Oktober 03, 2011

13 Reasons Why


Judul Buku : Thirteen Reasons Why
Penulis : Jay Asher
Penerjemah : Mery Riansyah
Penyunting : Endah Sulwesi, Lulu Fitri Rahman
Korektor : Tisa Anggriani
Tebal : 288 halaman, paperback
Cetakan pertama : September 2011
Penerbit : M-Pop (Kelompok Penerbit Matahati)

Pertama melihat cover buku ini dan membaca cerita di bagian belakang buku, bikin saya agak khawatir, ceritanya serem nggak ya? Bayangin, kamu mendapatkan kaset-kaset rekaman dari cewek yang kamu suka, padahal dia baru aja bunuh diri. Ya, kamu mendapatkan kaset dari orang yang sudah meninggal. Serem kan?

Tapi kenyataannya cerita ini nggak begitu.

Setelah dua minggu kematian Hannah Baker, Clay Jensen menemukan paket seukuran kotak sepatu di pintu depan rumahnya. Tidak ada nama pengirimnya. Ketika Clay membuka paket itu, isinya tujuh buah kaset rekaman. Di masing sisi-sisinya tertulis nomer yang urut dari 1 sampai dengan 13. Kaset yang berkesan ketinggalan jaman itu tak urung membuat Clay penasaran, siapa yang di jaman modern ini masih merekam menggunakan kaset seperti itu?

Ketika ia mendengarkan kaset dengan sisi nomer 1, sontak Clay terkejut. Suara di kaset rekaman itu adalah suara Hannah, gadis yang diam-diam Clay suka selama ini.

”Kuharap kalian siap, sebab aku akan menceritakan kisah hidupku pada kalian. Lebih jelasnya, kenapa kehidupanku berakhir. Dan jika kalian sedang mendengarkan rekaman-rekaman ini, berarti kalian salah satu alasannya. ”, Hal.13
Clay termasuk salah satu orang di cerita dalam kaset itu? Benarkah ia termasuk ke dalam alasan kenapa Hannah bunuh diri?

Ah ya, di dalamnya ada banyak orang yang membuat hidup Hannah Baker menjadi berantakan. Kebanyakan adalah anak-anak yang bersekolah sama dengan Hannah, yang menyebarkan gosip tentang Hannah, yang membuat putus asa Hannah, yang merenggut kepercayaan diri Hannah. Dan yang lebih parah, kesemuanya menjadi efek bola salju yang menjadikan Hannah tertekan dan nekad mengakhiri hidupnya.

Di kaset itu, Hannah menceritakan semuanya. Ciuman pertamanya, teman dekat waktu awal kepindahannya, orang-orang yang menertawakannya diam-diam, teman sekaligus musuh baginya, dan cerita tentang Clay Jensen. Reputasi Hannah yang ”kotor” membuat Hannah mengasihani dirinya sendiri. Di dunia ini seakan tak ada yang mampu menyelamatkannya dari keputusan bunuh dirinya. Dan kaset itu akan jadi pengenang yang permanen bagi orang-orang yang telah melukai Hannah.

Pesan Hannah hanya dua bagi para penerima kaset itu. : ”mendengarkan dan mengedarkan.” Mengedarkan ke orang berikutnya yang ada dalam daftar. Jika kaset itu tidak diedarkan, siap-siap saja, kopi kaset itu akan disebarkan ke semua orang. Agar semua orang tahu bagaimana kisah hidup Hannah Baker yang sebenarnya. Agar mereka tahu, siapa saja yang turut berhubungan dengan bunuh diri Hannah.

Rasa penasaran Clay terus berlanjut sampai namanya tersebut di dalam kaset itu. Bagaimana mungkin Clay menjadi salah satu alasan kematian Hannah? Clay menyukai gadis itu dengan sungguh-sungguh, sialnya, dia tidak pernah mengungkapkannya pada Hannah. Gadis yang telah bunuh diri 2 minggu yang lalu itu.

4 bintang untuk Hannah, waktu baca ceritanya, entah kenapa saya kasihan terhadap Hannah. Dia terlalu muda untuk bunuh diri. Cerita yang sanggup membuat saya betah membaca kisahnya lama-lama.
13 komentar on "13 Reasons Why"
  1. udh lama pengen baca buku ini, soalnya pengen tau sis psikologisnya pelaku bunuh diri

    BalasHapus
  2. Mbak, izin share reviewnya yah =)

    BalasHapus
  3. silakaaan Mery.. :)

    @sinta : berat.. kasian banget sama si Hannah..

    BalasHapus
  4. order via Hobby buku yukk...disc 15-20% lhoo untuk buku2 terbitan matahari dan masih banyak dari penerbit lainnya..

    Gabung yukk di http://www.facebook.com/Hobbybuku
    atau hubungi kami di no 0857 8247 9606

    BalasHapus
  5. Lumayanlah, dah diterbitin di sini toh (biasa,,, ak baca buku via e-book melulu).

    Dari awal hingga pertengahan penasaran apa yg menyebabkan si tokoh utama dikirimi kaset

    BalasHapus
  6. eh aku punya, mau pinjem buat dibaca? tapi versi first reader jadi hvs gitu kertasnya..

    BalasHapus
  7. Versi eksklusif tuh ya?? Aku pinjam buku yang blum takbaca aja ya, ehhhhmm punya Hold me closer necromancer kah, atau Erec Rex yg ke-2 hehe...

    BTW kok novel seri Tunnel ga pernah diresensi ya? Kan lumayan keren tuh ^^

    BalasHapus
  8. aku punya hold me closer necromancer, hehehh.. taffiihh.. mau dibawa abis UAS aja ato gimana?

    BalasHapus
  9. boleh2.... XD
    Hari terakhir ujian saja deh, tp aku ngembalikanny pas masuk kuliah smster 2 loh, gpp ya?

    BalasHapus
  10. mbak, saya izin share ya :)

    BalasHapus
  11. @orybun apa boleh sy beli atau pinjam novel 13 reasons why indonya?

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,