Maret 18, 2016

The Forgetting Time





Judul  : The Forgetting Time
Penulis : Sharon Guskin
Cetakan pertama : Februari 2016
Tebal : 304 halaman
ISBN : 9781250076434


 When people are not meant to remember. That’s why most of us don’t. People are meant to forget


Janie memiliki anak berusia empat tahun bernama Noah. Anak yang ekspresif, penuh imajinasi dan sering mengetahui hal hal yang tak lazim diketahui oleh anak seumuran dia. Tapi bagian buruknya, Noah sering terbangun karena mimpi buruk dan meminta pulang ke rumahnya. Rumah dan ibu yang sebenarnya, menurut Noah bukanlah Jenie. Ibu mana yang tidak sakit hati, sedih sekaligus ketakutan dengan sikap anaknya yang seperti itu? Tapi toh Jenie terus menenangkan diri dan berharap masalah ini segera berlalu, apalagi ia seorang single parent.

Sayangnya, harapan Jenie tak semudah itu terjadi. Suatu hari Kepala sekolah merumahkan Noah sampai keadaan psikologisnya jauh lebih baik, sebab Noah tak hanya membuat teman melainkan gurunya juga ketakutan dengan ceritanya. Hari hari Janie kemudian dilalui dengan kunjungan ke beberapa psikiater anak untuk mengetahui apa yang salah dengan Noah. Kunjungan ke dokter terakhir mengatakan bahwa mungkin Noah memiliki penyakit schizoprenia dan diresepi obat obatan penenang. Tentu saja setiap orang tua tak rela jika anaknya disebut memiliki penyakit jiwa.


 Wasn’t that the lesson of adulthood, of motherhood? You had to be where you were. The life you’re living, the moment you’re in


Tetapi sebuah kebetulan terjadi. Ketika ia sedang mencari tahu di internet akibat dari pemberian obat tersebut terhadap anak anak, Ia tidak sengaja menemukan gejala-gejala kelakuan yang sama dengan Noah. Sebuah penelitian tentang reinkarnasi.

Jerry adalah seorang psikiater, ilmuwan yang fokus penelitiannya pada reinkarnasi. Setelah ia bertemu dengan Noah, ia yakin betul bahwa anak itu adalah reinkarnasi seseorang di masa lalu. Yang harus mereka lakukan sekarang adalah mencari tahu siapa dan dimana seseorang tersebut tinggal. Mungkin dengan demikian Noah tidak akan mimpi buruk lagi.


Yang tidak diketahui mereka adalah bahwa pencarian itu akan mengantarkan mereka ke misteri hilangnya seorang anak bertahun tahun yang lalu.

Awalnya saya semangat 45 buat nyelesein baca buku ini, tapi ternyata di awal kok membosankan ya. Saya ngga sabar buat buru buru mbayangin gimana adegan ketemuan si Noah sama keluarganya. Well, keluarga sebelumnya, maksud saya. Terus gimana tanggapan keluarganya, apakah skeptis dulu kayak si Janie atau langsung percaya gitu aja. Alurnya lambat sih, di awal agak bertele tele juga, malah ada yang menceritakan tentang awal mula perburuan reinkarnasi yang dilakukan Jerry. Ya mungkin niatnya si penulis sih membangun sekaligus mempengaruhi pembaca untuk lebih dapat menerima konsep reinkarnasi ini. Kalau saya sih, alihalih makin percaya yang ada malah ngga sabaran XD

Untuk thrillernya, saya sebenernya cukup penasaran lho, apa hubungan mereka dengan anak yang hilang. Tapi ternyata penyelesaiannya ya.. Gitu doank. Ya memang fokus cerita di reinkarnasinya sih ya bukan di thriller anak hilangnya. Jadi saya agak agak tertipu gitu deh, udah pasang harapan setinggi tingginya eh malah njomplang XD

Untuk tokoh favorit, sejujurnya sih saya ngga punya tokoh favorit di buku ini. Tapi saya cukup menyukai Jerry, yang semangat banget untuk mempertemukan Noah dengan keluarga lamanya. Mungkin ini yang disebut passion ya, ketika kita melakukan hal yang kita sukai, meskipun saat itu kita sedang berduka atau sedang kesusahan pun, tetap aja dilakukan dengan penuh semangat.

Mengenai reinkarnasi, di buku ini banyak diselipkan fakta-fakta tentang reinkarnasi, salah satunya adalah  Shanti Devi yang kasusnya sempat diselidiki oleh komite yang ditunjuk oleh Mahatma Gandhi. Shanti yang masih kecil mampu menceritakan dengan tepat silsilah keluarga dari masa lalunya. Jika Anda penasaran tentang perihal reinkarnasi, coba saja kunjungi web ini.


Be First to Post Comment !
Poskan Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,