Maret 16, 2012

Sarah’s Key


Julia Jarmond adalah seorang wanita Amerika yang bekerja sebagai wartawan di sebuah surat kabar di Perancis. Suatu hari ia ditugaskan untuk membuat artikel tentang peringatan ke enam puluh tahun Vel’d’Hiv’. Operasi Angin Musim Semi, nama lainnya, adalah peristiwa pengumpulan besar-besaran di sebuah stadion indoor bernama Vélodrome d’Hiver pada tanggal 16 Juli 1942. Ribuan keluarga Yahudi disekap di sana lalu dikirim ke Auschwits dan dimasukkan ke kamar gas.

Masalahnya, ini adalah aib bagi orang-orang Prancis, sehingga Julia mungkin akan kesulitan menemukan fakta-fakta atau jejak masa lalu dari peristiwa memalukan tersebut. Mengapa? Karena orang-orang Yahudi tersebut ditangkapi oleh Polisi-Polisi Prancis, Kamp-kamp yang dijadikan tempat tahanan juga berada dekat dengan rumah-rumah warga Prancis dan para terluka tersebut, orang-orang Yahudi, dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya di depan mata warga Prancis, karena mereka melalui jalan-jalan utama yang tentu dapat dilihat orang banyak.

Penjelajahan Julia akan peristiwa Holocaust tersebut membuatnya sangat penasaran. Terlebih banyaknya ketidaktahuan banyak orang Prancis sendiri akan tragedi apa yang terjadi saat itu. Aib yang mereka anggap angin lalu, sampai Julia menemukan rahasia antara apartemen nenek suaminya dengan sebuah keluarga dari korban Holocaust tersebut.
26 Rue de Saintonge, saat ini
Tersebutlah Sarah Starzynski, gadis kecil berumur sepuluh tahun yang pada malam di Juli 1942 mendengar gedoran di pintu apartemennya. Ia segera membangunkan ibunya, berdua mereka membuka pintu dan mendapati dua Polisi Prancis menyuruh mereka mengemasi barang-barang. Ibunya membereskan barang dan Sarah membangunkan adik laki-lakinya, Michel, supaya bergegas mengikuti ia dan Ibunya. Michel terlalu takut untuk ikut, ia memilih bersembunyi di tempat persembunyian petak umpet favorit mereka, yaitu di dalam lemari.

Sarah menyetujuinya, ia membiarkan Michel masuk dan berbisik bahwa Sarah akan kembali untuk mengeluarkan Michel. Pintu lemari terkunci dan Sarah tahu adiknya akan aman, di dalam lemari ada sebotol air minum, sebuah senter dan buku cerita yang disukai Michel. Sarah memasukkan kunci kuningan itu ke dalam sakunya dank e luar rumah bersama Ibunya. Ia berbisik bangga kepada Ibu, kalau Michel bersembunyi dalam lemari dan ia akan aman. Kita akan segera kembali untuk mengeluarkannya.

Saat itu Ibu dan Ayahnya yang menyusul kemudian menunjukkan senyum tersedih yang pernah dilihat Sarah. Kenapa? Ah, celakanya Sarah dan orangtuanya tidak langsung dikembalikan ke rumah. Mereka di bawa ke sebuah ruangan besar bersama banyak orang-orang Yahudi lainnya. Benak Sarah berkecamuk, ia harus kembali menolong adiknya, Michel masih di dalm lemari. Ia harus segera melarikan diri. Jika tidak…

Ya, sebuah cerita yang menautkan dua kehidupan, beberapa generasi dan disatukan oleh peristiwa pahit dalam sejarah manusia. Diceritakan secara bergantian antara kisah Sarah dan Julia, yang membuat pembaca betah lama-lama menikmati alurnya. Meski font huruf yang digunakan kurang nyaman di mata, namun konflik pernikahan, tragedy kemanusiaan, pengungkapan misteri yang dijalin penulis dalam cerita ini seakan menjadi perekat yang membuat saya penasaran untuk terus membaca.

Velodrome d'Hiver memorial sculpture
 Penokohan Julia dan Sarah yang kuat serta cerita yang tragis membuat buku ini amat berkesan bagi saya. Bahkan dalam waktu kurang dari 24 jam sudah selesai dibaca, tentu karena terbawa emosi dan rasa penasaran yang muncul saat membaca kisahnya. Mungkin Sarah adalah tokoh fiksi, tapi bisa jadi ia benar-benar ada di luar sana. Seorang dari beribu korban Holocaust, yang tak hanya terjadi di Prancis tapi terjadi di beberapa bagian dunia lainnya. Tragedi yang diungkap penulis ini membuat saya memandang aib suatu Negara sebagai suatu hal yang jika ditutup-tutupi malah menjadi penyakit yang menggerogoti batin orang-orang yang terlibat di dalamnya secara langsung maupun tidak langsung.

Poster Film Sarah's key
 Tatiana de Rosnay, sang penulis novel ini sebenarnya adalah orang Prancis, sejak tahun 1992 ia telah menerbitkan 12 novel baik dalam bahasa Inggris maupun Prancis. Novel Sarah’s Key diterbitkan pertama kali tahun 2006 dan berhasil mendapatkan beberapa penghargaan, di antaranya Livre du Poche - Reader's choice, Prix de lecteurs de Corse dan Cronos prize of literature. Novel Sarah’s Key juga sudah difilmkan pada tahun 2010 dengan Kristin Scott Thomas sebagai Julia dan Melusine Mayance sebagai Sarah. Anda bisa mengunjungi website de Rosnay di http://www.tatianaderosnay.com/.

4/5 bintang untuk buku ini!


Judul Buku :  Sarah’s Key
Penulis : Tatiana de Rosnay
Alih Bahasa : Lily Endang J.
Tebal : 340 halaman, paperback
Penerbit : PT Elex Media Komputindo
Cetakan Pertama : 2011
ISBN : 978-602-00-0923




1 komentar on "Sarah’s Key"
  1. Hehe, bagus kan.. :D
    Suka karakter Julia apa si Sarah nih?

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,