September 17, 2012

Beat The Reaper – Menaklukkan Maut


 Judul Buku :  Beat The Reaper – Menaklukkan Maut
Penulis : Josh Bazell
Penerjemah : Putri Dewi
Editor : Johanes Trihartanto dan Fransiska R. Uli
Penerbit : Esensi (Penerbit Erlangga)
Cetakan Pertama : 2012


Dilihat dari judulnya, mungkin memang buku ini masih ada hubungannya antara dokter dan mafia. Tapi kalau tokoh utamanya adalah seorang dokter yang dulu pernah jadi mafia, nah, itu dia yang membuat buku ini punya cerita yang tidak biasa.



Dr. Peter Brown sebenarnya adalah seorang dokter residen yang biasa-biasa saja. Jam di putaran hidupnya sebagian besar ia gunakan untuk bekerja-bekerja dan bekerja. Sampai suatu hari pertemuannya dengan seorang pasien membuat Peter makin waspada.

Pasien itu adalah seorang kenalan Peter dulu saat ia masih bergelut di dunia mafia, namanya Squillante. Tetapi setelah berbagai hal terjadi dalam hidupnya dan Mafia hanya membuat semuanya makin berantakan, Peter melarikan diri dari dunia penuh darah itu. Nah, Peter bingung harus ia apakan pasien itu, apa ia biarkan sembuh atau lebih baik ia bunuh?

Toh kalau dibunuh, hidup Peter akan tetap normal dan tak ada yang perlu dirisaukan lagi. Nah, sialnya, si Pasien ini telah memberitahu anak buahnya kalau-kalau ia mati, berarti ia dibunuh oleh Bearclaw, nama panggilan Peter saat ia masih menjadi mafia. Karena itu, kemudian Peter berusaha menyelamatkan hidup pasien itu, yang tidak bisa dibilang mudah.

Berhasilkah Peter mempertahankan pekerjaannya dan menyelamatkan nyawa si pasien itu?

Bagaimana kehidupan dokter di rumah sakit sepertinya merupakan bagian besar yang diceritakan penulis di buku ini. Melalui alur yang maju mundur, pembaca juga diberitahu asal mula Peter masuk ke dunia mafia sampai akhirnya ia memilih menghilang dari kehidupan kelam itu.

Yang membuat cerita ini unik, menurut saya adalah tokoh Peter itu sendiri. Saya rasa nggak banyak kisah yang memilih tokoh utamanya adalah ex-mafia dan seorang dokter residen.

Mmebaca buku ini mau tak mau mengingatkan saya dengan Dr. House, sebuah serial yang memiliki tokoh utama seorang dokter yang cuek, semaunya, tapi lihai dalam analisa terhadap pasien. Bedanya mungkin karena House bukan mafia, ya.. :D

Banyak istilah kedokteran yang digunakan dalam cerita di buku ini, yang berimbas kepada catatan kaki yang aduhai kadang panjang-panjang dan huruf yang menurut saya ukurannya kurang besar untuk dapat dinikmati.

Di awal cerita memang sempat membosankan, tapi saya akui saya penasaran dengan kisah si Peter ini. Secara keseluruhan saya rasa tiga setengah bintang layak untuk buku ini.


2 komentar on "Beat The Reaper – Menaklukkan Maut"
  1. haha, sama mbak, aq jadi inget sama Dr. House, mungkin karena gayanya yang sinis dan seenaknya sendiri itu ya, cmn kalah aksi bela-dirinya aja :D

    BalasHapus
  2. Endingnya dooong... yang di ruang pendingin apalah itu... gila banget!!!
    wuiiih...

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,