Oktober 05, 2012

Di antara Dua Hati ( Heart of the Matter)



Judul Buku : Di antara Dua Hati ( Heart of the Matter)
Penulis : Emily Giffin
Penerjemah : Isthi P. Rahayu
Penerbit : Esensi
Tebal : 448 halaman, paperback
Cetakan Pertama : 2012
ISBN : 978-979-099-866-7

Sebelum menceritakan kembali isi buku ini, saya rasa nggak cocok kalau belum mbahas covernya. Awal melihat cover buku ini, saya suka dengan covernya yang berwarna hijau lembut yang sebenarnya langsung mengingatkan saya pada jubah operasi dokter di rumah sakit. Lalu tangan seorang wanita dengan setangkai bunga sederhana, oke, ini pasti tentang perselingkuhan, dan voila.. saya benar. 


Berawal dari sebuah tragedi yang menimpa seorang anak lelaki bernama Charlie yang memiliki orang tua tunggal, Valerie. Ketika Charlie menginap di rumah temannya, ia terjatuh ke dalam perapian sehingga sebagian wajah dan tangannya mengalami luka bakar yang cukup parah. Syukurlah dia mendapat perawatan yang baik terutama dari Dr. Nick Russo, ahli bedah yang masih muda, tampan, ramah dan sabar.

Didorong hausnya kasih sayang seorang Ayah membuat Charlie sangat menyukai dan akrab dengan Nick, yang secara langsung juga membuat Nick menjadi dekat dengan Valerie. Dekat dalam arti memberi dukungan penuh kepada ibu satu anak itu dan juga dekat dalam arti… jatuh cinta.

Padahal Nick sudah berkeluarga dengan Tessa, seorang ibu muda yang merelakan pekerjaan kantoran menjadi ibu rumah tangga. Dengan Ruby, anak perempuan yang berusia 4 tahun dan Frank, si tampan berumur 2 tahun, Tessa mulai merasakan bahwa suaminya berubah. Awalnya ia percaya bahwa semua hanya karena kesibukan Nick di rumah sakit karena pasien kecilnya.


Tetapi suatu hari Tessa membaca pesan singkat di ponsel suaminya yang isinya cukup mencurigakan sehingga ia pikir bisa saja itu dari selingkuhannya Nick. Tak ingin kecewa, ia bertahan meyakinkan diri sendiri bahwa Nick tidak akan dan tidak mungkin mau berselingkuh. Rumah tangga mereka bahagia, mereka memiliki dua anak yang sempurna, lalu apalagi yang harus Nick cari dari wanita lain?

Rasa penasaran dan kekhawatiran Tessa ternyata berujung pada sebuah penemuan yang mengejutkan. Mengapa Nick selingkuh? Akankah Nick lebih memilih wanita itu daripada Tessa dan keluarganya? Atau Tessa yang memilih untuk meninggalkan Nick dengan luka di hatinya?

Sebuah cerita yang penuh dengan drama, kalau boleh saya simpulkan. Cowok yang perfect,dokter, tampan, ramah lalu selingkuh. Cuma sayangnya si Dokter bukan menyelingkuhi pacar, tetapi seluruh keluarganya. Anak-anak dan istri yang dulu pernah dijanjikan akan selalu setia sampai maut memisahkan. Karakter Nick yang plin-plan tidak terlalu kuat diceritakan di buku ini, tapi yang terasa betul adalah karakter Valerie dan Tessa yang sama-sama dominan.

Valerie adalah tipe single parent yang kuat dan tipe wanita yang selalu berusaha terlihat tegar dimanapun dan kapanpun. Ia begitu protektif terhadap dirinya dan anaknya, sehingga lebih sering khawatir jika berhubungan dengan orang lain (well, kecuali dengan Nick). Sedangkan Tessa, bukan wanita superior yang saya simpulkan merupakan pribadi yang rapuh terutama terhadap cinta. Mungkin karena pernikahan orangtuanya yang juga bermasalah, membuat Tessa dengan mudah mencium gelagat tidak beres dari suaminya.

Diceritakan dari dua sudut pandang secara bergantian, Valerie dan Tessa, membuat cerita ini memiliki alur yang cepat dan meski mudah ditebak, tapi tetap menimbulkan rasa penasaran seperti menonton drama rumah tangga. Bagian yang paling saya suka adalah ketika seluruh keluarga Tessa mendukungnya saat mereka tahu bahwa Nick selingkuh. Termasuk kedua orangtuanya yang sebenarnya saling tidak suka, karena Ayah Tess juga menyelingkuhi istrinya.

Kutipan yang saya suka dari buku ini :


”Akhirnya yang kau miliki hanyalah dirimu sendiri”, -Hal.126


Tiga bintang untuk kisah sederhana tentang cinta yang tidak pernah sederhana.

Sekilas tentang penulis.

Emily Giffin memiliki enam novel yang telah dipublikasikan. Novel pertamanya, Something Borrowed (2004) telah difilmkan dengan judul yang sama dengan Ginnifer Goodwin dan Kate Hudson sebagai pemainnya.

Novel Heart of The Matter adalah novel ketiganya yang masuk di jajaran The New York Times Best Seller tahun 2010.

Tentang penulis dan karyanya lebih lengkap bisa Anda lihat di http://www.emilygiffin.com/

6 komentar on "Di antara Dua Hati ( Heart of the Matter)"
  1. Cepet banget!!

    Btw, aku ga baca sampe selesai karena takut kena spoiler. Hehe.. baru bab 1 nih.

    Covernya itu aku pikir gaun hijau lho.. tapi setelah di amati lagi iya juga ya, kayak jubah operasi dokter.

    BalasHapus
  2. Vin, apa hubungan antara bunga di cover dengan perselingkuhan? #serius#
    aku baru nyicil dikit2 baca ini nih...

    BalasHapus
  3. sebenarnya udah punya ebooknya dari kapan tahu.. tapi belum sempat baca.
    untungnya ada buntelan ini...

    Gregetan deh sama Nick yang plin plan. Tapi emang ya "perasaan dibutuhkan" itu penting buat para pria :)

    BalasHapus
  4. @ oky : hihi.. semangat bacaa XD

    @rie : eh iya, rata rata yang covernya gambar dua tangan apalagi sambil pegang bunga biasanya ttg selingkuh *eh ini berdasarkan pengalaman membacaku aja sih XD

    @desty : sumpe ngegemesin bgt itu nick. pengen ditendang ampe maroko kayaknya -____-

    BalasHapus
  5. Kunjungan perdana ke mari :)

    Sekaligus belajar review di sini :)

    Pembaca yang jeli, bahkan dari gambaran sampul dengan gambar bunga pun bisa memberikan gambarakan kalau isi buku sebuah perselingkuhan :)

    BalasHapus
  6. jadi jadi jadi, nick milih siapaaa? *males baca tapi kepo* =D

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9