April 03, 2014

The Higher Power of Lucky




Judul Buku : The Higher Power of Lucky
Penulis : Susan Patron
Newbery Medal 2007

Lucky adalah seorang anak perempuan berumur 10 tahun yang tinggal di daerah gersang bernama Hard Pan, dekat dengan gurun Mojave, USA. Ibunya meninggal saat Lucky berumur delapan tahun, semenjak itu Lucky diasuh oleh mantan isteri ayahnya, wanita Prancis bernama Brigitte. Lucky yang menyebut Brigitte sebagai 'Penjaganya', selalu khawatir karena nampak jelas bahwa Brigitte tidak betah tinggal di Hard Pan. Pada awalnya Brigitte hanya akan menemani Lucky sampai anak itu mendapatkan keluarga asuh yang tepat, tapi setelah dua tahun lamanya, Lucky masih saja tinggal bersama Brigitte. 

Ayah Luckylah yang menawarkan Brigitte untuk tinggal di Amerika, lelaki itu tahu bahwa mantan istrinya sangat ingin melihat Amerika. Jadi ketika kesempatan itu datang, Brigitte langsung mengambilnya dan meninggalkan Prancis, negara kelahirannya. Sialnya, Brigitte tidak nyaman berada di Hard Pan. Sudah seringkali ia mengeluh akan panasnya kota itu, sepi dan betapa muramnya dia yang tidak punya pekerjaan di kota dengan penduduk hanya 43 orang. Selain itu Brigitte sering mendapat kiriman dari ibunya di Prancis yang membuatnya selalu merindukan rumah, ditambah uang kiriman Ayah Lucky yang sedikit, membuat mereka hidup secara pas-pasan.


Lucky yang memiliki pekerjaan sambilan di sebuah Museum di kota itu sering berharap ia memiliki 'The Higher Power' yang sering ia dengar diam-diam saat ada pertemuan antar mantan alkoholik, penjudi, perokok dan atau pecandu makanan. Kekuatan besar itu biasanya membuat para 'pecandu' itu memiliki kekuatan untuk meengubah jalan hidup mereka secara drastis. Lucky juga ingin seperti itu, tapi ia tidak pernah tahu bagaimana cara mendapatkan kekuatan semacam itu, setidaknya agar hidupnya kelak terjamin. 
Lucky merupakan anak perempuan yang unik, ia seorang pemberani, mau berusaha dan memiliki kemauan keras. Gadis ini gemar mengoleksi spesimen serangga dalam tas survival nya (yang selalu dia gembol ke mana-mana), yang lebih ekstrim lagi dia tidak takut dengan ular. Pikirannya kadang logis, bahkan bisa dibilang lebih luas daripada anak seusianya. Tapi dia juga memiliki ciri khas anak anak, gampang emosian, berimajinasi tinggi, dan dia suka sekali dengan ilmu alam. Terutama yg berhubungan dengan Charles Darwin.

Meski kadang mengesalkan, Lucky mengajarkan saya sebagai pembaca untuk menghindari menyembunyikan suatu hal kepada anak -anak kita. Selain itu, buku ini juga membuat saya sadar betapa cinta antar orang tua dan anaknya adalah cinta yang paling indah sekaligus kadang menyedihkan. 

 "I was supposed to spread her ashes in the wind."
"Why didn't you?"
"Because they were the remains of my mother."

Tokoh favorit saya adalah Lincoln, sahabat Lucky yang oleh ibunya diharapkan kelak akan menjadi presiden USA. Si Lincoln ini cenderung pendiam, hobinya unik: dia gemar memainkan simpul tali. Tapi dia ramah, dan punya ide ide yang kadang amat brilian di mata Lucky. 

Ah masa anak anak memang susah dilupakan yah. Meski ada kejadian pahit pun, kadang bekasnya masih kerasa sampe sekarang.

Buat yang butuh bacaan ringan, bisalah mencoba buku ini :)

Be First to Post Comment !
Poskan Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,