Februari 01, 2014

Penny from Heaven


Judul Buku : Penny from Heaven
Penulis : Jennifer L. Holm
eISBN : 978-0-375-84926-8

Penny adalah nama panggilan kesayangan dari seorang gadis bernama Barbara Ann Falucci. Ayahnya, yang telah lama meninggal, amat menyukai lagu "Pennies from heaven" milik Bing Crosby, sampai-sampai memanggil anak satu-satunya dengan sebutan Penny. Ia dan keluarganya tinggal di Brooklyn, keluarga yang sangat-sangat besar terutama keluarga mendiang ayahnya yang memiliki darah Italia.

 Penny tinggal dengan ibunya berserta Pop-pop dan Me-Me, kakek neneknya. Mereka tinggal tidak jauh dengan keluarga Falucci, dan Penny juga dekat dengan keluarga Ayahnya tersebut. Sehari harinya, Penny sering membantu di toko daging milik Uncle Ralphie, saudara laki-laki ayahnya, bersama Frankie, sepupunya. Frankie adalah anak laki-laki yang sering spontan saat bertindak, ini membuat dia mudah sekali terlibat suatu masalah. Terlebih lagi karena ayahnya seorang pemabuk dan sering dipecat kerja, Frankie seolah memikul beban menjadi kepala keluarga bagi ibu dan adiknya, meski saudara-saudara yang lain tidak segan-segan membantu mereka. Mereka berdua sering bermain bersama, terkadang Frankie mengajak Penny bermain baseball, menghabiskan hari di rumah Nonny (ibu dari ayahnya Penny) atau sekadar bermalas malasan di rumah Penny. 


Ibu, Pop-Pop dan Me-Me sebenarnya tidak terlalu suka jika Penny sering memghabiskan waktu dengan keluarga Falucci. Penny tahu itu, tapi ia bersikap masa bodoh. Baginya keluarg Falucci adalah keluarga yang sangat menyenangkan. Masakan Nonny jauh lebih enak daripada masakan Me-Me, lalu paman-paman dan bibi-bibiny sering sekali menghadiahi Penny dengan berbagai barang. Tapi paman favorit Penny adalah Uncle Dominic, teman baiknya yang sama sama menyukai "Brooklyn Dodgers", tim baseball dari Brooklyn. Suatu ketika, Penny mengetahui bahwa ibunya kencan dengan Mr. Mulligan, pria pengantar susu. 
"Life's not fair", Uncle Dominic says, and i know he's right.
Ini membuat Penny marah, cemas dan takut. Marah karena ia merasa Ibunya telah mengkhianati Ayahnya, cemas dan takut karen Penny tidak mau siapapun menggantikan Ayahnya. Atau kalau memang harus digantikan, ia lebih suka Uncle Dominic yang menjadi ayahnya daripada Mr. Mulligan. Terlebih karena di rumahnya, Sang Ibu tidak pernah bercerita atau membahas seperti apa Ayahnya Penny, sedangkan di keluarga Falucci, nama Ayahnya masih sering disebut dan diceritakan. Meski tidak pernah ada satupun yang membahas bagaimana Ayahnya bisa meninggal. 
 
Cerita tentang keluarga yang menyenangkan untuk diikuti, terlebih karena dari dua budaya yang berbeda, Amerika dan Italia, memberikan saya pengalaman dan pengetahuan baru saat membacanya.

Penny adalah seorang anak perempuan yang cekatan, cerdas dan berani. Cara berbicaranya ceplas ceplos tapi dia tahu bagaimana bersikap dalam suatu kondisi tertentu. Sifatnya Ramah dan sangat jelas terlihat bahw aia menyayangi keuarga besarnya, dan bangga memiliki mereka. Penny menghormati mendiang Ayahnya, meski ia selalu menyimpan tanya seperti apa Ayahnya dulu dan selalu senang jika ada kenalan atau saudaranya yang menceritakan tentang hidup Freddy, Ayahnya, kepada Penny. 

Cerita tentang Penny ini terinspirasi oleh kisah hidup Si Penulis. Ia yang juga memiliki darah Italia, menceritakan sedikit pengalamannya di sini, termasuk tentang beberapa detil dan latar cerita yang terjadi setelah Perang Dunia II. Selama PD II, Presiden Roosevelt mengeluarkan maklumat yang berhubungan dengan warga Italia atau disebut “enemy aliens”. Mereka yang belum berpindah kewarganegaraan menjadi warga Amerika, dilarang memiliki benda-benda informatif seperti radio, kamera, senjata atau senter. Pun jika mereka telah lama tinggal dan menjadi orang Amerika pun, masih sering dicurigai dan dimata-matai. 

Novel yang mendapatkan Newbery Honor tahun 2007 ini pas dibaca sebagai bacaan ringan pun oleh anak-anak yang menginjak remaja sebagai pelajaran berharga tentang keluarga dan kejujuran. :)
Be First to Post Comment !
Poskan Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,