Mei 23, 2012

Ther Melian #2 – Chronicle


Judul Buku : Ther Melian #2 – Chronicle
Penulis : Shienny M.S
Penerbit : Elex Media Komputindo
Cetakan Pertama : 2011
Tebal : 520 halaman, paperback
ISBN : 978-602-00-0227-9



Masih ingat donk perjalanan Valadin dan teman-temannya dalam menemukan Relik Elemental? Juga bagaimana kisah Vrey dan kawan-kawannya yang terluka parah?

Nah, sebelum membahas itu, ada baiknya saya mengulas sedikit “Chronicle Vrey dan Valadin” yang ada di bagian awal buku ini. Buat saya (semoga demikian juga dengan pembaca lainnya), satu bab paling awal ini sangat membantu dalam memberikan kejelasan mengenai hubungan antara Vrey dan Valadin bertahun-tahun silam.

Valadin ~ dari deviantart.net
Saat itu Vrey tertangkap basah oleh Valadin karena memasang jebakan di Hutan Telssier. Ternyata wajah Vrey mengingatkan Valadin akan seorang kawan lamanya yang hilang, yaitu Lord Reuven. Dari Valadin juga kemudian Vrey tahu cerita tentang orang tuanya. Ayahnya Lord Reuven adalah seorang Elvar, dan Ibunya yang bernama Lyra adalah seorang manusia. Semenjakk kematian Lyra, Reuven menghilang dan diperkirakan bunuh diri karena kehilangan kekasih sejati hatinya. Hal itu yang menjadikan Vrey selama ini hanya diurus oleh Kakeknya tanpa ada berita apa-apa tentang orang tuanya.

Pertemanan Vrey dan Valadin berlanjut hingga akhirnya Valadin mengajak Vrey tinggal di Kota Falthemnar, kota para Elvar. Tapi ternyata Vrey merasa tidak cocok tinggal di kota itu, sampai suatu ketika ia melarikan diri meski Valadin memergokinya. Valadin yang mencoba membujuk Vrey untuk tetap bertahan di Falthemnar ternyata gagal melawan keras kepalanya Vrey.

”Aku berusaha berubah untuk membahagiakanmu. Tapi aku hanya menipu diriku sendiri, aku nggak akan pernah bisa menjadi seperti yang kamu harapkan. ” –Vrey ~ Hal. Xliii

Nah itu kisah singkat Vrey dan Valadin pada awal pertemuan mereka. Sekarang kita kembali ke cerita lanjutan di buku kedua, ya..

Leighton ~ dari forum elexmedia
Vrey, dan teman-temannya berhasil selamat dari apa yang mereka alami di Gunung Ash. Setelah dirawat dan menyembuhkan luka-luka, mereka berencana akan pergi ke Istana Laguna Biru di Granville untuk memulangkan Pangeran hilang yang telah ditemukan kembali. Dengan itu Vrey dan Rion berharap Sang Pangeran (yang bernama Leighton Thaddeus Granville) bisa membantu mereka menyelesaikan masalah yang ada, karena dengan gelarnya tentu Leighton lebih berkuasa daripada mereka. Awalnya Leighton enggan, tetapi karena ia sadar betapa besar bahaya yang mengancam mereka, maka ia mengiyakan ’tuntutan’ dari Vrey dan Rion. Tapi perjalanan mereka masih panjang, masih harus menuju Kota Yamuna dan mendapatkan Kapal Udara untuk mengantar mereka ke Granville. Sudah begitu, sesampainya di Yamuna, semua kapal udara telah berangkat dan tak akan ada yang pergi lagi sebelum Festival di Kota itu selesai diadakan, kecuali satu kapal udara milik keluarga Kerajaan Lavanya. Beruntung Leighton memiliki kenalan seorang Putri kerajaan tersebut.

Putri Ascha Shela Lavanya adalah seorang alkemis yang sangat pintar dan juga cantik. Ia bersedia membantu Vrey, Leighton dan Rion dengan memberikan surat ijin supaya mereka diperbolehkan naik ke Kapal Udara Kerajaan. Tapi di tengah perjalanan menuju kanal, mereka diserang oleh Karth dan Laruen. Yang lebih parah, ada ledakan yang berasal dari tempat kerja Putri Ascha.


Ascha ~ dari forum elexmedia
Karena peristiwa inilah, kemudian Vrey dan kawan-kawannya berpisah. Ia dan Rion membawa emblem (tanda pengenal Istana) milik Leighton bersama surat ijin dari Putri Ascha untuk segera berangkat ke Granville. Sedangkan Leighton dan Desna, orang kepercayaan Putri Ascha kembali ke tempat kerja Putri untuk menyelamatkannya. Ledakan besar itu terjadi berkali-kali di beberap tempat berbeda, Putri Ascha menghilang dan diiringi kesadaran yang lambat, Desna menyadari bahwa orang-orang yang menculik Putri pasti karena ingin menemukan jalan ke tempat Naian Mujdpir, tempat paling rahasia di bawah Istana.


Sementara itu Valadin dan Ellanese yang menunggu kabar keberhasilan timnya dalam mengambil Relik Aquamarine makin tak sabar. Tak ada yang mengabarinya apakah mereka sukses atau gagal dalam misi tersebut? Lalu apakah Vrey berhasil sampai di Granville dan mendapatkan pertolongan dari Raja?

Sebuah Chronicle ~ kisah yang sangat apik. Bahkan saya jauh lebih puas membaca buku ini daripada buku seri pertama. Di buku kedua ini, alurnya lebih cepat, kejutannya lebih banyak dan tentu saja, ending cerita yang bikin penasaran setengah pingsan. Typo masih ada meski sudah jauh berkurang daripada buku Revelation. Gambar-gambar tokoh di dalam buku juga turut menghidupkan cerita di tiap babnya.

Dari awal saya bersyukur karena penulis membeberkan kisah awal tentang Vrey dan Valadin, meski sejujurnya saya masih nggak menemukan apa yang sebenarnya membuat Valadin jatuh hati dengan Vrey. (mungkin penulis menciptakan Valadin ini tipe cowok yang berpendapat : Cinta nggak butuh alasan) :p

Awalnya saya sempat kecewa dengan tokoh Vrey yang ’berubah’ karena bersama Valadin. Aduh, udah cocok sama Leighton, kenapa harus diganggu Valadin sih.. *kesel sambil gemes sendiri. Tapi toh akhirnya dia kembali menjadi Vrey yang keras kepala dan setia kawan, bahkan rela menyakiti Valadin demi menyelamatkan teman-temannya.

Yah, singkat kata... empat bintang untuk buku ini. Dan ....

Saya harus punya buku ketiga dan keempatnya!!
4 komentar on "Ther Melian #2 – Chronicle"
  1. ayo dibaca buku 3 dan 4nya *kasih semangat*

    BalasHapus
  2. #teamvaladin biar deh vrey sama valadin, hehehe

    BalasHapus
  3. eeh... #teamleighton XD

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,