Desember 26, 2015

[Wawancara] Ngobrol EA bersama member Cakrawala Gelinjang #5



Sabtu  begini enaknya ngebaca yang santai santai yaa.. apalagi masih bau bau long weekend. Nah, karena itu kamu kudu simak percakapan saya dengan sesepuh Goodreads Bandung plus tetua di grup Cakrawala Gelinjang.

Tiada lain dan tiada bukan, Aki Erie Hippo terimut termanis



Haloo, Akiiii
Sebelumnya saya permisii mau wawancara kalian yak satu persatu. Tema temanya sih nggak jauh jauh ama buku dan buku kipas. Ngoahaha.
Sebelum mulai wawancaranya, kenalan dulu donk. Rutinitas sehari hari aki, nama akun goodreads, genre bacaan favorit?

Beklah setelah dipelorotin.. eh dipelototin (blom mulai udah tipoh ajah) selama 3 hari berturut-turut tiap nongol di grup sayah jawab pertanyaannya.

Nama sayah ESF, akun Goodreads-nya sementara ini Hippo dari Hongkong. Ya besok lusa mungkin ganti nama lagi, makleum labil *nyengir ganteng* pernah juga pake nama Idle Hippo, Pendekar dari Lembah Durjana dll. (Jangan kaget kalau tiba-tiba namanya berubah jadi Hippo pinky yah :|)

Rutinitas sehari-hari sekarang sejak dihantam mobil sampai "terbang" ya semacam habis2an bolak balik terapi ngebenerin "body parts" yang semacam ringsek inih biar bener lagi (masih gak bisa lari kalo disamperin guguk) Tadina mau ke ketok mejik aja tapi gak boleh ama emak. (*puk puk aki) Genre paporit sepertinya thriller deh *gak yakin* (*lempar timbunan EA)


Dari sekian banyak buku yang aki baca, Novel apa yang Hero/heroine nya paling bikin berkesan saking bagusnya?

Jean Valjean, aki-aki bandit yang kemudian insap di Les Miserables. Ya berkesan bingit aja karena tokohnya yang aki2 itu (gak ada hubungan dengan sayah, sayah mah masih muda) (*Boong bingits) "baru maen" aja di bukunya umurna udah mau 50 trus nyolong roti hahaha.

Satu lagi Ollie (gak ada hubungannya ama Dani) (*uhuk. Keselek akua. Uhuk uhuk) dan Jenny Cavilleri, cewe cerdas bermulut tajam di Love Story. Klise mungkin ceritana tp karakterna mampu "menghantui" sayah meski novelna lumayan tipis. Satu jam aja tamat bacanya. Ini buku yang rutin dibaca minimal setaun sekali hahaha (Dasar masokis)

Mana yang merupakan Setting novel favorit aki, historical atau modern?

Kalo setting jelas lebih gampang kalo settingnya modern yang gak perlu mikir lama2. Kalo historical pan kadang kita kudu mikir dulu ngebayangin sesuatu/seseorang yang dideskripsikan penulisna. Misalna kalo setting modern penulisnya nulis "wajahnya mirip Brad Pitt kerebus" pan gampang ituh ngebayanginnya ato tinggal ngaca ajah #nyisir tapi kalo novel setting jadul trus penulisna nulis tampangna mirip Greta Garbo abis kesetrum pan kita kudu gugling dulu kalo penasaran heuheu. (ga kenal Greta Garbo juga, akiiii) Tp gak terlalu picky lah soal setting mah. Asal bagus pasti dibaca *pembaca yang baek*

Punya author favorit ngga? Yang buku bukunya pasti kamu beli tiap terbit yang baru, gitu. Kalau ada, siapa dan mengapa dia?

Author paporit? Ini rada puyeng juga karena sepertinya sayah tidak terlalu memuja seorang penulis. Dulu sih ngumpulin bukunya Sidney Sheldon. Tapi kalo ada penulis yg bukuna selalu dibeli itu ya Dan Brown, Tom Clancy dan Steve Martini. Dan baru ngeh juga kalo itu ternyata semacam buku seri yang tokohnya tetap. Dan Brown untuk seri Robert Langdon, Tom Clancy untuk seri Jack Ryan yg memulai karir sebagai konsultan intelijen sampai jadi presiden CG, eh Amerika. Cerita petualangan Paul Madriani mantan jaksa yang banting setir jadi pengacara di buku2nya Steve Martini.

Novel kipas mana yg liat covernya aja udah pengen bikin kipas2?

Ya jelas novel yang gambarna cewe dunk ah. Ogah bingit kalo coverna cowo sikpek bertato. (*kunyah kanebo) Apalagi kalo cowonya ampe tiga, euuuuuw. Ya contonya seperti novelnya Maya Banks gitu deh *mata lope2* *lap kringet pake kanebokering* #bukansiopat

Paling nggak suka sama novel yang kayak gimana?

Yang gak suka itu kalo novel yang pake kalimat bertingkat (Jane Austen contohnya) ato yang pake kalimat berbunga2 gak jelas ato yang ngomongna kepanjangan ampe bisa 1-2 halaman penuh. Pengalaman baca bukunya Umberto Eco yang karakternya nyerocos panjang sampe kadang kita lupa ini sapa yang ngomong? Ato ini narasi? Ketauan bacanya gak konsen (bukan pikun) (Pikun juga nggak apa apa ki, aku maklum kok)

Pernah punya pengalaman berkesan terkait hobi membaca? Misalkan pernah kena razia sekolah waktu baca karya karya EA, atau diam diam ngumpulin uang buat beli majalan playboy, dsb.

Pengalaman berkesan soal buku? Razia buku EA di sekolah? Ish. (Yak an makanya aku nanya, punya kagak?)

Kalo razia buku EA mah gak pernah soalna dulu sayah menempatkan seorang agen intelijen di OSIS (ntu organisasi masih ada?) (Masih keknya. Abadi sepanjang masa kok) jadi apal kalo ada razia di sekolah. Jd sebelom razia buku2 anehnya diumpetin dulu hahaha. Pengalaman lain yg sampe sekarang masih inget karena tetep bete kalo inget lagi waktu dikadalin ama tukang buku waktu beli buku EA. Titipan temen ya ntu bukuna *muka lugu*.  (Temen apa temen?) Jadi waktu itu lagi jalan2 ke lapak buku bekas trus ada pedagang nyamperin sambil bisik bisik

"Mas, buku EA nya mas, hot nih"

Ish, masa remaja mesjid ditawarin buku EA? Nyang bener aja. (Iya ke masjid buat nyari sinyal 4G ya….)
"Berapaan?" Loh kok malah nanya? Katakanlah remaja mesjid ini lagi kesambit waktu itu

"20 rebu ajah"

"5 buku?"

Penjualna rada mendelik. Ya maklum aja dulu duit 20rb bisa nraktir dua orang di KFC ampe kenyang :))

"Ya satu buku atuh"

"Mahal ah"

"Ya sok tawar atuh, maunya berapa?"

Ish remaja mesjid disuruh nawar buku EA.

"5 rebu?" (Remaja mesjidnya pelit juga ya)
Penjualna geleng kepala. Ahirnya setelah tawar menawar alot deal dengan 25 rebu untuk 3 buku. Abis itu langsung digeret ke pojokan buat transaksi.  (Aseek)

"Ini bukunya" katanya sambil menyerahkan bungkusan koran. Woh udah dibungkusin ternyata buku EA nyah. Penjual yang baek. Trus ketika mau dibuka buat ngecek isinya penjualna langsung melarang

"Eits, jangan dibuka disini. Bahaya. Banyak orang. Nanti sayah bisa ditangkep polisi" katanya sambil celingukan dengan muka panik. Ya udah gak jadi dibuka. Pulang lah itu remaja mesjid yang unyu itu dan gak jadi beli buku yang lain karena duitna abis. Pulangna juga jalan kaki hahaha. (Demi EA ya ki….)

Nyampe rumah ngos2an. Buru2 konci pintu kamar. Trus ta sobek2 bungkus korannya. Trus tu anak bengong setelah meliat isi bungkus koran itu. 







Buku TTS! 

D E D E M I T %$#*&^%$@. 

Siyal bener deh. Mau balik lagi ngelabrak malu sendiri hahaha. Ya begitulah, itu buku TTS termahal yang pernah sayah beli *tutupin muka pake bakul*
(NGOAHAHAHAHAHHA *Ngakak kejer)

Punya hobi lain ngga selain membaca? Apaan?

Hobi lain selain membaca? Apa ya *mikir* Umm, kalo nongkrongin ucing kawin mah bukan hobi pan. Ya misalna malem2 denger suara kucing ribut diatap. Trus naek genteng dengan niat nyambit yang bikin ribut. Nyampe diatas malah nongkrong nungguin kelar. Gak jadi nyambitna deh hahaha. Jelas bukan hobi itu mah. 

Dulu suka ngeliatin kereta api. Gak tau kenapa, suka aja. Mungkin karena dulu almarhum kakek kerja di bagian bengkel kereta jadi kadang2 suka dibawa "ngantor" ama beliau ke jalan industri tempat perbaikan/parkir gerbong kereta ato ikut nebeng kereta langsir. Lama2 suka maen ke stasion juga cuman buat ngeliat kereta doang. Beli tiket peron trus nongkrong 2-3 jam di sana. Skrg mana bisa, yang masup stasion cuman yang punya tiket doang. Ato kadang kalo lg iseng ya naek kereta bdg-jkt. Nyampe gambir nongkrong ato kluyuran 1 jam trus beli tiket lagi balik ke bdg hahaha. (Anak bandung banyak yang suka kereta api ya..)

Adegan terpanas kayak gimana yang pernah kamu baca?

Adegan terpanas yang pernah dibaca? Ya jelas itu mah adegan kebakaran ato orang tersesat di padang pasir lah *muka lugu* (Bah. Tak usah pura pura deh)
Ntuuuuuuuu, adegan Eve ama St Vincent di ruang bilyar di bukunya Lisa Kipas, eh Kleypas. Seri Wallflower bukunya. Gak sengaja juga sih bacana. Suwer Pin. Dulu gak sengaja baca repiu ama reading progress temen di GR. Kok stateusnya rata2 "lagi kipas2" semua? Pan kepoh akuh jadina. Ngecek rak buku adek. Eits, ternyata dia punya bukunya. Ya dibaca lah jadina. Trus nyampe lah ke ruang bilyar. Begituuuu *lap kringet lagi pake kanebo*

Rekomendasiin satu buku donk buat aku baca. teserah deh genrenya apaan. XD

Rekomendasi buku? Ya jelas Les Miserables lah #teteup ato Count of Monte Cristo. Kalo yang rada modern settingna ya dua buku Erich Segal deh. Doctors ato Love Story. Pilih aja satu dari empat buku itu deh. Mau maen ke ruang bilyar juga boleeeeh, huahahaha.



Dah beres yah udah jawab semuanya


*balik lagi nungguin jadwal ucing di genteng*

Ya udah sana balik lagi ke genteng. Awas licin.

Makasih udah mau jawab ya Akiii!
Sekian wawancara saya dengan aki yang terkenal baik hati, ramah dan suka ke masjid ini.
Sampai jumpa di wawancara saya berikutnyaa bersama anak CG lainnya :)

2 komentar on "[Wawancara] Ngobrol EA bersama member Cakrawala Gelinjang #5"
  1. Hahaha hobi ngecengin kucing kawin di genteng....wow :D

    BalasHapus
  2. Aku jadi penasaran sama Love Story ituuuu

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,