November 28, 2013

Anya's Ghost


 

Judul Buku : Anya's Ghost
Penulis : Vera Brosgol
Komikus : Vera Brosgol
Penerjemah : Chris Saxon
Tebal : 228 halaman, paperback
Penerbit : CV Curhat Anak Bangsa (PT Mizan Pustaka)
Cetakan Pertama : April 2013
ISBN : 978-602-7662-06-3

Bayangkan adegan ketika kamu sedang bete, berharap mendapatkan ketenangan maka kamu memutuskan untuk menyendiri, jalan-jalan mencari udara segar. Eh sialnya kamu malah masuk ke dalam lubang yang dalam, padahal di situ jarang ada orang yang lewat untuk bisa kamu mintai pertolongan. Lebih sial lagi karena di dalam lubang itu ada tulang belulang manusia. Belum, masih jauh lebih sial ketika arwah si tulang muncul dan mengajakmu ngobrol.

Itu kisah awal Anya bertemu dengan hantu bernama Emily, hantu ini secara tidak sengaja mengikuti Anya setelah ia berhasil keluar dari lubang. Tidak sengaja karena ada bagian tulang Emily yang menempel di tas Anya. Awalnya Anya risih selalu diikuti hantu, tapi dengan cepat Emily bisa membujuk Anya untuk membiarkannya menghirup udara bebas setelah lebih dari 90 tahun terpenjara dalam lubang. Emily membantu Anya menyelesaikan soal-soal ulangan dengan diam-diam mencarikan contekan, ia juga membantu Anya perihal hubungannya dengan cowok.


Tapi kelamaan, Anya kesal karena Emily seakan tidak punya hati, Emily sering memaksakan kehendaknya pada Anya. Emily juga mulai berlaku seenaknya, merokok (yang entah kok bisa) dan yang lebih parah mulai mengusili keluarga Anya. Anya yang penasaran kemudian mencari tahu siapa Emily sebenarnya melalui dokumentasi koran-koran jaman dulu. Apa yang Anya temukan sangatlah berbeda dengan kisah yang Emily ceritakan, dan ia ingin segera menyingkirkan hantu itu selama-lamanya dari hidupnya. Tapi bagaimana caranya?


Buku ini saya ambil dari rak Mizan Corner Jogja, membaca endorse di halaman cover yang dikatakan Neil Gaiman. langsung membuat saya bawa buku ini ke kasir dan membayarnya. Terlebih, saya memang suka dengan covernya, misterius sama seperti judulnya. Sebenarnya cerita dalam buku ini sangat bagus dan penuh pesan moral, tentang seorang anak yang sering diejek hanya karena ia berbeda, lalu ia berusaha semaksimal mungkin agar ia dapat terlihat sama dengan anak-anak lainnya.

Anya adalah anak keturunan Rusia, setelah kepindahannya ke Amerika, ia mengalami kesulitan beradaptasi dengan lingkungan sehingga ia sering dibully. Tapi ia berusaha keras agar terlihat sama dengan teman lainnya, meski hasilnya masih tidak terlalu baik. Toh ia masih sering dibully dan hanya memiliki sedikit teman, itupun nyentrik. Kepribadian Anya sebagai remaja juga jelas dieksplore dalam buku ini, gayanya yang labil dan ingin kelihatan keren meski melanggar peraturan, nampak dalam berbagai adegan di buku. Juga perihal cowok, rasa rendah diri membuat ia selalu nggak pede kalau ada cowok tampan di dekatnya.

Dalam buku ini, penulis menggunakan hantu sebagai media 'instan' untuk menjadikan Anya berbeda. instan dalam menjadikan Anya sebagai sosok yang selama ini ia idam-idamkan, pintar, dilirik banyak cowok, dan populer. Tapi untungnya Anya maish memiliki pikiran yang logis dan hati yang peka, ia merasakan ketidakberesan dalam hal instan yang menjadikannya 'seragam' dengan cewek-cewek lain yang sering ia pandangi dengan iri. Tidak semua yang terlihat menyenangkan itu sebenarnya menyenangkan loh, tidak semua hal-hal yang membuat kita iri sebenarnya pantas menjadikan kita iri.

Nah, sayangnya... saya ngga suka dengan terjemahannya. Kecewa karena bahasanya terlalu gaul. Saya memang belum melihat edisi aslinya yang bukan terjemahan, jadi saya hanya mengira-ngira mungkin di buku aslinya memang digunakan bahasa 'slank'. Yang alhasil kalau diterjemahkan ke Indonesia, juga jadi 'slank'. Tapi kegaulan ini malah membuat bahasanya yang kaku tidak cocok dengan gambarnya yang luwes dan normal. anehnya lagi ada bagian yang diterjemahkan, tapi ada juga yang tidak, seperti tulisan 'Help' saat Anya meminta pertolongan, kenapa tidak diterjemahkan menjadi 'tolong'?

Karena terjemahan yang ngga asyik ini, jadi saya cuma beri 3 bintang deh buat buku ini.

Diposting dalam rangka Baca bareng BBI November 2013 dengan tema Komik/Novel Grafis
 
Be First to Post Comment !
Poskan Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,