Juni 20, 2012

Reckless ~ Ketika Setiap detik mengubah adikmu menjadi batu.

Reckless dalam bahasa Indonesia berarti Sembrono. Mungkin nama belakang yang disanding Jacob itu benar-benar mewakili dirinya. Jacob Reckless. Kesembronoan Jacob membuat nyawa adiknya dalam bahaya.

Jasper. (dari incazone.com)
Selama bertahun-tahun, Jacob memiliki dunianya sendiri di balik cermin ajaib di kamar kerja Ayahnya. Semenjak Ayahnya menghilang dan Ibunya yang selalu bermuram durja, Jacob selalu melarikan diri dari kenyataan dan ketakutan hidupnya untuk menikmati petualangan di dunia cermin tersebut. Sampai suatu hari adiknya, Will, ikut masuk ke dalam dunia di balik cermin tersebut. Malangnya, Will mengalami suatu kecelakaan sehingga ia perlahan-lahan berubah menjadi goyl.

Goyl di kisah ini adalah kaum seperti manusia hanya saja mereka memiliki kulit yang terbuat dari batu. Ada banyak jenis Goyl dan kesemuanya memiliki warna kulit yang berbeda-beda, mungkin sebanyak jenis batu yang biasa dijumpai manusia. Ada kulit dari batu carnelian, batu Oniks, batu jasper dan beberapa jenis lainnya. Ajaibnya, Will berubah menjadi Goyl yang spesial, kulitnya pelan-pelan berubah menjadi berwarna seperti Giok. Ya, Will kelak akan segera menjadi Goyl Giok jika Jacob tidak segera menyelamatkan nyawa adiknya tersebut.

“Batu Giok menjalari kulit manusianya bagaikan janji.” – Hal. 79

Giok. (dari olx.co.id)
Dunia di balik cermin ini punya banyak sekali misteri dan terkait dengan dongeng-dongeng yang sering kita dengar atau baca saat masih anak-anak. Ditambah lagi bahwa saat itu juga sedang terjadi peperangan antara manusia dan Goyl yang selama ini selalu dimenangkan kekuasaan Goyl. Inilah yang membuat perjalanan Jacob untuk menyelamatkan Will tidaklah semudah yang diinginkannya. Bersama Rubah, gadis yang bisa beralihrupa menjadi seekor rubah merah, dan Clara, pacar Will yang ikut masuk ke dunia cermin, mereka bertekad untuk menyelamatkan dan mengembalikan Will menjadi manusia seutuhnya.

Namun mampukah Jacob mengembalikan rupa adiknya menjadi manusia? Apalagi ternyata Will yang akan berubah menjadi Goyl Giok itu diburu oleh Goyl lainnya atas perintah Sang Raja. Berkejaran dengan waktu, Jacob terus mengusahakan cara agar Will tidak berubah menjadi Goyl. Sebab seiring berubahnya Will, ternyata ia juga kehilangan kenangan manusianya, ia melupakan Jacob.. dan mulai kehilangan rasa cinta terhadap Clara..

Bagi para penggemar cerita Grimm bersaudara saya rasa tidak akan sulit menerjemahkan latar cerita di buku ini. Sebab ada beberapa cerita dan mitos yang hadir di buku ini muncul di kisah-kisah Grimm yang terkenal tersebut. Contohnya ada rumah kue milik penyihir di cerita Hansel Gretel, kisah Sleeping Beauty, Rapunzel, Manusia Kerdil, Serigala, dan beberapa cerita lainnya yang dicuplik di buku ini. Sebenarnya saat awal membaca, saya khawatir merasa kecewa, Sebab twist yang ditampilkan agak kasar dan kurang menggigit. Dan kurang pahamnya saya terhadap jenis atau warna batu-batuan merupakan penghambat besar saya dalam berimajinasi.

Tapi bagi penggemar fiksi fantasi, tentu saja tidak boleh melewatkan karya Funke yang satu ini. Keunggulannya terletak dari ras Goyl, yang saya pikir merupakan pengembangan atau modifikasi cerdik Funke yang mungkin terinspirasi dari ‘Golem’. Juga ilustrasi yang ada di tiap awal bab, membawa saya lebih mudah dalam membayangkan latar atau bagian-bagian tertentu dalam cerita. Konflik cinta yang muncul ‘tiba-tiba’ di tengah cerita juga membawa angin segar bagi pembaca, Tentu dengan porsi yang pas karena seperti yang kita tahu, Genre buku ini adalah Fantasi, bukan Romance :D


Tokoh yang paling saya suka di cerita ini tentu saja tokoh utama, Jacob, yang sepertinya memiliki prinsip hidup ‘ Bertindak dahulu, berpikir kemudian’ karena ia sering sekali melakukan hal-hal yang spontan dan kadang membuatnya menjadi semakin terlihat ceroboh tapi tak jarang mampu membuat nyawanya terselamatkan. Ditampilkan di awal cerita sebagai seorang kakak yang kurang perhatian terhadap adiknya, tapi seiring perjalanan dan pengorbanan yang dilakukan untuk menyelamatkan Will membuat saya memandang Jacob dari sisi lain. Sisi yang sebenarnya, mungkin dia ceroboh, mungkin dia cuek, tapi saya tahu, Jacob sangat menyayangi adiknya.

4 bintang untuk Reckless!
Seperti kata Kirkus Review : “Gaya bercerita yang luar biasa.”


Judul Buku :  Reckless
Penulis : Cornelia Funke
Alih Bahasa : Monica Dwi C
Editor : Barokah Ruziati
Cetakan pertama : Februari 2012
Tebal : 376 halaman, paperback
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 978-979-22-8008-1


Postingan ini dalam rangka Posting bersama @bbi_2011 untuk genre Fantasi :)
Be First to Post Comment !
Poskan Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,