Oktober 24, 2011

A Tale Dark and Grimm


Judul buku : A Tale Dark and Grimm

Penulis : Adam Gidwitz

Penerjemah : Khairi Rumantati

Penyunting : Jia Effendie

Penyelaras : Fenty Nadia

Pewajah isi : Husni Kamal

Tebal : 230 halaman, paperback

Penerbit : Atria

Cetakan I : Juni 2011


Pernah membaca atau mendengar tentang kisah kakak adik, Hansel dan Gretel? Iya, yang kisahnya melibatkan penyihir dan rumah cokelat. Well, cerita di buku ini bukan seperti cerita Hansel Gretel yang itu. Yang ini lebih.. asli dan.. berdarah-darah. Syukurlah Sang penulis sudah memperingatkan di bagian belakang buku, bahwa ini bukan bacaan yang tepat untuk anak-anak. Kalaupun ada anak-anak yang bersikeras membacanya, jangan salahkan kami, karena kami sudah memperingatkan terlebih dulu.

Kisah ini dimulai pada suatu hari di sebuah kerajaan bernama Grimm. Hiduplah seorang pelayan yang bernama Johannes, ia melayani keluarga kerajaan selama bertahun-tahun dan ia sangat setia. Nah, setelah Sang Raja meninggal dan meninggalkan Raja Muda seluruh kekayaan istana. Raja tersebut juga menyampaikan sebuah peringatan kepada Johannes bahwa Di sebuah ruangan di dalam istana, ada lukisan seorang putri yang cantik jelita, tapi Sang Raja Muda tidak boleh membuka kamar itu apalagi mengetahui lukisan Putri yang cantik jelita itu. Sebuah malapetaka akan terjadi pada Sang Raja Muda kalau ia sampai menikahi putri di lukisan itu.


Tapi namanya anak muda, kalau dilarang biasanya malah semakin penasaran. Maka dibukalah pintu kamar itu dan Sang Raja Muda langsung jatuh cinta kepada putri berambut emas di dalam lukisan itu. Tentu saja Sang Raja Muda tersebut, memerintahkan Johannes dan pasukannya untuk menjemput Puteri itu dari rumahnya di suatu pulau. Setelah berhasil menjemput Puteri, Sang Raja Muda yang sudah menjadi Raja tersebut bersikeras akan menjadikan putri itu Permaisurinya.


Tepat di kapal, Johannes mendengar para gagak sedang bercakap-cakap tentang ramalan masa depan yang menyebabkan Puteri ataupun Sang Raja kelak menjadi celaka. Tapi para Gagak juga menjelaskan cara menghindari kutukan atau ramalan-ramalan yang buruk itu. Karena Johannes sedemikian setianya terhadap Raja, maka ia berusaha agar Sang Raja dan Putri tidak celaka. Meski akhirnya Johannes menerima kutukan menjadi batu dari ujung kepala sampai ujung kaki. Nah, setelah peristiwa ”membatunya” Johannes, Sang Ratu dan Sang Raja menaruh patung Johannes di dekat ranjangnya, agar ketika mereka bangun di pagi hari, mereka ingat betapa setianya Johannes kepada mereka.


Sang Raja dan Sang Puteri lalu hidup bahagia dan memiliki seorang anak lelaki yang diberinama Hansel dan anak perempuan yang diberi nama Gratel. Selesai? Belum. Ini baru pengantarnya. Cerita demi cerita masih akan dibawakan oleh Sang Penulis yang di buku ini berperan besar dalam menceritakan dongeng seram ini. Yah, nggak seram-seram banget sih, palingan ada beberapa tukang sihir, cerita tentang Iblis dan Naga. Yak, belum pernah denger Naga di dalam cerita Hansel Gretel kan? Kalau belum, maka Anda harus baca buku ini, karena dongeng di dalamnya diceritakan dengan banyak misteri dongeng yang bermacam-macam.


Sang penulis dengan semaunya seringkali menuliskan ”tamat” di beberapa bagian cerita, meski sebenarnya belum. Yang ada malah membuat penasaran bagaimana kelanjutan cerita petualangan kakak beradik ini. Sayangnya masih ada beberapa typo yang muncul di sana-sini, tapi selain itu ceritanya asyik untuk diikuti. Hurufnya yang besar-besar dan ukurannya yang tidak terlalu tebal membuat saya betah membaca ceritanya.


Ow, ya. Ada kutipan yang saya suka di halaman 136,


”Kesetiaan itu penting. Memahami itu penting. Tapi, tak ada yang lebih berharga selain anak.”


4/5 Bintang untuk Hansel dan Gretel!!

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,