Maret 03, 2016

Les Masques





Judul Buku : Les Masques
Penulis : Indah Hanaco
Penerbit : Grasindo
Cetakan pertama : Maret 2014
Tebal : 240 halaman
ISBN : 9786022514657


Fleur merasa ada yang janggal dengan dirinya, bagaimana bisa ia terpilih menjadi finalis cover girl sebuah majalah remaja ternama tapi sama sekali tak mengingat audisinya? Di rumah pun baik  neneknya maupun bude Nana bersikap seakan akan mereka tahu bahwa Fleur memang sudah mengikuti audisi tersebut. Koper berisi pakaian juga sudah disiapkan di kamarnya, tapi Fleur masih tak ingat kapan ia menyiapkan semuanya. Ia hanya ingat ia kehilangan ingatan setiap kali ia merasa sakit kepala yang sangat. Dan Fleur terlalu takut mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada dirinya.

Elektra bertekad untuk menyelamatkan Fleur dari masa lalunya yang kelam. Menurutnya, Fleur terlalu lugu untuk membela dirinya sendiri. Perlakuan kasar neneknya yang amat membenci Fleur, membuat Elektra menyimpan bara dendam yang setiap saat bisa meledak.

Tatum mengenal Elektra dan Fleur sejak kecil, tapi ia lebih akrab dengan Elektra padahal keduanya amat jauh berbeda. Kalau Elektra cenderung ekspresif dan blak blakan, Tatum adalah sosok yang menutup diri dan memendam kesedihannya. Dia menekan ingatan masa lalu yang pahit milik Fleur agar Fleur tak mengingat-ingatnya lagi. 

Jika tak ada satupun orang di luar sana yang bersedia membela dan melindungi Fleur, membalaskan perlakuan jahat yang ia terima, maka jiwanya sendirilah yang membelah dan melindungi dirinya sendiri.

Sejujurnya, di awal saya sampai melihat ke cover berkali-kali untuk memastikan novel ini karya Indah Hanaco. Oke, mungkin kelakuan saya lebay, tapi saya benar-benar baru tahu kalau Indah menulis novel thriller. Psychology thriller, malahan! FYI, saya pribadi sedang gandrung dengan tema ini, jadi ketika ada penulis lokal yang mengangkat tema ini, tentu saya penasaran donk. Dan ini buku ketiga Indah yang saya baca setelah dua buku sebelumnya tidak berkesan bahkan cenderung datar bagi saya, dan dua-duanya memang bergenre romance.

Novel Les Masques ini memiliki alur yang cepat, pembaca juga diberikan kunci masa lalu Fleur sedikit demi sedikit sehingga menimbulkan rasa penasaran yang terbangun dengan apik sampai akhir cerita. Bumbu romance tetap ada meski hanya sebagai pelengkap, dan mungkin menjadi pemicu meledaknya konflik yang selama ini dipendam oleh masing-masing kepribadian. 

Saya benar-benar berharap Indah akan menulis lagi novel thriller seperti ini, apalagi kalau lebih gelap, dan lebih kompleks kepribadiannya XD


Sedikit tentang DID (Dissociative identity disorder)

DID adalah kondisi psikologis ketika seseorang memiliki dua atau lebih kepribadian. Seringnya, penderita tidak menyadari kalau ia memiliki kepribadian ganda, dan masing-masing kepribadian yang ada juga tidak mengenal satu sama lain, tetapi terkadang ada juga kasus di mana antara karakter saling mengenal satu sama lain. Terkadang orang yang memiliki kepribadian ganda ini mengalami lupa ingatan yang tidak biasa, seperti misalnya kehilangan ingatan selama berhari-hari saat kepribadian lainnya mengambil alih individu tersebut. Biasanya para penderita DID pernah mengalami kekerasan fisik bahkan secara seksual yang membuat mereka menjadi trauma di masa kecilnya. Sebuah penelitian di tahun 2012 mengungkapkan bahwa ada kemungkinan bukan trauma yang menyebabkan DID tetapi dikarenakan ada kelainan secara neuro-psikologis pada penderita DID. Sampai saat ini, DID masih menjadi kontroversi dan objek penelitian dari multidisiplin ilmu pengetahuan.


Be First to Post Comment !
Poskan Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,