Desember 29, 2012

Book Kaleidoscope 2012 - Top Five Most Favorite Books

Ini postingan kedua saya dalam rangka Book Kaleidoscope 2012.




yaitu Top Five Most Favorite Books




Top Five Favorite Books kali ini rupanya sangat sulit buat saya. Yah, milih 5 buku ternyata cukup sulit mengingat saya banyak membaca buku yang berkesan di tahun ini. Tapi akhirnya toh saya berhasil nyuplik 5 buku yang menurut saya ‘layak’ ada di jajaran Favorite Books.

5. The Invention of Hugo Cabret – Brian Selznick
Yah,yang udah pernah baca buku ini pasti tau kalau buku ini kereen bangeeet kan? Banyak ilustrasi tangan di dalam bukunya, bahkan bisa dibilang yang membuat buku ini menarik adalah karena ada banyak gambar di dalamnya. Dan ya karena itu pula makanya buku ini mendapat banyak sekali penghargaan. 



4. Just So Stories – Rudyard Kipling
Event baca bareng BBI membuat saya mau tak mau membaca buku ini, meski dalam versi e-booknya (maklum, belum punya bukunya). Buku ini termasuk buku favorit saya karena bahasa yang digunakan Kipling dalam buku ini sangat berima, sangat unik, padahal ia sedang bercerita bukan berpuisi. Ilustrasi yang ada di gambar juga membuat saya menyukai buku ini, mungkin juga karena ia bercerita tentang dongeng yang tak lekang waktu. 



Yah, saya adalah salah seorang penyuka dongeng atau cerita semi-fantasi gitu.. jadi buku ini buat saya keren banget, apalagi termasuk dalam buku klasik. Jarang loh ada buku klasik yang ceritanya mudah dibaca dan dipahami. Oh ya, satu lagi, ada puisi-atau lagu gitu di setiap akhir cerita di kumpulan cerpen ini, dan ada yang nyebut Surabaya juga loh.. :D

3. Petualangan Tintin- Kepiting Bercapit Emas
Membaca Tintin merupakan sebuah keasyikan yang amat sangat buat saya. Yah, mungkin karena ada ilustrasinya juga yang menjadikan saya lebih mudah memahami jalan ceritanya oh dan meski ceritanya ditulis puluhan tahun lalu, tapi tetap saja seru untuk diikuti.


Berkisah tentang Tintin yang menemukan misteri dari sebuah kaleng makanan bergambar kepiting, ia terjebak dalam sebuah kapal bersama dua detektif kembar dan bertemu dengan Kapten Haddock untuk pertama kalinya. 
Tintin yang pintar, dua detektif yang konyol dan Sang Kapten yang kadang bikin sebal pembaca, semuanya mengantarkan kita ke dalam jalan cerita yang menegangkan tapi penuh tawa.

2. The Time Keeper- Mitch Albom
Saya menyukai buku ini selain karena keunikan kisahnya, juga karena kepiawaian penulisnya menyusun kata demi kata menjadi sebuah buku yang seakan menyihir saya. Sebenarnya bahasan buku ini sederhana, tapi cakupannya ternyata luas, tentang manusia yang tidak pernah puas dengan waktu yang ia miliki. 



Seorang laki-laki yang pertama kali mengukur waktu, dijadikan sebagai Sang Penjaga Waktu. Ia terpaksa mendengarkan keluh kesah manusia yang tak pernah habis mengenai waktu. Sampai suatu ketika ia diberi perintah untuk membantu dua orang manusia di bumi yang ‘bermasalah’ dengan hidupnya gara-gara waktu.
Selain cover yang cantik, terjemahan yang apik, bahasan yang menarik, buku ini mengingatkan saya bahwa waktu yang kita miliki itulah yang merupakan harta dari Tuhan untuk kita.

1. Room – Emma Donoghue
Buku ini sebenarnya saya baca karena terprovokasi oleh beberapa teman GRI yang waktu itu mengadakan baca bareng. Lha ternyata saya jatuh cinta dengan buku ini, dengan karakternya, jalan ceritanya dan ‘kepolosan’ tokoh utamanya. 



Berkisah tentang penculikan dan penyanderaan seorang gadis sampai kemudian ia melahirkan dan membesarkan anaknya, serta bagaimana perjuangan mereka untuk bertahan hidup dan usaha untuk melarikan diri yang ternyata tidak mudah dihadapi oleh seorang anak kecil.
Diceritakan dari sudut pandang anak 5 tahun, buku ini mengajak kita melihat sebuah kisah tragis dari sudut pandang yang berbeda. Kepolosan Jack berkali-kali membuat saya tersentuh saat membaca kisahnya. Bersama Ma yang tangguh, Nick yang menyeramkan, buku ini saya rasa adalah buku terfavorit saya di tahun ini.



Itu daftar buku pilihan favorit saya. Kalau pendapat kalian beda, kenapa nggak bikin juga terus ikutan deh bareng-bareng kita.. Masterpostnya bisa dilihat di Fanda Classiclit di sini :)
6 komentar on "Book Kaleidoscope 2012 - Top Five Most Favorite Books"
  1. Eh? Jadi inget kalo Room-nya belum aku baca juga. Penasaran sih, tapi ntah kenapa lebioh tertarik baca yg shallow model2 the boy who sneaks

    BalasHapus
  2. aq belum baca Room, nunggu pinjaman :D, aq juga suka banget HUGO mbak (lupa klo ada dlm daftar) tahun depan mau baca yang Wonderstruck, tuebeel banget hehe)

    BalasHapus
  3. Sudah kuduga, The Room pasti jadi jagoanmu, kayaknya kamu terkagum-kagum sama buku ini ya. Congrats for finding those great books during 2012. Moga2 2013 bertabur buku2 yang lebih keren ya... :) Happy New Year!

    BalasHapus
  4. @ AS Dewi : yaaah ayook dibaca mbaak.. mihihi, itu the boy nya jadi aku pikir pikir lagi mau baca apa nggak XD

    @Hobbybuku : err.. ini aja punya ebooknya XD

    @Fanda : iya mbak Fandaaa..semoga makin banyak bacaan yg brekualitas di tahun 2013

    BalasHapus
  5. Aku juga belum baca Room yang kamu kirim :)

    BalasHapus
  6. Setiap ke toko buku nimbang2 pengen ambil Room tapi ga jadi2.. e ada ebooknya? bolee dong *pengunjung yang ngelunjak :p

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,