lebar. -P.S. I STILL LOVE YOU ( Jenny Han)

    BalasHapus
  29. Nama : Lusi Gusma Ningsi
    Twitter : @uchylusiy
    Link Share : https://twitter.com/uchylusiy/status/657392284812443648
    Kota : Padang

    "Aku kembali menyadari kenyataan itu sesaat setelah aku tertabrak mobil." --Bonus Track (Koshigaya Osamu)

    BalasHapus
  30. Nama: Bintang Maharani
    Twitter: @btgmr
    Link share: https://twitter.com/btgmr/status/657447001211191296
    Kota: Palembang

    Ketika teman-temannya menghabiskan liburan semesteran dengan jalan-jalan bersama dengan keluarga atau teman-teman mereka, Manda justru harus berada di rumah.

    (Bisikan Kotak Musik karangan A.H. Igama)

    BalasHapus
  31. Nama: Titim Nuraini
    Twitter: @titim_nuraini
    Link share: https://twitter.com/titim_nuraini/status/657562900094021632
    Domisili: Pamekasan

    "Apa yang bisa menghilangkan sebuah keraguan seorang gadis saat harus menjatuhkan pilihan" hal. 14 -Assalamualaikum Beijing- (Asma Nadia)

    BalasHapus
  32. Nama : Erin Friyana
    Twitter : @RinShoak
    Link share : https://twitter.com/RinShoak/status/656329457137938432
    Domisili : Bekasi

    "Di atas setiap piring berdiri seorang remaja."
    Penjelajah Antariksa 1 Bencana di Planet POA - Djokolelono

    BalasHapus
  33. Nama : Naning Pratiwi
    Akun twitter : @chelseas_lovers
    Link share : https://twitter.com/chelseas_lovers/status/657762690526412800
    Kota tempat tinggal : Tulungagung
    Jawaban :

    Keiko memegang cangkir kertas berisi kopi panas sebelah tangan, sementara tangan lainnya memegang ponsel yang dirempelkan ke telinga.
    Winter in Tokyo - Ilana Tan

    BalasHapus
  34. nama: pramestya
    akun twitter: @p_ambangsari
    Link share: https://twitter.com/p_ambangsari/status/657853421731471360
    Kota tempat tinggal: temanggung
    jawaban:

    "Suara pramugari mengumumkan perbedaan suhu dan blablabla"

    One Meaning Thousand Ways, I Love You--Ardelia Karisa

    BalasHapus
  35. nama: rany dwi tanti
    akun twitter: @rany_dwi004
    link share: https://mobile.twitter.com/Rany_Dwi004/status/657326307131297792?p=v
    kota tempat tinggal: Tulungagung

    Aku baru tidur kira-kira setengah jam ketika alarmku berbunyi pada pukul 06.32 - Paper Towns by John Green

    BalasHapus
  36. Nama : Ken
    Twitter : @orion____
    Link share : https://twitter.com/orion____/status/658000328193798144
    Domisili : Tulungagung, Jatim.

    Q : Kalimat kedua dari bab kedua..
    A : Kemudian, dengan sedikit tergelakㅡHolmes jarang tertawa kecuali hanya sedikit tergelakㅡdia melemparkan surat itu kepadaku.
    (Surat-surat Kasus Untuk Sherlock ㅡ Sir Arthur Conan Doyle)

    BalasHapus
  37. Nama: Ananda Nur Fitriani
    Twitter: @anandanf07
    Link tweet: https://twitter.com/anandanf07/status/658070105822097408
    Domisili: Bogor

    "Malam itu, hujan seolah mendinginkan waktu." — Demi Ayah, Irfan Journey (@TerimakasihAyah)

    BalasHapus
  38. Nama: Nabilah Rosyadah
    Akun Twitter: @Ariestanabirah
    Link Share: https://twitter.com/Ariestanabirah/status/658085845690269696
    Kota: Palembang


    "Dia tidak mau hanya mendengar kabar-kabar negatif orang-orang sekitarnya tentang putrinya." (Bella:Sekolah Tak Perlu Air Mata, Munif Chatib)

    BalasHapus
  39. Nama: Adriani Febrina
    Twitter: @FebrinaAdriani
    Link share: https://twitter.com/FebrinaAdriani/status/658090156759511040
    Domisili: Aceh (NAD)

    Aku menuju bagian referensi dan menarik buku petunjuk kota Boca Raton. (Kinsey Millhone Series: B is for Burglar)

    BalasHapus
  40. Nama: Uzlifatul Azmiyati
    Twitter: @uzlifazmiya
    Link share:https://twitter.com/uzlifazmiya/status/658107327426400256
    Kota domisili: Yogyakarta

    "Ia menginginkan Pak Badi yang terpilih sebab Pambudi menyenangi wataknya."
    (Di Kaki Bukit Cibalak - Ahmad Tohari)

    BalasHapus
  41. Nama: Lala
    Akun Twitter: @fazidaa_
    Link share: https://mobile.twitter.com/fazidaa_/status/658115546064384000
    Kota tempat tinggal: Jakarta
    Jawaban: "Aku jadi merasa seperti karakter Jesse yang diperankan Ethan Hawke, dan Audy adalah Celine yang dalam film itu diperankan oleh Julie Deply." Sunset Holiday - Nina Ardianti & Mahir Pradana ^^

    BalasHapus
  42. Nama: Thia Amelia
    Twitter: @Thia1498
    Link share: https://twitter.com/Thia1498/status/658255238416105472?s=01
    Kota tinggal: Bogor

    Satu tempat yang dikelilingi malaikat untuk menjemput salah satu calon penghuni surga.
    Alter Ego -Rani Puspita-

    BalasHapus
  43. NAMA: Gestha Reffy
    Twitter: @AltGST
    Link: https://twitter.com/AltGST/status/658265599470997505
    kota: Bangka

    Jawaban:
    "Di sampingnya ada miniatur Patung Liberty seukuran manusia yang berkaca mata hitam." (Brink of Sense- Metha Sanjaya)

    BalasHapus
  44. Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Akun Twitter : @Agatha_AVM
    Link share : https://twitter.com/Agatha_AVM/status/658267621675044864

    Kalimat : Di bawah cahaya bulan, Attar membaca pertanyaan kedua.
    Judul buku : Labirin Sang Penyihir
    Pengarang/penulis : Maya Lestari Gf

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,