Februari 21, 2014

Lockwood & Co. - The Screaming Staircase (Undakan Menjerit)




Judul Buku : Lockwood & Co. - The Screaming Staircase (Undakan Menjerit)
Penulis : Jonathan Stroud
Alih Bahasa : Poppy D. Chusfani
Editor : Barokah Ruziati
Cetakan Pertama : Januari 2014
Tebal : 424 halaman, paperback
ISBN : 978-602-03-0136-5

Tak bisa dipungkiri, ketika saya tahu buku ini diterjemahkan, rasanya saya bersorak gembira. Stroud lagi! Bagaimana tidak, saya jatuh cinta dengan barty dan sejauh ini hanya Seri Bartimaeus yang saya suka dari karya Stroud. Maka saya berharap saya jatuh cinta, lagi, dengan tokoh di seri Stroud selanjutnya. Kali ini kita diajak ke London di masa lalu ketika wabah hantu menyerang Inggris. 

Lucy Carlyle mencari-cari pekerjaan di London setelah ia mengalami tragedi dengan kelompok pengusir hantu sebelumnya. Di kota besar ini, ia akhirnya diterima oleh Lockwood & Co. Sebuah Agensi pembasmi hantu yang terdiri dari Anthony Lockwood dan George, dua anak laki-laki yang masing masing memiliki Daya Lihat dan Daya Dengar, kemampuan khusus yang membantu mereka saat berhadapan dengan hantu.

Lucy sendiri memiliki sedikit Daya Dengar, tetapi keistimewaannya adalah Daya Sentuh. Melalui itu ia bisa merasakan emosi hantu yang terikat oleh suatu 'Sumber' tertentu yang mengikat keberadaan mereka di dunia. Lebih unik lagi karena anak-anak yang memiliki kemampuan Daya Sentuh ini tidaklah banyak.
"Visiku adalah : bersamamu dan George dalam timku, tidak ada yang bisa menghalangi kita"- hal.125

Suatu ketika mereka mengatasi 'Pengunjung' di sebuah rumah, yang pada awalnya mereka kira adalah suami dari pemilik rumah tersebut yang meninggal karena jatuh dari tangga. Perburuan dimulai, ternyata hantu yang ada di rumah itu jauh lebih kuat dari yang mereka tafsirkan. Rumah itu pernah memiliki sejarah yang misterius, dan arwah dari masa lalu itulah, 'Pengunjung' yang sebenarnya.

Sayangnya, meski mereka merasa berhasil mengusir Pengunjung tersebut, tetapi kerusakan fisik yang ditimbulkan cukup besar terhadap kondisi rumah. Lockwood dan teman temannya harus membayar ganti rugi yang luar biasa besar dalam jangka waktu empat minggu, jika tidak mampu, maka jelas akan ada yang masuk penjara.

Kesempatan besar datang ketika Mr. Fairfax, seorang pengusaha tua, meminta mereka mengusir Pengunjung di sebuah rumah angker bernama Combe Carey Hall, rumah yang paling menyeramkan di Inggris. Dengan sejarah mengerikan yang menyatakan bahwa banyak biarawan dan Lady-Duke yang meninggal di rumah itu, membuat Lockwood & Co. tertantang untuk menghadapinya.

Sementara itu, ternyata kasus mereka yang sebelumnya belum benar-benar berakhir, ada kejahatan yang perlu diungkapkan.

Tapi apakah mereka mampu menyelesaikan kedua masalah besar tersebut? Baca aja ya, seru banget dan menegangkan, pokoknya. X)

Lucy sebagai si pencerita, merupakan gadis yang cenderung pendiam. ia berhati-hati dalam mengambil tindakan, meski suatu ketika, emosi juga membuatnya nekat melakukan hal yang berbahaya. Pengalaman dengan agensi sebelumnya, membuat Lucy takut terikat dengan orang-orang secara lebih dekat, mungkin karena ia pernah merasakan kehilangan yang sangat besar. Dan beban itu terkadang membuat ia selalu rendah diri, atau menyalahkan diri sendiri atas suatu hal yang berjalan tidak baik di kelompoknya.

Sedangkan tokoh favorit saya di buku ini adalah George! Hahah, dia konyol, tapi teliti dan penuh pertimbangan. Perencanaan yang matang adalah ciri khasnya, perpustakaan mungkin adalah tempat di mana dia menjadi yang paling berkuasa di antara teman-temannya. Suka berkesperimen dan dia seringkali melontarkan humor-humor sarkatis atau tindakan tindakan nyeleneh yang membuat pembaca sedikit melepas ketegangan saat membaca buku ini.

Kisah yang berhubungan dengan hantu memang sering dijadikan tema sebuah buku fantasi, tetapi Stroud mampu membawa kita ke detail London di masa lalu yang benar-benar muram. Pun ditambah detail alat pengusir hantu yang keren-keren. Yang membuat saya jadi setengah membayangkan seri Supernatural di film, lengkap dengan perak-besi murni tanpa jampi-jampi (*gelayutan di Abang Dean). Buat saya, Stroud memang ahli membuat serial daripada buku lepasan, karena setelah buku-bukunya yang lain, pilihan hati saya jatuh ke seri Barty dan Lockwood ini. 

Seru, horor, menegangkan. Hati-hati kalau dibaca saat malam hari. XD

Empat bintang buat Lockwood & Co.

4 komentar on "Lockwood & Co. - The Screaming Staircase (Undakan Menjerit)"
  1. eh horrornya kerasa? akhir-akhir ini 'agak doyan' ama genre yang satu ini :)

    BalasHapus
  2. Beneran serem, Vin? Ga berani baca reviewnya hahahaha....

    BalasHapus
  3. menegangkan sih, hayok bacaa XD

    BalasHapus
  4. Akhirnya bisa membaca reviewmu, hahaaay ;) bagus ya Vin, aku baru kelar, serem dan tegang, walau banyak tegangnya, apa gara-gara aku bacanya siang aja ya hihi #pletak.

    Pas adegan terakhir jadi tambah penasaran dengan buku selanjutnyaaa :)

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,