September 24, 2011

The Conch Bearer : Keong Ajaib


Judul : The Conch Bearer; Keong Ajaib

Penulis : Chitra Banerjee Divakaruni

Alih Bahasa : Gita Yuliani K.

Penerbit : Gramedia

Cetakan Pertama : Februari 2004

Tebal : 272 halaman, paperback


Nama anak laki-laki itu Anand, umurnya dua belas tahun. Ia hidup di Kolkata, India, bersama Ibu dan seorang adik perempuannya yang bernama Meera. Ayahnya bekerja di Dubai tetapi sudah beberapa bulan ia tidak mengirimkan kabar lagi kepada keluarganya. Sedangkan uang tabungan ibunya sedikit demi sedikit mulai habis digunakan untuk biaya pengobatan Meera, gadis kecil itu berubah menjadi pendiam dan sering ketakutan setelah suatu peristiwa mengerikan menimpanya.


Anand terpaksa berhenti sekolah, ia membantu Ibunya mencari uang dengan bekerja di kedai milik Haru. Meski sering dicaci maki dan diberi makanan basi, Anand tetap bertahan demi rupee-rupee yang nantinya akan ia berikan kepada Ibunya yang bekerja sebagai tukang masak. Meski hidupnya berkesusahan, Anand masih memiliki imajinasi yang tinggi, ia berharap memiliki benda ajaib yang bisa menyembuhkan Meera dari penyakitnya dan mengembalikan Ayahnya ke tengah-tengah keluarga mereka.


Suatu hari Anand menolong seorang kakek yang diusir Haru dari kedainya. Anand memberikan secangkir teh dan jatah makan siangnya kepada kakek itu. Malamnya ketika Anand pulang dari tempat bekerja, ia dan Meera yang sedang di dalam rumah tiba-tiba didatangi Kakek tua itu. Kakek itu bercerita bahwa dia adalah seorang Sang Penyembuh. Ia bertugas mengembalikan sebuah Keong. Tapi bukan sembarang Keong, Keong itu keramat dan berkekuatan dahsyat dan harus segera dikembalikan ke sebuah tempat bernama Lembah Perak, karena terancam bahaya. Surabhanu, sebut saja Sang Pemelihara Keong yang berniat buruk sedang memburu keong itu untuk digunakan menguasai dunia. Kakek itu mengajak Anand untuk ikut bersamanya menyelamatkan keong itu dengan pergi ke Lembah Perak.


Awalnya Anand tidak percaya, tetapi ia melihat bukti bahwa keong itu adalah keong yang luar biasa. Warnanya indah dan memancarkan keindahan ke tiap sudut gubuknya, padahal ukuran keong itu kecil, tidak lebih besar daripada telapak tangannya. Yang lebih meyakinkan Anand adalah karena Sang Penyembuh itu ternyata bisa menyembuhkan Adiknya, Meera.


Perjalanan Anand dan Sang Penyembuh yang bernama Abadhyatta itu juga ditemani oleh seorang anak perempuan bernama Nisha. Mereka mengalami berbagai macam petualangan yang menegangkan, bahkan mengancam nyawa mereka sendiri hanya demi sebuah keong. Surabhanu yang kuat juga mengganggu Anand dalam mimpi dan lewat khayalannya. Ia bahkan hampir membunuh Abadhyatta lewat tangan Anand sendiri. Sementara kerinduan Anand kepada keluarganya semakin menjadi-jadi, membuat ia ingin pulang ke rumah dan berada di pelukan Ibunya yang nyaman bersama adiknya yang telah sembuh. Yang jadi pertanyaan, Mampukah Anand dan kedua teman perjalanannya itu berhasil membawa keong kembali ke Lembah Perak?



” Bahaya akan menimpa kita kapan saja. Kita tidak bisa menghentikannya. Kita hanya bisa berusaha mempersiapkan diri. Tidak ada gunanya menunggu-nunggu bencana dan menderita pengaruhnya bahkan sebelum ia datang.” Hal. 102

” Untuk bisa meraih sesuatu yang besar, seseorang harus melepaskan cengkeramannya atas sesuatu yang lain yang juga sama disukainya.”

4 bintang untuk Anand dan keong. :D

2 komentar on "The Conch Bearer : Keong Ajaib"
  1. Pengen beli ini hiks, tp udah habis di obralan gramed *tepok mesin kasir hahaha

    BalasHapus
  2. aku juga nemuinnya tinggal satu doank.How lucky i am:D

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,