Oktober 20, 2011

Nguping Jakarta

Judul Buku : Nguping Jakarta

Penulis : Kuping Kiri dan Kuping Kanan (Rey Saroso dan Rangga Sastrowardoyo)

Penyunting : Isman H. Suryaman dan Primadonna A.

Pemeriksa Aksara : Pritameani

Penata Aksara : Beni

Cetakan Pertama : Agustus 2011

Penerbit : B First

ISBN : 978-602-8864-37-4


Sesungguhnya, reaksi para pembaca sebelumnya-lah yang membuat saya akhirnya memutuskan untuk membeli buku ini. Kabarnya cerita-cerita atau humor di dalamnya bisa membuat Anda terbahak-bahak waktu membacanya. Sebagai mantan penduduk Jakarta, saya tergoda sekali untuk mengetahui sisi humor Ibukota yang katanya lebih kejam dari Ibu tiri ini.


Buku ini terdiri dari enam bab, yang tiap babnya berisikan humor-humor yang sejenis. Pada Bab I, isinya tentang humor-humor di sekitar dunia pendidikan.


Saya ambil contoh ya,


”Ah, mahasiswa seperti kamu paling bisanya Cuma ngomong. Pasti IP kamu Cuma 6, kan! IP segitu aja bangga!”, -secuplik percakapan di Hal.15-

Bab II tentang beberapa humor yang isinya tentang kata-kata yang pengucapannya sering salah, atau malah sering nggak pada tempatnya.


”Rambut Boleh acak-acakan, tapi lihat dong otaknya|Kenapa otaknya?| Bilyaran! | Hah?| Biliaran!!|...| Brilian, Mas!|” - Hal.37-


Bab III tentang Teknologi. Terus Bab IV, judulnya sih Tepuk Jidat Berjamaah.


”(nyolek kenek) Bang, bagi apinya dong!| Kenek: Emangnya Gue naga?!!|”


Atau yang ini

"Ah gila, gue baru nonton Ghost Ship!Keren Banget! Kita bikin film kayak gini aja, tapi temanya di kereta!| Terus lo mau kasih judul apa filmnya?"| Train Ship!!|...|"

Dan Bab-bab setelahnya yang juga membuat saya tidak bisa menahan ketawa di depan orang-orang banyak di atas kereta. Ya, sepertinya saat Anda membaca buku ini di keramaian, Anda harus siap-siap untuk diliatin orang banyak. Karena paling nggak pasti ada humor-humor yang cukup ”gila” untuk ditertawakan. Atau kalau tidak, biasanya pada akhir tiap­-tiap humor akan ada tulisan tentang reaksi orang-orang yang turut ada di lokasi kejadian.


Misalnya gini,


”Angkot 43, di dengar oleh semua penumpang yang ingin melontarkan kutukan Crucio ke Ibu#1”, hal 77

Nah, kadang yang kaya beginian jadi membuat saya tertawa membayangkan reaksi orang-orang itu.


Mungkin karena isinya humor, jadi untuk membacanya pun saya tidak memerlukan waktu yang lama. Habis sekali lahap. Sayangnya masih ada beberapa typo yang muncul di buku. Tapi untungnya Cuma sedikit, jadi nggak terlalu mengganggu. Yang agak mengganggu mungkin ada beberapa humor yang karena saya nggak paham, jadi terasa kurang lucu. Tapi secara keseluruhan, 4 bintang untuk Para Kuping!! Dan bila Anda masih belum puas dengan humor-humor di buku ini, bisa intip blog mereka di ngupingjakarta.blogspot.com , Ini tempat berkumpul para dialog absurd yang berseliweran di kota Jakarta. Selamat membaca!!

4 komentar on "Nguping Jakarta"
  1. :)) aku sudha lama ngikutin blognya si kuping ini, emang lucu tapi kadang nylekit :D

    BalasHapus
  2. ini beneran lucu hahahaha baca blognya trus jd pengen beli hehehe

    BalasHapus
  3. Kekekekek pagi ini aku baru aja ngekek-ngekek sendiri baca blognya.. Humor sarkastis tapi menghibur banget karena emang bener2 sering kejadian pembicaraan-pembicaraan kayak gitu :) :)

    BalasHapus
  4. iyaa.. beneran kocak humornyaaa

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,