April 09, 2012

The Iron King

Meghan Chase hanyalah seorang gadis biasa-biasa saja, Emm… setidaknya begitulah yang saya pikir pada awalnya. Ia memiliki keluarga yang sederhana, tinggal di rumah dengan ibu, ayah tirinya dan seorang adik laki-laki bernama Ethan.  Di hari ulang tahun Meghan yang ke-16, ia mendapat kejutan yang tidak diinginkan. Harinya di sekolah berantakan, ia mulai merasa mengalami halusinasi karena melihat makhluk-makhluk yang ‘berbeda’ dan sahabatnya, Robbie seakan melindungi dari suatu hal yang Meghan sendiri tidak yakin dari apa.

Changeling

Yang lebih parah, di hari itu ia mengetahui bahwa Ethan yang ada di rumahnya ternyata bukan Ethan yang sebenarnya. Makhluk itu adalah changeling, anak faery yang ditukarkan dengan anak manusia. Berdasarkan keterangan Robbie, Ethan dapat kembali jika Changeling disiksa sampai hampir mati atau dengan mengembalikan anak yang asli ke rumahnya. Mehan yang amat menyayangi adiknya tentu lebih memilih pilihan kedua, meski pilihannya masih tidak masuk akal. Meghan harus mencari Ethan di negeri fairy dan membawanya pulang. Tapi bagaimana caranya?

Nah, Robbie ternyata juga punya rahasia lain, ia sebenarnya seorang makhluk dari dunia faery. Nama aslinya Puck, dan ia ditugaskan untuk melindungi Meghan, yang ternyata adalah seorang Putri dari Istana Musim Panas, salah satu Kerajaan yang ada di nevernever. Ketika mereka mencari Ethan di Istana Musim Panas, Meghan ditahan oleh Sang Raja, Ayah Meghan, untuk tetap berada di wilayah kekuasaannya selama acara Elysium, pertemuan antara Istana Musim Dingin dan Musim panas untuk memperbarui perjanjian dan melakukan gencatan senjata. Sayangnya, di tengah pesta terjadi sebuah kekacauan. Ada seekor chimera yang lepas dan merusak acara, bahkan membunuh beberapa fey dari kedua belah pihak Istana. Anehnya, ketika chimera itu mati, Meghan menemukan seekor kutu besi yang terlempar dari tubuh Chimera.

Caith Sith. tapi kayaknya Grim ngga pake topi deh. :D

Di tengah kekacauan itulah, Meghan dan Grimalkin, seekor Cait Sith yang menemani Meghan dalam perjalanannya di negeri faery selama ini, melarikan diri untuk mencari Ethan di Istana Musim Dingin. Perjalanan Meghan dimulai, ditemani orang-orang yang membantunya dengan imbalan serta seorang pengawal yang setia, mereka mencari di mana Ethan disembunyikan dan Meghan bertekad untuk membawanya pulang ke rumah.

The Iron King adalah sebuah cerita yang penuh dengan ke-magis-an dunia faery. Banyak tokoh atau jenis makhluk faery yang muncul di dalam cerita. Ada satyr, redcap, fey, naga, dryad, piskie, dan beberapa makhluk lagi yang mungkin bagi para pembaca fantasi sudah kenal. Menurut saya hal ini merupakan suatu keunggulan sekaligus kelemahan, keunggulan karena ada banyak makhluk yang dengan pintar bisa diramu dalam satu jalinan cerita yang seru. Tapi juga lemah, karena bagi mereka yang kurang sering membaca fantasi akan mengalami kesulitan dalam membayangkan bentuk makhluknya. Mungkin di seri keduanya bisa disisipkan keterangan dari masing-masing makhluk, agar membantu pembaca berimajinasi.

Sebuah buku dengan alur yang cepat, perjalanan yang menegangkan, kisah cinta sekilas dan karakter Meghan yang kuat sebagai seorang kakak menjadi daya pengikat pembaca untuk terus membaca buku ini. Ttapi menurut saya pemilihan judul kisah ini kurang tepat. Kenapa? Karena meski sudah disisipkan kisah ‘Raja Besi’ ini sedikit-sedikit di awal, tapi kemunculan dan klimaksnya hanya mengambil sedikit sekali porsi di bagian akhir cerita. Tapi toh tetap saja, cerita fantasi yang kadang diselingi humor ini membuat saya sebal. Sebal karena penasaran, endingnya justru muncul di saat kisah sebenarnya dimulai!! Jadi kapan seri keduanya terbiitt???? >_<

 Judul Buku : The Iron King (Buku Satu The Iron Fey)
Penulis : Julie Kagawa
Penerjemah : Angelic Zaizai
Korektor : Ine Noviane Asmara
Penerbit : Kubika
ISBN : 978-602-96987-6-3
Cetakan Pertama : Desember 2010



Sedikit informasi tentang beberapa makhluk dalam cerita

Puck (Robin Goodfellow) : Peri yang nakal, roh tanah, peri yang cerdas dan menipu dalam kisah A Midsummer Night's Dream
Fey : Fairy, peri
Caith sith : Makhluk dongeng dari Mitologi Celtic, seekor kucing hitam dengan bercak putih pada dadanya. Ada juga yang menganggap ia adalah jelmaan dari seorang penyihir
Oberon : Raja Peri

4 komentar on "The Iron King"
  1. berapa rating untuk buku ini non??? penasaran juga pengen sekali-sekali baca buku tentang peri...

    rada sebel baca bukunya tapi tetep nunggu seri kedua terbit????:)))

    BalasHapus
  2. bagus ya? :P
    iya menurutku memang agak bingung untuk membayangkan makhluk-makhluknya apalagi kalo yang belum kenal dengan makhluk2 itu sebelumnya.

    btw untuk Grimalkin, caith sith itu warnanya hitam ya? di buku ini Grim warna abu-abu. Namanya diambil dari Grey+malkin.

    buku kedua dan ketiganya padahal sudah diterjemahkan :'(
    tapi ga terbit-terbit...

    BalasHapus
  3. jadi penasaran nih...tapi gimana ya, saya kalo udah ada buku di tangan gak akan pernah bisa ninggalin itu buku.,.,

    BalasHapus
  4. @ Putri : 4 bintang Puuttt :D

    @ Mery : yaah, kok ngga segera diterbitkaan.. huhu.. >_<

    @ OPSA : errr... ada lemnya ya? XD

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,