Januari 18, 2017

The Dry



Judul Buku : The Dry
Penulis : Jane Harper
Penerbit : Macmillan Australia
Tebal: 352 halaman

 Death rarely changes how we feel about someone. Heightens it, more often than not. 

Sebuah tragedi pembunuhan membawa Falk pulang ke tempat tinggalnya dulu di Kiewarra. Luke, sahabat masa kecilnya, dduga bunuh diri setelah terlebih dulu menembak istri dan anaknya yang masih berusia enam tahun. Kematian itu pada awalnya menggemparkan, terlebih Luke dikenal sebagai sosok lelaki baik dan krismatik.

Pada awalnya Falk hanya berkunjung untuk sekadar memberikan ucapan belasungkawa serta menghadiri pemakaman satu keluarga tersebut. Namun atas desakan ibu Luke, Falk akhirnya memutuskan untuk tinggal sedikit lebih lama untuk menyelidiki kasus tersebut terutama dalam hal ekonomi, karena Falk sendiri sebenarnya adalah seorang polisi untuk kasus kasus keuangan. Polisi setempat tidak mengambil penyelidikan lebih lanjut karena mereka mengira bahwa kesehatan psikologis Luke terganggu karena kekeringan hebat yang melanda kota mereka dalam beberapa bulan ini.

Kembalinya Falk bukanlah hal mudah karena dua puluh tahun lalu ia pernah terlibat dalam kematian seorang gadis di kota tersebut. Ellie, nama gadis itu, adalah sahabat Luke dan Falk. Suatu hari mayatnya ditemukan di sungai dengan kondisi mengenaskan. Beberapa orang percaya ia bunuh diri, tetapi sebagian besar percaya bahwa Ellie dibunuh oleh seseorang. Salah satu orang yang dicurigai adalah Falk, karena namanya ditemukan di selembar kertas yang ada di kamar Ellie. Mungkin ditulis sebelum ia meninggal dunia.

Ada satu kebohongan yang dilakukan Falk dan Luke tentang kesaksian mereka saat Ellie meninggal dunia. Dan setahu Falk, tidak ada yang tahu kebohongan itu selain ia dan Luke. Sayangnya, kini setelah luke meninggal, ayah Luke memberikan pesan yang menandakan bahwa ia mengetahui sesuatu tentang kebohongan yang dilakukan Falk dan Luke di masa lalu.

Sang ayah inilah yang setengah memaksa Falk untuk melakukan penyelidikan tentang kematian anaknya. Apakah mungkin Luke, anaknya itu, mampu membunuh istri dan anaknya sendiri?


Pertama kali mengetahui buku ini sebenernya saat ABO mengetag saya dalam satu post di instagram milik Reese witerspoon. Kami (abo dan saya tentunya tanpa reese)  memutuskan untuk baca bareng novel yang kelihatannya seru ini. Awalnya sih saya ngga masang ekspektasi tinggi tinggi karena saya sendiri memang udah lama ngga baca novel berbahasa inggris. Sialnya ternyata novel ini seru. Saya sampai males ngapa ngapain demi menamatkan lembar demi lembar ceritanya. XD



Sejak prolog, kita sudah dibuat penasaran, mengapa Luke sedemikian tega membunuh keluarganya sendiri. Taadinya sih saya juga ngga yakin apa bener dia bunuh diri gitu, tapi seiring berjalannya cerita, pembaca diberitahu bagaimana sebenarnya sosok Luke terutama saat muda. Ia karismatik sekaligus misterius, ia dominan di kalangan teman temannya, bukan karena nilainya yang bagus ataupun karena tampangnya yang tampan. Ia tipe lelaki penguasa yang sering berbuat semaunya namun masih saja dapat memikat wanita untuk berada di dekatnya. Kelak Falk sendiri juga ragu apaka hsifat Luke yang ia kenal dahulu tidak pernah berubah sepanjang umurnya sampai ia meninggal dunia.

Hal lain yang menjadikan saya suka terhadap buku ini adalah ketika tokoh utama, Si Falk ini, juga tidak dapat saya percayai seratus persen tentang masa lalunya. Ada hal hal yang membuat saya tidak langsung menjadikan ia sebagai tokoh protagonis dalam cerita karena ya.. dia pernah berbohong di masalalunya itu bersama Luke. Buat saya, novel seperti ini cukup menantang untuk diselesaikan sampai akhir biar ngga penasaran XD



Sebagian besar tokoh cukup berkesan dan membuat saya penasaran akan masa lalunya. Banyak kisah sedih, cinta serta traumatis yang ada di buku ini. Mungkin itu juga yang membuat kisahnya terasa suram dan kelam sepanjang halaman sampai akhir.

Tapi yaa, saya malah suka yang beginian. Udah lama rasanya nggak baca cerita sedemit ini. Kalau kamu suka ceritacerita drama yang penuh misteri, hal hal palsu dna kebohongan. Buku ini cocok deh buat kamu baca.








Be First to Post Comment !
Poskan Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,