Maret 03, 2017

5 Tips Memilih Subscription Box




Subscription box bagi pencinta buku makin mewabah di Indonesia. Paket yang mereka tawarkan juga bermacam macam, dari range harga, jenis buku sampai jenis paket berlagganan yang bisa diambil oleh pelanggan. Kali ini saya akan berbagi tips bagaimana memilih subscription box? Masa iya kudu langganan semua? Ya kalau kamu suka, tentu sah sah aja berlangganan semua subscription box yang ada. Tapi kalau ngga, kamu bisa menerapkan tips saya berikut.




1. Harga
Dari sekian banyak subscription box, tentu harganya berbeda beda. Jelasnya sih memang ada harga ada rupa. Semakin mahal, maka akan semakin banyak printilan unik yang kamu dapatkan. Tentukan dulu berapa range budget yang bisa kamu toleransi. Tapi kalau kamu ngga merasa keberatan dengan range harga berapapun, kamu bisa lanjut ke kriteria berikutnya.

2. Buku yang disediakan
Ada beberapa subscription box yang memberi petunjuk mengenai buku apa yang mereka pilih di bulan itu. Memang bukan judul spesifik sih, tapi kalau kamu udah nggak cocok sama temanya, misalkan kamu ngga suka novel romance tapi yang ditawarkan adalah buku romance, yaa mending cari alternatif subscription lainnya deh. DaRipada beli mahal mahal tapi ngga kebaca?

3. Terjemahan atau non terjemahan?
Kalau pilihan ini mah jelas ya. Kebanyakan paket menawarkan buku lokal atau terjemahan, tetapi tak jarang ada yang memberi pilihan novel non terjemahan alias impor. Untuk paket dengan novel impor ini jelas harganya lebih mahal ketimbang paket dengan novel lokal. Tapi kalau kamu memang suka dengan novel impor,mtak ada salahnya mencoba jika memang budgetmu memenuhi harganya.

4. Packaging
Untuk yang satu ini memang perlu melihat review para subscriber lainnya yang udah terlebih dulu berlangganan. Saya pribadi menyarankan subscription yang memberikan keamanan ekstra pada paket mereka. Bubble wrap dan kardus adalah dua hal standar yang selalu saya pilih. Kalau ngga dibungkus aman gitu ya jadi mikir mikir lagi lah buat subscribe bulan berikutnya. Daripada was was aman ngga ya paket kita..terus terusan.

5. Ketepatan waktu
Saya tipe orang yang sebal sekali jika disuruh menunggu. Makanya saat memilih paket berlangganan, saya berusaha untuk mencari subscription yang jelas pembagian waktunya. Sebagian besar subscription box untuk pencinta buku di Indonesia yang saya ketahui sih sudah menerapkan batas batas tanggal tertentu dalam hal pemesanan sampai pengiriman paket. Jika sampai tanggal pengiriman tapi kita belum dikabari apakah paket sudah dikirim atau belum, tanyakan saja alasannya kepada mereka. Serta kepastian tanggal pengiriman. Bersabar juga diperlukan dalam hal ini, karena bisa jadi mereka kesulitan dalam koordinasi dengan penyedia pernak pernik dalam paket yang kita pesan.

Mungkin ada beberapa hal lain yang bisa dijadikan pertlimbangan. Tapi bagi saya, lima hal di atas adalah yang terpenting dalam hal menentukan subscription box mana yang akan kita ikuti. Kalau penasaran tentu saja kita bisa mencoba satu persatu penyedia langganan yang tersedia. Karena berdasarkan pengalaman saya, tidak banyak subscription box yang bisa bertahan lama. Sedih sih, mungkin seleksi alam mungkin juga karena kerepotan yang dialami oleh mereka sehingga tidak bisa lagi menghandle hal tersebut. Sejauh ini udah ada tiga subscription box yang pernah saya beli tetapi telah vakum saat ini.

Untuk lebih memantapkan pilihan, kamu bisa membaca atau melihat postingan postingan review dari edisi sebelumnya oleh para subscriber lain. Jangan malu malu juga untuk bertanya, karena siapa tahu kamu kelak beneran cocok dengan subscription box tersebut.



Selamat memesan X)

9 komentar on "5 Tips Memilih Subscription Box"
  1. Saya belum pernah membeli buku lewat subscription box. Soalnya pernak-perniknya akan tidak digunakan sama sekali. hehe. Jadi belum pernah mencoba dan kayaknya tidak akan mencoba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahah iya sepertinya selera ya kalau langganan begini. Dan jarang deh bookstragammer cowok yang berlangganan juga, setau saya XD

      Hapus
  2. Belum pernah beli book box tapi sepertinya menggoda iman :')

    BalasHapus
  3. Kalau pernak-pernik tambahannya masuk nggak dalam pertimbangan kamu sebelum membeli? Misalnya, barang A sudah pernah ada di subs box yg pernah kamu beli sebelumnya tp dr supplier berbeda, atau bentuknya beda hanya fungsinya sama aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan kita ngga tau pernak perniknya, jadi yaa sering banget sih kaya gini kejadian X))

      Hapus
  4. Wah keren banget postnya!

    Makin keren lagi bisa nyisipin emoticon ih! *gagal fokus*
    Cakep cakep cakep sukaaaa :f :f :f

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iih aku malah belum sukses make emoticonnya. Ngoahahaha :h

      Hapus
  5. Yap... Subs box emang menggoda iman. Haha. Tapi sekarang saya udah lebih bijak... Biasanya ceki ceki harga dulu di priceza.co.id sebelum belanja buku. Biar gak khilaf, hehe... Dari 5 hal yg kamu paparkan, saya lebih mempertimbangkan nomor 1:: harga.

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,