Januari 17, 2015

Spellbound




Judul Buku : Spellbound
Penulis : Anna Dale
Tebal : 288 halaman
ISBN : 9781408818688

Kamu punya adik? Pernah nggak sih ngerasa adikmu itu menyebalkan sekali sampai-sampai kamu pingin cuma ada kamu sebagai anak satu satunya?

Well, Athene merasa begitu terhadap Zach, adik laki-lakinya.

Cerita ini berawal dari perjalanan keluarga mereka pergi liburan dan tinggal di sebuah penginapan yang jauh dari keramaian. Suatu malam, Athene bertemu makhluk aneh di belakang penginapannya. Awalnya sih dia ketakutan, tapi setelah bercakap cakap, ternyata makhluk itu nggak kelihatan berniat jahat, malahan mereka kemudian berteman. Makhluk itu adalah Gloam, mereka menyebut manusia sebagai Glare, nah kalau Gloam ini siang hari mereka beristirahat, malam hari mereka mengerjakan pekerjaan sehari harinya, jadi kayak nokturnal versi manusia biasa gitu.


'My name is Athene,’ she said.‘And I’m Humdudgeon,’ responded the man


Beberapa kali Athene bermain tiap malam bersama para Gloam itu, tetapi pada suatu malam, Zach, adiknya ikut keluar dan berkenalan pula dengan si Gloam ini.

Merasa dinomorduakan, Athene kemudian memiliki rencana licik untuk melenyapkan Zach, yaitu dengan mendorongnya masuk ke sebuah pohon tua di mana di bawah tanahnya tinggal para Low Gloam. Mereka ini Gloam yang jahat dan tidak akan membiarkan siapapun keluar dari wilayahnya selama lamanya.

Awalnya sih Athene diam diam bahagia sekali karena bebas dari adiknya yang terus terusan membuntuti dia. Tapi para Glam berpendapat lain,mereka harus segera menyelamatkan Zach karena Low Gloam sangat membenci manusia. Maka dimulailah petualangan Athene dan dua Gloam baik hati yang membantunya yaitu Humdudgeon  dan Huffkin di lingkungan Low Gloam. 

Di bawah pohon tersebut, suasananya gelaap, oleh karena itu athene menggunakan larutan ajaib milik gloam agar ia dapat melihat di kegwlapan dan menemukan adiknya. Ada banyak jenis hewan di sana, beberapa baik hati, tapi ada juga yang kejam terhadap athene dan teman temannya. Ada pemimpin mereka yang judes, jahat dan galaknya luar biasa, dan ialah yang menjaga agar tidak ada yang berhasil melarikan diri dari pohon tersebut.

Lalu berhasilkah Athene menemukan adiknya? Kalaupun ketemu, bagaimana cara mereka keluar?

Well, ide ceritanya sederhana, tapi entah agak susah juga membayangkan suasana bawah tanahnya. Padahal sih udah ada detail yang diceritakan penulis, tapi mungkin sejak awal saya sudah nggak suka sama Athene, jadi yaa kurang sreg sama petualangannya. Padahal Athene ini unik menurutku sih, penulis ngga membangun image kakak yang sempurna, alih alih malah menjadikan Athene sebagai tokoh antagonis di awal cerita. Tapi karena itu pula kita jadi bisa mengikuti perkembangan kepribadian athene dalam petualangannya, ngga monoton gitu gitu aja. Dan sebenarnya, petualangan mereka cukup bikin penasaran untuk diikuti. Seru, meski ada banyak tokoh di cerita ini dan namanya unik unik (yang membuat saya susah juga ngehafalinnya).

Ceritanya penuh pesan moral, tentang keluarga utamanya kakak adik, tentang persahabatan antar makhluk yang berbeda, tentang kepercayaan, serta pesan utama agar tidak mempercayai sesuatu tanpa bukti yang jelas.


We’re friends, aren’t we? Being nice to each other is what friends do


Ngga nemu karakter yang loveable banget sih, tapi saya suka keunikan masing masing tokohnya. Penasaran? Baca aja sendiri ya :p
Be First to Post Comment !
Poskan Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,