Mei 29, 2013

Istana yang Bergerak – Howl’s Moving Castle #1





Judul Buku :  Istana yang Bergerak – Howl’s Moving Castle #1
Penulis : Diana Wynne Jones
Alih Bahasa : Syaribah Noor Brice
Penerbit  :Gramedia Pustaka Utama
Cetakan Pertama : Juli 2009
Tebal : 328 halaman, paperback
ISBN : 978-979-22-4729-9





Sophie Hatter adalah anak sulung dari tiga bersaudari, ia seringkali beranggapan bahwa menjadi anak sulung seringkali menjadi yang agak kurang beruntung. Hal in diperkuat ketika Ibunya mengatakan bahwa ada masalah dengan bisnis topi mereka, sehingga dua adik Sophie dikirimkan ke rumah sahabat-sahabat Ibunya yang lebih mapan. Tapi tidak dengan Sophie, ia tinggal di rumah, membantu ibunya menghias topi di toko dan sesekali melayani pembeli. Makin lama, Sophie makin terlihat lesu dan tak bersemangat, kemudian ia memutuskan untuk mengunjungi dua adiknya, Lettie dan Martha, sekadar menanyakan bagaimana kabar mereka.

Di perjalanan, Sophie agak was was karena saat itu kota mereka didatangi oleh Penyihir Howl (yang kabarnya suka memakan perempuan) dan seorang Nenek Sihir dari Waste. Nenek sihir ini (menurut gosip) telah membunuh Penyihir Suliman, penyihir istana. Tapi syukurlah, Sophie berhasil menemui adik-adiknya. Mereka terlihat menikmati hidup barunya, bahkan mereka merasa kasihan kepada Sophie yang seakan diperbudak ibunya sendiri. Ini membuat hari-hari Sophie berikutnya menjadi tidak tentram, ia seringkali berpikir bahwa mungkin saja ibunya memang mengekploitasi dia.

Suatu hari, toko topi kedatangan seorang wanita yang menanyakan jenis topi tertentu. Sophie yang sedang tidak mood melayani pembeli tersebut dengan ogah-ogahan. Sialnya, ternyata wanita itu adalah si Nenek Sihir! Tanpa babibu, ia menyihir Sophie menjadi seorang nenek tua. Sophie sangat ketakutan, dengan panik ia melarikan diri dari rumah entah menuju ke mana, sampai ia memiliki ide untuk mendatangi kastil Howl yang selalu berpindah-pindah.Toh penyihir Howl tidak akan memakan daging wanita renta sepertiku, pikirnya.

Penyihir Howl rupanya tidak sejahat yang orang-orang kira, ia malah memiliki murid, seorang anak lelaki bernama Michael, juga memiliki jin api yang bernama Calcifer. Sophie menghabiskan waktunya di sana, membersihkan kastil yang amat sangat kotor tersebut, memasak, sesekali mengobrol dengan Michael. Tapi yang tak seorangpun tahu, Sophie diam-diam mengikat perjanjian dengan Calcifer, untuk membebaskan Calcifer dari Penyihir Howl.

Bagaimana akhir cerita Sophie? Apakah ia bisa bebas dari kutukan Si Nenek Sihir? Atau ia akan berada di istana Penyihir Howl sepanjang hidupnya?

Tadinya saya tidak berharap banyak pada cerita ini, tetapi siapa sangka, cerita ini memiliki banyak petualangan dan sihir, dua hal yang sangat saya suka! Dimulai dari cover, awal membaca mungkin saya nggak akan ngerti maksud dari cover buku ini, selain ada kastil yang memiliki kaki (mungkin maksudnya si Istana Howl yang bisa pindah-pindah tempat). Nah di pojok-pojok cover, ada gambar api, anjing, orang-orangan sawah dan seorang nenek tua. Yah, pastinya si Nenek pergambaran si Sophie, si Api pergambaran si Calcifer, dan dua gambar lainnya? Aih, kalau saya cerita nanti jadi spoiler donk yak. XD

Sophie adalah tokoh yang unik, dia perpaduan sifat keras kepala dan penyayang, dia perhatian tapi kadang juga bertingkah menyebalkan. Sophie selalu ingin tahu, dan dengan berubahnya ia menjadi wujud nenek-nenek, ia menjadi jauh lebih berani. Meski Sophie tokoh utama, tapi saya lebih suka dengan si Penyihir Howl. Yah, dia penyihir tampan yang urakan, kadang egois, tapi diam-diam perhatian. XD

Cerita ini menurut saya layak dibaca anak-anak yang berusia 8 tahun ke atas. Selain bahasanya yang mudah dipahami, tokohnya juga nggak banyak dan petualangannya juga seru. Eits, ada sedikit bumbu romantisnya, tapi yah.. sedikiiit sekali. Jadi nbuat yang epnyuka cerita fantasi, well, buku ini wajib kamu koleksi :D
2 komentar on " Istana yang Bergerak – Howl’s Moving Castle #1"
  1. ini series ya kak, lanjutannya udah diterjemahin belum sih?

    BalasHapus
  2. Ada bukunya ya..
    Saya tahu ceritanya, karena saya pernah nonton film animenya (kartun jepang) dari studio Ghibli..
    Bisa di search dan ditonton, keren lho.. :) #promosi
    Nice review ;D
    Oli_Lizzy@hijaubalonku

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,