Desember 29, 2015

Magi Perempuan dan Malam Kunang-Kunang





Judul Buku : Magi Perempuan dan Malam Kunang-Kunang
Penulis : Guntur Alam
Penerbit  : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 176 halaman, baca di IJak
ISBN : 9786020319391

Nemu buku ini di IJak dan penasaran karena covernya unik. Isinya 21 cerita pendek yang menurut saya sih secara garis besar temanya sama. Tentang cinta dan dendam dibalut suasana mistis. Sebagian besar juga merupakan dongeng yang dikisahkan ulang, meski tentu saja dengan polesan yang membuat ceritanya jadi lebih mencekam.


Cerita yang paling berkesan buat saya adalah Tem Ketetem dan Hari tenggelamnya Van der Decken. Mungkin karena Tem Ketetem ada di awal cerita, jadi saya masih deg-degan banget membayangkan kisahnya. Kalau Hari tenggelamnya Van der Decken, karena ini merupakan legenda kapal hantu, Flying Dutchman, dan karena udah sering dengar tentang “kredibilitas” si Kapal hantu ini, mau nggak mau jadi penasaran juga bener nggak ya ceritanya si Guntur Alam ini.

Nah, keunggulan buku ini adalah bahasa yang digunakan, duh cantik nian. Nggak berbunga-bunga sih, pilihan katanya tepat sasaran tapi bagus. Kayak gini misalnya


Seolah-olah telah terjadi persengkokolan antara malam, pekat, dan arwah-arwah penasaran yang ditolak bumi mentah-mentah.


Atau yang ini


Ia khawatir karena anak semata wayangnya itu mendadak lenyap di petang temaram, saat cericip kelelawar ingar di atas bubungan limas.


Begitulah. Kalau kamu suka cerita yang bahasanya aduhai bohai, baca deh kumpulan cerpen ini. Singkat-singkat kok, jadi bisa sekali baca selesailah satu cerpennya.  


Be First to Post Comment !
Poskan Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,