Oktober 31, 2014

Matilda






Judul Buku : Matilda
Penulis : Roald Dahl
Ilustrasi : Quentin Blake
Alih bahasa : Agus Setiadi
Cetakan pertama : September 1991
Tebal : 264 halaman, paperback
ISBN : 979-511-167-1


“Pengarang yang bermutu selalu membuat kita merasa begitu. Dan jangan kaupikirkan tentang bagian-bagian yang tidak kaumengerti. Kau duduk saja dan biarkan kata-kata itu mengalun di sekelilingmu seperti musik.”


Matilda belum genap lima tahun tapi dia sudah lancar sekali membaca. Bahkan dia mulai meminjam novel sastra 'kelas berat' yang ada di perpustakaan dekat rumahnya. Karya karya Charles Dickens, Rudyard Kipling, Charlotte Bronte, George Orwell, yah masih banyak lagi yang sejujurnya saya aja belum pernah baca. (:malu:) Matilda juga cakap dalam matematika, ia pintar mengeja dan yah dia rendah hati. Dia tidak menganggap kemampuannya itu keren lalu melebih lebihkannya, sikapnya masih biasa saja, masih seperti anak kecil lainnya.

Sayangnya kemampuan itu tidak dihargai sama sekali oleh ayah maupun ibunya, mereka cuek banget sama Matilda. Bagi mereka, anak kesayangan hanya satu yaitu kakaknya Matilda. Demikian pula dengan kepala sekolahnya Matilda yang super galak dan menyeramkan. Satu satunya orang yang menghargai dan memuji kemampuan Matilda hanyalah Ms. Honey, guru kelas Matilda yang amat penyayang dan sabar.

Lalu bagaimana Matilda bertahan di rumah maupun di sekolah barunya?

Wah, jujur saja ini buku berat euy buat anak anak. Banyak adegan kekerasan yang mana perlu pendampingan orangtua saat membacanya. Humornya nggak kerasa, yang ada malah balas dendam dan keusilan. Untung ada Miss Honey yang jadi tokoh baik baik, seenggaknya buku ini jadi ada sisi positifnya. Saya suka tokoh Miss Honey, yaah kudunya guru itu ya sabar dan penyayang kayak dia. Meski endingnya dia tetap memberikan perhatian lebih kepada Matilda tapi dia tidak serta merta melupakan anak anak didik lainnya, Semuanya diperhatikan.

Oh ya, sebenarnya buku ini udah lama di lemari, tapi belum sempat sempat dibaca. Terus pas browsing novel berdasar tahun lahir, baru deh mbongkar timbunan dan semangat nyelesein. Soalnya Matilda itu kan terkenal banget di kalangan pencinta novel anak anak, terutama karya Dahl. Daaan yah saya setuju sih kalau Matilda ini memang super, apalagi kemampuan lainnya yang akhirny terungkap di pertengahan cerita. Wow banget gituh. X))


Be First to Post Comment !
Poskan Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,