Desember 10, 2012

Cerita Sahabat 2 – Asmara Dini Hari



Judul Buku : Cerita Sahabat 2 – Asmara Dini Hari
Penulis : Alberthiene Endah & Friends
Cetakan Pertama : Agustus 2012
Tebal : 376 halaman, paperback
ISBN : 978-979-22-8716-5

Buku yang terdiri dari 27 cerita yang ditulis oleh 17 orang penulis ini mengusung tema yang sama, Cinta. Spektrum cinta memang lebar, luas seperti semesta, sepertinya, sebab ia bisa tumbuh di mana saja dan oleh siapa saja tanpa kenal ampun. Membaca kumpulan cerpen di buku ini membuat saya tersadar ada banyak sekali perihal yang bisa dibicarakan tentang cinta.


Meramu 27 cerita dalam sebuah resensi, bagi saya adalah hal yang sulit, karena itu akan saya ceritakan beberapa saja cerita di dalam buku ini, tidak semuanya, dengan demikian masih ada sisa kejutan yang bisa Anda nikmati seterusnya.

Cerita yang paling berkesan buat saya adalah sebuah cerita berjudul ’Celengan Minnie Mouse’ yang ditulis oleh Ratna Dumila, kisah cinta antara seorang Ibu dengan anaknya yang spesial. Yang membuat saya mensyukuri banyak hal yang ada di hidup saya yang sebelumnya kadang jarang saya syukuri.

Model cerita yang sederhana tapi unik, ada di ’( )’ milik Jenny Jusuf. Temanya tentang perselingkuhan yang merupakan tema paling banyak dari cerpen yang ada di buku ini, tetapi saya menemukan sebuah kalimat yang membuat saya menandai halamannya.

“Kita bukan tanda koma, dan takkan pernah menjadi titik. Kita adalah sisipan bagi satu sama lain. Yang ada, dan nyata, namun tak pernah menjadi kalimat utuh. Dan karena itu kita sempurna.”- Hal.264

Cerita yang paling saya suka saat membayangkan endingnya, yang paling membuat saya penasaran, ’Asmara Dini Hari’ milik Alberthiene Endah. Tentang cinta seorang wanita yang sempurna, dikisahkan dari sudut pandang supir pribadinya.

Sebagian besar memang menceritakan perselingkuhan, rumah tangga yang hanya sandiwara, atau cinta yang tak terbalaskan. Karena berupa cerita pendek, maka tidak bisa disalahkan jika penokohannya masih banyak yang belum maksimal. Bahkan ada cerita yang hampir sama garis besarnya, yaitu cerita milik Maina Sumapradja dengan ’Where Is the Love’ milik Anggun Prameswari.

Yang menyenangkan dari membaca kumpulan cerpen ini adalah selesai dalam sehari. Tak butuh waktu banyak memang menghabiskan waktu menikmati cinta, mengambil pelajaran dari cerita-ceritanya serta menjadi penghibur waktu yang setia.




3 komentar on " Cerita Sahabat 2 – Asmara Dini Hari"
  1. penasaran sama kumpulan cerpen ini... sama yang pertama bagusan mana vin?

    BalasHapus
  2. belum baca buku kesatunya mbaak.. >_<

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,