Januari 31, 2012

Pak Harto : The Untold Stories


Judul Buku : Pak Harto : The Untold Stories
Penulis : Anita Dewi A., Bakarudin, Donna Sita I., Dwitri Waluyo, Mahpudi
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal buku : 604 halaman, Softcover
Cetakan Pertama : 2011
ISBN : 978-979-22-7131-7


Bung Karno pernah berkata, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya.”

Pak Harto adalah Seorang Pahlawan. Itulah yang saya simpulkan dari keseluruhan membaca buku ini. Pak Harto sebagai seorang individu yang pernah memimpin Bangsa Indonesia dari keterpurukan setelah peristiwa G30S/PKI pernah membawa Indonesia menjadi salah satu Negara yang pembangunan dan kekuatan pangannya diakui oleh Dunia Internasional.

The Untold Stories ini menceritakan Pak Harto dari 113 orang yang pernah berinteraksi dengan beliau. Baik itu Perdana menteri dari Negara tetangga, para ajudan, saudara kandung Pak Harto, dokter pribadinya, pekerja seni sampai seorang pengamen juga bercerita di buku ini. Tun Mahathir bin Mohamad, Fidel Ramos, Des Alwi, Basofi Sudirman, Camelia Malik, Dorce Gamalama, Meutia Hatta dan Quraish Shihab adalah contoh para pencerita di buku ini.

Buku ini menceritakan banyak hal tentang pribadi dan sifat Pak Harto yang saya simpulkan adalah seorang pribadi yang tidak banyak bicara, sayang terhadap keluarga, murah senyum dan memiliki pandangan ke depan dalam membuat suatu kebijakan. Berbagai contoh kegiatan masyarakat juga dibangunnya dengan tujuan agar masyarakat Indonesia benar-benar berkembang dan menuju arah yang lebih baik. Sebut saja seperti PKK, Keluarga Berencana, SD Inpres, pembangunan jalan dan listrik yang mulai masuk desa adalah beberapa kegiatan yang sampai sekarang masih bermanfaat bagi Bangsa.

Ketika krisis ekonomi tahun 1998, kepemimpinan Pak Harto sebagai Presiden harus disudahi karena banyak pihak yang memintanya. Fadli Zon dalam buku ini menceritakan bagaimana Direktur IMF belakangan memberikan pidato resmi yang mengatakan bahwa IMF lah yang membuat kondisi agar Suharto meletakkan jabatannya. Selain itu adanya asumsi negatif masyarakat terhadap pemerintahan Pak Harto juga karena para pejabat disekitar beliau yang memiliki prinsip Asal Bapak Senang, sehingga Pak Harto terhalangi untuk melihat realitas yang terjadi. (Yuddy Chrisnandi, hal.260)

Buku ini juga tidak hanya berserita tentang Pak Harto dari orang-orang yang pro dengannya. A.M. Fatwa adalah salah satu penyumbang cerita di buku ini. Ia yang pernah melawan rezim Orde Lama dan Orde Baru bahkan sampai dipenjara menyimpulkan bahwa “sesungguhnya kebijakan politik itu merupakan tanggung jawab bersama sebagai sebuah rezim”. (Hal. 273)
Pak Harto juga sangat mencintai Ibu Tien, seperti yang diceritakan Satyanegara (Hal. 564) bahwa ketika Ibu Tien meninggal, ia melihat Pak Harto meneteskan air mata saat bertanya mengapa istrinya tidak bisa ditolong.

Cerita dalam buku ini lebih mengingatkan pembaca bahwa Pak Harto benar telah berjasa bagi Bangsa Indonesia. Sepeti yang dikatakan Lee Kuan Yew (Hal.35) “Pada akhirnya, sejarah akan menilai Soeharto secara adil. Beliau harus diberi tempat yang terhormat dalam sejarah Indonesia.”
3 komentar on "Pak Harto : The Untold Stories"
  1. Wah, 3 entry dalam sehari, gilak.

    Wow. Mba alvina, salut aku padamu bisa baca buku setebal dan seberat buku ini!

    BalasHapus
  2. well, it's Holiday Ky!
    let's celebrate with.. Books!! More books! XD

    BalasHapus
  3. Kyaaa cepet sekali bacanya.. Iya, setelah 10 tahun reformasi lewat memang banyak pihak baru bisa menilai secara objektif..

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,