Mei 31, 2016

Ngopi - Beli buku murah di luar Jawa, Gimana caranya?





Berdasarkan IKAPI dalam makalahnya yang berjudul Industri Penerbitan Buku Indonesia di tahun 2015, tercatat ada lebih dari 30.000 judul buku yang terbit dalam setahun. Anda bisa membayangkan betapa cepatnya roda perputaran buku baru di toko buku. Bahkan ada toko buku yang hanya mau menampangkan buku-buku baru di “Rak Buku Baru” selama dua minggu, setelah itu akan terus digeser oleh buku-buku baru lainnya. Padahal penerbit di Indonesia saja ada 711 penerbit aktif .  Jumlah yang fantastis dan persaingan yang perlu strategi tentunya untuk menggelontor judul-judul baru kepada pembaca.

Berbahagialah kita yang tinggal di Pulau Jawa dengan kemudahan untuk mendapatkan buku-buku baru di toko buku. Tidak seperti teman-teman kita yang tinggal di daerah yang jauh dari ibukota propinsi, mengeluhkan akses buku yang sulit.

Ira Elvira (Padang)
Kalau untuk Kota Padang, akses buku cukup mudah, kecuali untuk buku-buku impor. Mungkin karena ibukota provinsi kali ya. Tapi kalau aku lihat di kota lain seperti Bukittinggi yang kebanyakan ada adalah toko-toko buku yang jualan buku pelajaran dan stationery. Kadang-kadang nyempil novel fiksi atau komik. Jadinya di Bukittinggi banyak juga yang ‘kreatif’ buka lapak di pasar jual buku/komik bajakan alias fotokopian... :(


Ira (Amuntai)
Buku bagus menurut saya susah banget di dapat di sini. Saya sukanya buku-buku fantasi terjemahan soalnya. Tapi kalau buku-buku semisal buku-buku  Habiburrahman El Shirazy, Andrea Hirata, buku-buku Dewi Lestari, Ahmad Fuadi, atau buku-buku Tere Liye, lumayan mudah di dapatkan di toko buku kecil di sini. Tapi hati-hati, di sini banyak buku bajakan. Jadi jangan terlalu senang dulu kalau ketemu novel populer Indonesia di toko buku di kota ini, teliti dulu lah, salah-salah kita bisa kebeli buku bajakan. Kualitasnya jelek, bikin nyesal pokoknya kalau kebeli itu. * sayapernahkebelisoalnya ;( *

Resita (Denpasar)
Kalau di domisili saya, untuk akses buku bagus itu susah banget. Biasanya saya bolak-balik ke suatu supermarket yang besar gitu, bisa sampai lebih dari lima kali, koleksi bukunya masih sama. Rasanya mau nunggu buku baru itu susah banget. Apalagi kondisi bukunya biasanya kurang terawat. Variasi bukunya juga susah. Bahkan sebelumnya, untuk cari novel di daerah saya itu rasanya ngga mungkin banget karena memang ngga disediakan. Jadi sekarang udah ada peningkatan karena setidaknya udah ada koleksi baru cuma lumayan susah kalau cari yang bagus. Pengalaman dulu saya cari komik detective conan untuk seri selanjutnya pun ngga berhasil karena updatenya cenderung lama, bahkan ngga ada sama sekali. Tapi kalau di Denpasar, aksesnya mudah. Karena lokasinya juga dekat. (Saya sekarang kuliah di Denpasar, jadinya ngga ada masalah soal buku lagi)

Kalau gitu, gimana cara mereka mendapatkan buku-buku wishlist dengan harga murah? Sebagai pembaca dan penimbun, pasti merana banget kalau nggak punya sesuatu untuk dibaca.
Berikut tips-tipsnya langsung dari mereka.
Azmi (Lombok)
Kalau kemarin aku banyak beli pas di Jogja, jadi stok buku (timbunan) masih banyak...haha, tapi kemarin pas udah di Lombok aku juga beli lewat toko online, belinya minimal dua biar lebih hemat ..hehe
1.      Saat ada kegiatan di Pulau Jawa, sisihkan waktu untuk belanja buku!
Steven (Ambon)
Beli obralan di promo online Mizan. Aku banyak beli wishlist tahun lalu. Kalau buku baru beli di parcelbuku.
2.      Beli online saat ada promo obralan!
Yovano (Gorontalo)
Beli online (saat promo) dalam jumlah banyak, biar nggak rugi di ongkir. Atau hunting buku bekas di FJB Kasus. Tapi sudah jarang sih belanja buku online. Terus kalau ada dinas ke Jawa, biasanya suka borong buku. Tapi itu pun jarang, setahun sekali udahsyukur. :p
3.      Beli sekalian yang banyak biar hemat ongkos kirim!

Mute (Balikpapan)
Semenjak tinggal di sini jadi suka belanja online aja di beberapa toko buku online langganan.. udah punya langganan sendiri-sendiri buat beli buku baru atau terbitan lama ataupun buku seken. Beli online memang mahal ongkir, tapi kan satu kilo bisa muat 2-5 buku tergantung tebelnya makanya lebih suka belanja online di toko yang personal lewat whatsapp atau facebook.. bisa dikumpulin dulu dan Alhamdulillah ada wahana hahahaha
4.      Beli di Online shop personal, lalu kumpulin dulu biar banyak dan bisa kirim sekalian. Jadi ongkos kirimnya murah!
5.      Gunakan ekspedisi termurah!

Amaya (Kendari)
Biasanya saya beli online, Mbak. Kalo buku yang mau dibeli cuma 1, ngajakin temen lain biar nanggung ongkirnya patungan. Kalo lagi gak ada temen yang mau belanja, saya nunggu sampe buku yang mau dibeli cukup sekilo, baru belanja. Makanya bacaan saya suka gak update *ini kok malah curhat*
6.      Sering-sering ngerayu temen buat diajak beli buku bareng XD

Fikriah (Makasar)
Buku murah? Aku hanya bisa mengandalkan diskonan olshop buku. Terakhir ini dapat saran dari teman yang suka buku soal olshop di IG yang cukup murah, tapi belum sempat juga beli di sana. Eh eh waktu habis nonton AADC 2 kemarin, aku nyempatin mampir ke Gramedia ‘buat liat-liat buku’ dan ternyata di luar Gramedia ada meja diskonan gitu. Yang didiskon itu buku-buku lama. Kisaran harganya mulai dari 19 ribu. Dan awalnya yang cuma liat-liat, berubah haluan menjadi pulangnya bawa Trilogi Summer-nya Jenny Han seharga 19ribu perbuku. Jadi, cara lain dapetin buku bagus dan murah adalah rela membongkar meja diskonan Gramedia.
7.      Jangan malu untuk membongkar tumpukan buku diskonan!

Resita (Denpasar)
Cara dapet buku bagus dan murah? Biasanya saya ikut GA xD dulu sih. Tapi sejak kelas 3 SMA trs mulai kuliah tahun lalu, sudah jarang banget ikutan GA lagi. Kalau buku pelajaran lain lagi, Kak. Walaupun harganya mahal, tapi mau ngga mau harus beli karena emang tuntutan, hehe. Biasanya saya langsung ke toko buku (Gramedia atau toga mas).
8.      Ikutan Giveaway!

Ira (Amuntai)
Cara dapetin buku bagus? Lewat tobuk online. Meskipun ongkirnya mahal banget? Iya ;( Cara dapetin buku bagus dan murah? I have no idea Mbak. Saya kurang ngerti juga gimana sistem pendistribusian barang kayak gitu. Mungkin itu sudah konsekuensi tinggal di kota kecil nan jauh di mato. Di sini bukan cuma buku kok yang mahal dan susah di dapat. Baik kami yang ngejar barangnya ke kota besar atau barangnya yang datang ke sini, dua-duanya sama-sama butuh biaya transport yang lumayan. 
9.      Beli di toko buku online!

Matris (Sorong)
Jadi untuk mendapatkan buku bagus, saya memang lebih sering belanja online seperti saya sebutkan di atas. Memang sih ongkir juga mencekik leher, tapi apa boleh buat... Salah satu triknya, kalo ada buku bagus yg baru terbit biasanya saya suka nitip ke alamat teman yang di Makassar, soalnya dia sering bolak balik ke papua sini. Cara lainnya lagi, saya paling suka berburu booksale yg digelar toko buku- toko buku onlen.. lumayaaanlah.. bisa dapat banyak buku dengan harga miring.Contohnya waktu mba Fanda dulu habisin bukunya Vixxio di twitter, punya saya sampe berapa karton tuh.. hahaha..
10.  Titip teman yang akan berpergian!
11.  Borong di booksale online!

Ira Elvira (Padang)
Kalau bukunya bagus dan emang udah aku nanti-nanti biasanya begitu keluar langsung beli sih, Vin. Dapet diskon paling kalau pake kartu flazz KGVC. Kalau beli ke olshop yang biasanya ada diskonan cukup besar, ditambah dengan ongkir biasanya jatuhnya sama aja dengan harga normal. Malah kadang lebih mahal :(
12.  Pake kartu member toko buku biar dapat diskonan!


Linda (Palembang)
Karena jarangnya diskonan di kotaku, aku jadi lebih sering mantengin onlen shop lah. Bukabuku sering banget ada diskon, cuman kesel banget kalo ternyata buku yang kita beli udah out of stock (ini sering bgt aku alamin di sini, pdhl udah nunggu lama). Selain di situ biasanya aku nangkringin onlen shop-nya Mbak Ana sih, yg Bukumoo itu. Di situ sering banget ada buku bagus nyelip~ Atau kalo lagi jodoh dulu gak sengaja lihat timeline trus Mbak Mia ternyata lagi apdet buku impor. Sekarang sih entah ya BaliBooks-nya Mbak Mia masih jalan atau nggak, aku kurang merhatiin. :'))) Ada kali dulu tuh Vixxio.. kalo lagi beruntung bisa duluan dapet buku inceran (yeah rebutan yeah siapa cepat dia dapat). X)))))))
13.  Sering mantengin online shop! (oke, online shop benar-benar jadi bintang di kalangan anak BBI luar jawa X))
Dhani (Jeneponto)
H Untuk saat ini mau nggak mau tetap harus pergi ke Makassar dulu mbak, atau yah online. Sama berburu buku lewat kuis hahaha.
14.  Sekalian jalan-jalan ke kota yang lebih besar, sekalian berburu buku!

Maya (Banjarmasin)
Cara aku mendapatkan akses buku murah yaitu dengan Belanja di tokbuk online. Beli buku bekas gpp, yang penting kualitasnya bagus. Titip teman yang lagi keluar kota, syukur-syukur di kasih gratis :p. Rajin mencari promo di toko buku. Pinjam sama teman. Pas lagi keluar kota, beli buku incaran.
15.  Pinjam teman!


Destinugrainy (Palopo)
Olshop online, minjam teman, ikut kuis/GA/Respil. Sama di iJak. Kalau nggak ya nyari ebook bhs inggrisnya. Iya sih bajakan. Tp stdknya ga aku sebarin dgn tujuan komersil.
16.  Pinjam di IJakarta! (Aplikasi ini bener-bener jadi penyelamat di tengah harga buku yang makin nyekek kantong.)

Evyta (Medan)
beli di lapak bekas di medan. Biasanya mereka juga menjual buku2 baru segelan hasil cuci gudang penerbit. Tapi ya bukunya bukan buku baru terbit ya. Selain di sana, saya juga suka beli online di tobuk2 yang sering upload buku murah dan juga buku bekas. Kalo buku baru terbit, biasanya gak langsung saya beli, nunggu ada yang jual harga miring atau belinya pas ada event tukar voucher atau diskonan tertentu. Sesekali beli buku baru online karena biasa diskon 20%-30% jadi lumayan hemat budget.
17.  Berburu buku bekas!
18.  Ikutan Pre-order buku dengan diskon gede!

Wahah, makin seru kan ngopi kita kali ini?
Masih ada satu artikel lagi. Tengok besok ya!




7 komentar on "Ngopi - Beli buku murah di luar Jawa, Gimana caranya?"
  1. Terim kasih tipsnya. Merasa senang ada teman senasib #eh

    BalasHapus
  2. Padahal dapet buku murah di Purwokerto aja susah ya, apalagi di luar Jawa. Salut buat teman-teman semuanya atas perjuangan tanpa lelah dalam menimbun, eh, mengoleksi buku :)) SEMANGAT...!

    BalasHapus
  3. ya ampun niat banget mba sampai nanya banyak orang :D
    ya ya jadi bersyukur tinggal di pulau jawa dengan akses ke toko buku dekat dan mudah :) semoga di luar pulau jawa juga bisa cepat merasakan akses ke toko buku dengan koleksi lengkap dan update

    BalasHapus
  4. Di Klaten jg susah Mbak Vin. Gak ada tobuk. Jadi kalo pas ke Jogja atw Solo di sempet2in.

    BalasHapus
  5. Aku, beli buku harus ke solo. Boyolali gg ada toko buku...

    BalasHapus
  6. Di Solo banyak toko buku sih, tapi koceknya ini blm sanggup kalau rutin beli hihi

    BalasHapus
  7. Aku kalo cari buku sudah pasti ke Solo atau Jogja,karena di tempatku ga ada toko buku yg bukunya up to date gitu.

    Kadang kalo males ya belinya online,itu juga harus cari yg diskon dan beli banyak sekalian,biar gak sayang ongkir 😁

    BalasHapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Salam,

Salam,