Mei 10, 2011

The Historian


Judul : The Historian; Sang Sejarawan
Pengarang : Elizabeth Kostova
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2007
Genre : Novel Sejarah
Tebal : 768 Halaman

The Historian bermula dengan cerita seorang anak perempuan yang menemukan buku kuno di perpustakaan Ayahnya. Bermula dari buku itu, Sang Ayah yang bernama Paul menceritakan sedikit demi sedikit apa sebenarnya buku itu dan kaitannya dengan Dracula. Tokoh legenda yang terkenal suka menghisap darah korbannya.

Dulu, segera setelah Paul menunjukkan buku kuno tersebut yang ia temukan kepada Dosen Pembimbing Disertasinya, Bartolomeus Rossi, Paul diberi beberapa surat-surat dan catatan perjalanan penting yang pernah dilakukan Rossi ketika memburu sejarah Drakula itu. Akan tetapi, pada malamnya, Rossi hilang dari ruang kerjanya dan dari rumahnya. Tak ada seorang pun yang tau ke mana Profesor itu pergi. Dari sini awal perjalanan itu ddimulai lagi, Paul mengikuti jejak Dosennya yang pernah memburu Dracula, karena ia yakin ada hubungannya dengan hilangnya Rossi. Perjalanan Paul tak sendirian, ia ditemani Helen yang merupakan anak kandung Rossi. Perburuan ini disertai bumbu-bumbu sejarah yang sangat kental, terutama di abad 15 di berbagai tempat seperti Istanbul, Rumania, dan Bulgaria.

Sementara itu, Pada saat sekarang, di mana anak perempuan itu juga turut memburu sejarah Dracula,ayahnya, Paul, menghilang. Sang anak perempuan ini kemudian berpetualang bersama seorang teman lelakinya untuk mencari kebenaran dari kisah Drakula ini, yang kebanyakan disampaikan dalam bentuk surat-surat dan dokumen-dokumen hasil pencarian baik Rossi maupun oleh Paul, Ayahnya sendiri. Ternyata Dracula adalah seorang pencinta sastra, ia mengoleksi banyak buku, kotak, naskah, manuskrip, bertumpuk-tumpuk dan berderet-deret. Dracula menginginkan seorang sejarawan dan ahli pustaka yang akan mengkatalogkan koleksi-koleksinya itu.

Di akhir cerita, mereka bertemu dengan Dracula dan berhasil membunuhnya, meski pada epilog diceritakan anak perempuan itu menemukan buku kuno yang sama dengan yang ditemukannya dulu di perpustakaan Ayahnya, hanya saja kali ini buku tersebut ditujukan padanya. Entah dari siapa.

Alur kisah ini dilihat dari beberapa sudut pandang yang berbeda, maju mundur dan benar-benar sarat dengan sejarah. Berbagai fakta di masa lalu maupun novel Bram Stoker pun juga disisipkan di cerita ini yang membuat penasaran pembacanya.

Sebuah novel sejarah yang bagus, meski akhir ceritanya bisa ditebak, tetapi mampu membuat pembaca penasaran tentang kebenaran akan adanya Drakula, serta sejarah kelamnya.
1 komentar on "The Historian"
  1. haha. Ada spoiler!!! untung aku udah baca.
    Ini salah satu buku favoritku. Walau plotnya lambat,tapi aku suka banget

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,