Februari 12, 2014

Scrape My Heart


Judul Buku : Scrape My Heart
Penulis ; Putri Yuliansyah (@ScrapeMyHeart)
Penyunting : Syailendra Ramadhan
Penerbit : Magenta Media
Cetakan Pertama : 2014
Tebal : 150 halaman, paperback
ISBN : 979-1369-58-5

12 Cerpen dalam buku ini hampir semuanya menuntut pembaca untuk menghela nafas karena sad endingnya. Eits, ini bukan spoiler, karena di bagian belakang buku sudah dijelaskan bahwa buku ini memang bercerita tentang kisah-kisah cinta yang penuh lara, oleh karena itulah, kita sebagai pembaca yang mungkin pernah mengalami nasib yang sama, dikecewakan cinta... ada baiknya untuk segera move-on. x)


Meski dibagian KDT (Katalog Dalam Penerbitan) buku ini tertulis bahwa penulisnya adalah Putri Yuliansyah, tetapi dalam buku ini juga ada karya-karya penulis lainnya. Salah satu cerita yang saya suka adalah "Lorong Sekolah" milik @barata_s. Bercerita tentang cinta seorang murid terhadap guru di sekolahnya. Murid perempuan yang bernama Diana itu menaruh hati dan selama dua hari, ia mendapatkan hari yang penuh kebahagiaan karena bisa dekat dengan Sang Guru. Tetapi sialnya, hari berikutnya semua berubah. Murid yang patah hati dan Pak Guru yang pergi bukanlah sebuah kisah menyenangkan yang diamati oleh lorong sekolah. 

" Itulah kelemahanmu. Kau tak bisa menceritakan sebagian momen yang terlihat jelas. Kau lebih memilih diam." -146

 Sedangkan khas dari cerita milik Putri Yuliansyah adalah tokoh utama yang diam-diam memiliki penyakit, sampai kemudian cerita cintanya berakhir dengan tragedi. ini ada dalam judul-judul "Mawar Terakhir", "Semanis Pertemuan, Sepahit Perpisahan".

Secara keseluruhan, cerita dalam buku ini menurut saya terlalu singkat (jadi berasa baca Flash Fiction alih alih cerpen), sehingga belum juga klimaksnya memuncak, eh udah selese aja ceritanya, plus dengan ending yang bikin gemes. Secara editorial, saya masih menemukan beberapa hal yang perlu dibenahi, seperti typo, pemilihan kata dalam kalimat, ketidak konsistenan sudut pandang pencerita.

Lumayan lah buat hiburan dikala diputusin pacar. Butuh move on, kan? XD


Be First to Post Comment !
Poskan Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,